LEMBAR PENGESAHAN
Ketua, Sekretaris,
Ketua Pelaksana Kegiatan Sekretaris Pelaksana Kegiatan
Menyetujui,
Guru Seni Budaya SMAN 1 DONOROJO
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. DASAR PEMIKIRAN
B. TUJUAN PELAKSANAAN
C. VISI DAN MISI
D. MANFAAT
BAB II
ISI
A. TEMA KEGIATAN
B. JUDUL KEGIATAN
C. TEKNIS PENGUMPULAN KARYA
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
E. SASARAN PAMERAN
F. TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN
H. ALOKASI DANA
I. JADWAL KEGIATAN
BAB III
PENUTUP
LAMPIRAN I
A. SYARAT PESERTA PAMERAN
B. KETENTUAN KARYA PAMERAN
LAMPIRAN II
FORMAT PENGUMPULAN KARYA
LAMPIRAN III
LAMPIRAN IV
PENAWARAN SPONSORSHIP
A. SPONSORSHIP
B. RETAIL SPONSORSHIP LEPAS
C. PENYEDIA FASILITAS
D. DONATUR
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa-siswi dibidang seni, khususnya seni rupa serta untuk memenuhi salah satu tugas akhir dalam mata pelajaran Seni Budaya. Potensi siswa dalam berorganisasi dipandang perlu untuk digali. Kreatifitas, kemampuan, dan bakat siswa di bidang seni juga perlu terus diasah, ditingkatkan, dan disalurkan dalam bentuk pameran. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka penulis selaku siswa kelas XII SMA NEGERI 1 DONOROJO, ingin mengadakan kegiatan pameran Seni Rupa . Oleh karena itu, kami berharap bapak/ ibu guru dapat memberikan dukungan terhadap acara yang akan diadakan tersebut.
Pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional juga berpusat pada peserta didik agar dapat: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjamin terwujudnya hal tersebut diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran secara formal. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini siswa dapat mengembangkan potensi diri serta bakat yang dimiliki oleh siswa.
B. DASAR PEMIKIRAN
Hal yang mendasari dalam pelaksanaan kegiatan Pameran Seni Rupa yang di ikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Donorojo ini adalah untuk menunjukan kreatifitas para peserta didik dan untuk memenuhi tugas akhir mata pelajaran Seni Budaya.
C. TUJUAN PELAKSANAAN
Kegiatan pameran yang kami laksanakan bertujuan sebagai berikut;
1. Sebagai ajang prestasi siswa di bidang seni, khususnya seni rupa.
2. Menanam kecintaan di bidang seni dan budaya.
3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang seni rupa.
4. Meningkatkan kemampuan untuk mengapresiasi sebuah karya.
5. Belajar berorganisasi dan melatih tanggung jawab secara nyata
6. Sebagai sarana apresiasi. Dengan melihat pameran seni maka akan muncul berbagai tanggapan berupa kritik, penilaian, sarana penghargaan, rangsangan seseorang untuk berbuat kreatif dalam berkarya seni dan berolah seni
D. VISI DAN MISI
1. Visi
“Mewujudkan siswa yang berbudaya, mandiri, saling menghargai, kreatif, inovatif dan memiliki skill dibidang seni.”
2. Misi
“Menciptakan sebuah pusat kegiatan siswa dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan melalui berbagai kegiatan seni”
E. MANFAAT
1. Melalui kegiatan ini dapat memajukan dan mengembangkan SMA Negeri 1 Donorojo di bidang Seni.
2. Melalui kegiatan ini dapat meningkatan keterampilan, wawasan, pengetahuan dan kreatifitas siswa dalam menciptakan dan mempelajari berbagai macam karya seni.
BAB II
ISI
A. TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini merupakan bentuk tanggapan/respon dari peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Donorojo tentang seni rupa baik itu seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi yang bertema sebuah asa untuk menggapai mimpi yang sempat terhenti dikala pandemi.
B. JUDUL KEGIATAN
“Pameran Seni Rupa Continue The Dream”
C. TEKNIS PENGUMPULAN KARYA
1. Pengumpulan Karya dimulai Senin, 10 Januari 2022 S/D Sabtu, 15 Januari 2022
2. Pengelompokan Karya dikelompokkan sesuai dengan masing-masing kelas
3. Pengumpulan karya 2D maksimal 3 karya
4. Pengumpulan karya 3D dengan ukuran 30x30 cm maksimal 4 karya dan ukuran 100x100 cm maksimal 2 karya
5. Pengumpulan karya dilakukan diluar jam pelajaran
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari / Tanggal : Senin, 24 Januari 2022 S/D Rabu, 26 Januari 2022
Waktu : 09.00 – 16.00 WIB
Tempat : Halaman SMA Negeri 1 Donorojo
E. SASARAN PAMERAN
1. Semua warga SMA Negeri 1 Donorojo
2. Alumni SMA Negeri 1 Donorojo
3. Orang Tua / Wali Kelas XII SMA Negeri 1 Donorojo
4. Seniman
5. Masyarakat Umum
F. TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Pengunjung pameran wajib sudah memakai masker sebelum memasuki area pameran
2. Pengunjung pameran masuk melalui pintu utama
3. Pengunjung kegiatan pameran wajib mengecek suhu tubuh dan wajib memakai handsanitezer yang disediakan oleh panitia.
4. Pengunjung wajib menulis daftar hadir dibuku tamu yang sudah disediakan
5. Pengunjung tidak boleh memegang atau merusak karya
6. Pengunjung keluar melalui pintu keluar
7. Pengunjung diharapkan mengisi kesan dan pesan pameran dibuku yang telah disediakan
8. Pengunjung menerima souvenir berupa stiker
G. ALOKASI DANA
ANGGARAN PENGGUNAAN DANA (sebisa mungkin dibuat dengan tabel ya..)
Kesekretariatan
ATK
Rp. 150.000,00
Undangan
Rp. 100.000,00
Proposal
Rp. 200.000,00
Kupon Doorprize
Rp. 100.000,00
Stempel
Rp. 50.000,00
ID Card
Rp. 300.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Acara
Pengisi Acara Bincang Seni
Rp. 300.000,00
Doorprize
Rp. 1.000.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Kekaryaan
Figura
Rp. 700.000,00
Format Karya
Rp. 150.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Media dan Publikasi
Poster
Rp. 500.000,00
Banner
Rp. 1.000.000,00
Katalog
Rp. 500.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Dekorasi dan Penataan Ruang
Sewa Tenda
Rp. 2.000.000,00
Sewa Panggung
Rp. 5000.00,00
Triplek
Rp. 500.000,00
Sewa Soundsystem
Rp. 650.000,00
Sewa Lighting
Rp. 500.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Dokumentasi
Sewa Kamera
Rp. 500.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Konsumsi
Hidangan Tamu Undangan
Rp. 500.000,00
Air Mineral Gelas
Rp. 200.000,00
Makanan Ringan
Rp. 650.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Stand
Stiker
Rp. 500.000,00
Hand Sanitizer
Rp. 150.000,00
Thermogun
Rp. 50.000,00
Buku Tamu
Rp. 150.000,00
Buku kesan dan pesan tamu
Rp. 20.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
Keamanan
P3K
Rp. 100.000,00
Lain-lain
Rp. 150.000,00
TOTAL
Rp. 13.400.000,00
ANGGARAN PENDAPATAN DANA ( Sebisa mungkin dibuat menggunakan tabel ya...)
Dana Usaha Panitia
Rp. 1.500.000,00
Biaya Administrasi Peserta
Rp. 2.500.000,00
Dana BOS
Rp. 2.000.000,00
Sumbangan Alumni dan Wali Murid
Rp. 2.500.000,00
Sponsorship
Rp. 4.900.000,00
TOTAL
Rp. 13.400.000,00
H. JADWAL KEGIATAN (sebisa mungkin dibuat tabel ya...)
HARI / TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
Senin, 24 Januari 2022
09.00 WIB
Pembukaan
09.15 - 09.30 WIB
Sambutan Kepala Sekolah
09.30 - 09.45 WIB
Sambutan Guru Seni Budaya
09.45 - 10.00 WIB
Sambutan Ketua Panitia
10.05 WIB
Peresmian Pameran
10.05 - 16.00 WIB
Pameran Digelar
16.00 WIB
Tutup
Selasa, 25 Januari 2022
09.00 WIB
Buka
09.10 - 11.00 WIB
Bincang Seni
14.00 - 14.30 WIB
Perfomance Musik XII IPS
14.30 – 15.00 WIB
Perfomance Seni Teater
15.00 – 15.30 WIB
Perfomance Musik XII IPA
16.00 WIB
Tutup
Rabu, 26 Januari 2022
09.00 WIB
Buka
09.30 – 10.00 WIB
Perfomance Seni Tari IPS
10.00 – 10.30 WIB
Perfomance Seni Tari IPA
10.30 – 11.00 WIB
Pembagian Doorprize
13.00 – 13.30 WIB
Performance Musik Kelas X
13.30 – 14.00 WIB
Perfomance Musik Kelas XI
15.30 – 16.00 WIB
Penutupan Pameran
16.00 WIB
Pameran Selesai
I. SUSUNAN PANITIA
Pelindung : Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Donorojo
Penanggung Jawab : Guru Seni Budaya
Ketua Panitia : Ahmad Ismail
Wakil Ketua Panitia : Ihsan Dwi S.
Sekretaris : Senja Purnama W.
Fajar Sidiq
Bendahara : Bintang Cahya A.
Seksi Acara : Muhammad Ridwan
Dewi Sri P.
Indah Berlian
Ahmad Dodi P.
Irwan Dwi Hakim
Bulan Indah S.
Seksi Kekaryaan : Ahmad Syaiful
Mawar Arum H.
Aisyah Azahra
Dwi Rohman
Ibnu Ammar Z.
Seksi Dana Usaha : Zainal Ariffin
Hana Katulistiwa N.
Vina Astrian
Lina Nur Hidayati
Zidan Salaman
Nur Sukma Dwi
Seksi Media dan Publikasi : Reva Putri M.
Yumna Alifah S.
Nola Sasmita
Ananda Riski
Indra Saputra
Zainuddin Anwar
Seksi Dokumentasi : Fransiska Maharani
Jessica John D.
Kemala Putri K.
Steven Arnold
Chrishtal Putra
Sultan Hakim
Seksi Konsumsi : Abadi Heri D.
Irfan Abdullah
Maulina Pratiwi Dewi
Intan Berliana
Siska Nur Hasanah
Hendro Maulana
Seksi Keamanan : Wahyu Siska P.
Dewa Nurman
Frendy Sky
Ana Nur Salsabila
Indah Nurlela
Ayu Dewi Permata
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini kami susun. Semoga dapat memberikan gambaran tentang kegiatan kami. Mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati dan jika terdapat banyak kekeliruan dalam penyusunan proposal ini. Dengan dukungan dari berbagai pihak semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar. Akhir kata kiranya hanya ridho Tuhan Yang Maha Esa dan dukungan moril maupun materil dari semua pihak yang dapat menyukseskan acara ini.
LAMPIRAN I
A. SYARAT PESERTA PAMERAN
1. Peserta pameran merupakan siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Donorojo.
2. Setiap peserta pameran wajib membayar administrasi sebesar Rp. 10.000,00 yang diserahkan kepada Seksi Kekaryaan pada saat mengirimkan karya.
3. Setiap peserta pameran wajib mengisi format karya dengan jelas.
4. Peserta pameran wajib hadir pada saat kegiatan dimulai.
B. KETENTUAN KARYA PAMERAN
Ukuran Karya : Karya 2D, minimal 40x50 cm maksimal 100x100 cm
Karya 3D, minimal 30x30 cm maksimal 100x100 cm
Tahun Dibuat : Karya yang dikirimkan merupakan karya baru dan belum
Pernah dikutsertakan dalam pameran
LAMPIRAN II
FORMAT PENGUMPULAN KARYA
1. NAMA :………………………………………………………
....……………………………………………………
2. NO HP / KELAS :…..…………………………………………………..
...……………………………………………………..
3. JUDUL KARYA : ……………………………………………………...
..……………………………………………………...
4. DESKRIPSI KARYA : ……………………………………………………...
…..…………………………………………………...
…..…………………………………………………...
..……………………………………………………...
……………………………………………………...
5. MEDIA : ……………………………………………………...
6. UKURAN : ……………………………………………………..
……………………………………………………..
7. TAHUN : ……………………………………………………..
………………………………………………………..
LAMPIRAN III
LAUOUT DISPLAY
LAMPIRAN IV
PENAWARAN SPONSORSHIP ( masing-masing dibuat tabel..)
A. SPONSORSHIP
GOLD
Rp. 500.000,00
Kategori Ini akan mendapatkan benefit, diantaranya :
1. Penempatan logo pada Banner
2. Penempatan logo pada Poster
3. Penempatan logo pada ID Card
4. Penempatan logo pada Backdrop Panggung Event
5. Proporsi penempatan pada tata letak logo 100% dalam bidang media publikasi.
6. Penyebutan branding oleh MC selama acara berlangsung sebanyak 10 Kali.
7. Promosi produk di media sosial oleh panitia selama acara berlangsung sebanyak 3 kali.
8. Hal-hal lainnya yang menyangkut promosi dan branding produk klien dapat dibicarakan lebih lanjut.
SILVER
Rp. 300.000,00
Kategori Ini akan mendapatkan benefit, diantaranya :
1. Penempatan logo pada Banner
2. Penempatan logo pada Poster
3. Penempatan logo pada ID Card
4. Penempatan logo pada Backdrop Panggung Event
5. Proporsi penempatan pada tata letak logo 50% dalam bidang media publikasi.
6. Penyebutan branding oleh MC selama acara berlangsung sebanyak 6 Kali.
7. Promosi produk di media sosial oleh panitia selama acara berlangsung sebanyak 2 kali.
8. Hal-hal lainnya yang menyangkut promosi dan branding produk klien dapat dibicarakan lebih lanjut.
BRONZE
Rp. 150.000,00
Kategori Ini akan mendapatkan benefit, diantaranya :
1. Penempatan logo pada Banner
2. Penempatan logo pada Poster
3. Penempatan logo pada ID Card
4. Penempatan logo pada Backdrop Panggung Event
5. Proporsi penempatan pada tata letak logo 25% dalam bidang media publikasi.
6. Penyebutan branding oleh MC selama acara berlangsung sebanyak 3 Kali.
7. Promosi produk di media sosial oleh panitia selama acara berlangsung sebanyak 1 kali.
8. Hal-hal lainnya yang menyangkut promosi dan branding produk klien dapat dibicarakan lebih lanjut.
B. RETAIL SPONSORSHIP LEPAS
PROGRAM PROMOSI
HARGA
Penempatan Logo pada Backdrop Panggung Event dengan proporsi 50%
Rp. 100.000,00
Penempatan Logo pada Backrop Panggung Event dengan proporsi 25%
Rp. 75.000,00
Promosi produk di media social oleh panitia selama acara berlangsung sebanyak 2 kali
Rp. 50.000,00
Promosi produk di media social oleh panitia selama acara berlangsung sebanyak 1 kali
Rp. 40.000,00
Penyebutan branding oleh MC selama acara berlangsung sebanyak 6 kali
Rp. 75.000,00
Penyebutan branding oleh MC selama acara berlangsung sebanyak 3 kali
Rp. 50.000,00
C. PENYEDIA FASILITAS
Perusahaan atau Lembaga dapat berpartisipasi dalam penyediaan fasilitas penyelenggaraan kegiatan tersebut dengan memberikan bantuan fasilitas , antara lain:
1. Konsumsi
2. Publikasi
3. Dokumentasi
4. Hadiah Doorprize
5. ATK
6. Dan lain-lain
Penyedia fasilitas juga akan program promosi berupa penyebutan branding oleh MC dan penempatan logo pada media cetak.
D. DONATUR
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, instansi atau perorangan sebagai donator:
- Donatur dapat memberikan dana secara sukarela yang dapat diterima secara Cash atau Transfer melalui beberapa Bank.
Bank BNI ( No Rekening 100.289.5674 a.n Vina Astrian )
Bank BRI ( No Rekening 310.654.9002 a.n Lina Nur Hidayati )
Bank Mandiri (No Rekening 410.800.9000 a.n Hana Katulistiwa )
- Donatur akan mendapatkan ucapan terima kasih berupa penyebutan nama instansi, perusahaan ataupun perorangan pada saat acara berlangsung. Dan bentuk kerja sama lainnya dapat dibicarakan lebih lanjut.
- Perusahaan ataupun instansi yang menerima penawaran kerja sama kami, dapat menghubungi panitia penyelenggara.
Indra Saputra : 085640609985
Zainuddin Anwar : 082565876567
- Donator dapat mengisi formulir kerjasama dan perjanjian kerjasama dapat dibicarakan pada waktu proses negosiasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H