Mohon tunggu...
Firmus Isalno Naur
Firmus Isalno Naur Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Mahasiswa STFT Widya Sasana

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sila Pertama dan Adab

6 Desember 2024   09:14 Diperbarui: 6 Desember 2024   09:23 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manusia Hidup dalam Tuhan bersama orang lain (Sumber: https://cdn.pixabay.com/photo/2024/03/30/06/27/ai-generated-8664154_1280.png)

Pancasila adalah dasar negara Indonesia dan pedoman moral, sosial, serta spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara. Sila pertama, "Ketuhanan Yang Maha Esa," merupakan landasan utama dalam mengakui keberadaan Tuhan sebagai sumber nilai dan arah serta tujuan kehidupan. Perintah-perintah tersebut tidak hanya berfungsi sebagai akidah saja, tetapi juga sebagai landasan pembentukan tata krama manusia, suatu sikap etis dan moral yang mencerminkan keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesamanya, dan dengan alam. Dalam konteks yang semakin majemuk dan kompleks saat ini, penting untuk mempertimbangkan kembali makna dan penerapan prinsip-prinsip pertama sebagai pedoman kehidupan beradab. Sila Pertama Pancasila bukan hanya tentang Tuhan atau bagaimana beriman kepada Tuhan. Sila ini juga menuntut perwujudan manusia yang semakin utuh dan sejati.

Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa: Makna dan Implikasinya 

Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa mengajarkan manusia untuk hidup dalam kesadaran akan kehadiran Tuhan. Pengakuan terhadap Tuhan ini mempunyai makna mendalam bahwa manusia mempertanggungjawabkan perbuatannya dihadapan Tuhan. Keyakinan yang diakui dalam Prinsip Pertama mengedepankan sikap kasih, keadilan dan kejujuran sebagai dasar hubungan antar individu dalam masyarakat.

Di negara yang beragam seperti Indonesia, prinsip pertama juga mempunyai aspek universalitas. Pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk mengamalkan agamanya sesuai keyakinannya. Tidak ada paksaan atas kebebasan ini dalam bentuk apapun itu. Pengakuan atas kebebasan adalah ikatan kesatuan yang melampaui perbedaan. Sebab semua keyakinan diarahkan pada satu tujuan yang sama: membangun kehidupan yang harmonis dan toleran.

Adab Manusia menjadi Manifestasi Ketuhanan 

Tata krama manusia dalam arti luas merupakan cerminan nilai-nilai ketuhanan. Adab mencakup sikap hormat, tanggung jawab sosial, dan toleransi yang bersumber dari pengakuan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan. Dalam kehidupan sehari-hari, budi pekerti manusia ditandai dengan kemampuan menghargai keyakinan dan pribadi orang lain, menjaga kerukunan, dan membantu orang yang kesulitan, apapun latar belakang agama atau keyakinannya.

Keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa tidak hanya berbicara tentang hubungan vertikal seseorang dengan Tuhan, tetapi juga hubungan horizontal dengan sesama manusia. Mereka yang benar-benar memahami prinsip pertama tidak hanya bertaqwa dalam beribadah, namun berusaha menjalani kehidupan yang bermoral dan beretika. Misalnya, seorang pedagang yang mempunyai nilai-nilai ketuhanan berdagang dengan penuh integritas, sedangkan pemimpin yang beradab mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadinya.

Toleransi adalah aspek penting dari etiket manusia dan mencerminkan prinsip-prinsip pertama. Dalam masyarakat majemuk, penghormatan terhadap perbedaan agama merupakan wujud nyata dari keyakinan yang beradab. Misalnya, seseorang yang memahami nilai Tuhan tidak hanya akan menghakimi atau merendahkan orang lain karena perbedaan agamanya, namun akan memandang perbedaan tersebut sebagai sebuah kekayaan yang perlu dijaga bersama, bahkan mungkin belajar bersama.

Tantangan Mewujudkan Ketuhanan yang Beradab 

Meskipun mempunyai nilai-nilai luhur, namun penerapan sila pertama seringkali menghadapi tantangan, terutama dalam masyarakat modern. Salah satu tantangan terbesar adalah ketidakseimbangan antara iman dan moral. Tidak jarang kita jumpai orang-orang yang taat beribadah namun kurang akhlak dalam tindakannya sehari-hari. Contohnya adalah korupsi yang dilakukan oleh orang-orang yang terlihat religius. Hal ini menunjukkan bahwa iman tanpa adab adalah sia-sia bahkan berbahaya.

Fenomena intoleransi juga merupakan ancaman serius terhadap pelaksanaan prinsip pertama. Konflik agama, ujaran kebencian, dan radikalisme merupakan bentuk pelanggaran terhadap nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan. Ketika iman dijadikan alasan untuk merendahkan dan merugikan orang lain, nilai-nilai ketuhanan yang sejati digantikan oleh sikap egois dan fanatisme yang berpikiran sempit. Dengan suatu dalih, "Tuhan kami yang paling benar."

Sementara itu, globalisasi dan modernisasi membawa tantangan baru berupa dampak sekularisme, atheisme, materialisme dan individualisme. Di era digital, nilai-nilai spiritual seringkali terpinggirkan oleh budaya konsumtif yang mengutamakan kepentingan pribadi di atas segalanya. Hal ini menyebabkan merosotnya akhlak dan budi pekerti dalam kehidupan sosial manusia.

Upaya Melestarikan Ketuhanan Yang Beradab 

Menjaga agar nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa tetap relevan dan hidup dalam kehidupan sehari-hari memerlukan upaya bersama dari berbagai pemangku kepentingan. Salah satu metode yang paling penting adalah pendidikan inklusif. Kurikulum harus mengajarkan nilai-nilai moral dan agama, tidak hanya berfokus pada aspek ritual, tetapi juga penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan harus mengajarkan pentingnya toleransi, tanggung jawab, dan kerjasama antar umat beragama. Contohnya di SDK Kanisius Kenalan, anak-anak mengikuti kegiatan Tengok Orang Sakit atau Jompo (TOSPO) sebagai upaya membangun kepedulian dan perhatian kepada yang membutuhkan.

Keluarga juga berperan penting dalam penanaman nilai-nilai ketuhanan dan perilaku manusia. Orang tua teladan harus menghargai perbedaan dan menjaga hubungan harmonis dengan orang lain. Pendidikan moral yang dimulai dari rumah memberikan landasan yang kuat bagi anak untuk memahami dan menerapkan prinsip-prinsip awal kehidupan.

Selain itu, dialog antaragama perlu lebih diperkuat untuk membangun saling pengertian dan mengurangi prasangka. Dialog yang sehat memungkinkan individu untuk bertukar ide dan mencari titik temu meskipun ada perbedaan. Upaya tersebut akan memperkuat persaudaraan dalam keberagaman dan mencegah konflik yang dapat merusak keharmonisan sosial.

Akhirnya, Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagaimana yang tercantum dalam sila pertama Pancasila, adalah landasan yang mengajarkan pentingnya hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, sesama, dan alam. Nilai Ketuhanan yang sejati tidak hanya diwujudkan dalam ibadah ritual, tetapi juga dalam sikap hormat, tanggung jawab sosial, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi manusia yang beradab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun