Mohon tunggu...
Firman Setiawan
Firman Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Problem Based Learning Anak Tuna Rungu

8 Oktober 2022   22:30 Diperbarui: 8 Oktober 2022   22:41 424
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SLB B-C Dharma Wanita

Lingkup Pendidikan

SMPLB

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan percaya diri peserta didik pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat

Penulis

Pirman Setiawan, S.Pd.I

Tanggal

14 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Anak tuna rungu merupakan salah satu bagian dari anak berkebutuhan khusus yang mengalami gangguan pada indra pendengarannya. Permasalahan yang dialami anak tuna rungu adalah kesulitan dalam menangkap berbagai rangsangan yang masuk melalui indra pendengaran sehingga menghambat proses informasi yang masuk. Hal ini menyebabkan terbatasnya kemampuan berbahasa anak tuna rungu yang akan berimbas pula dalam hal berkomunikasi. Pada dasarnya potensi kecerdasan anak tunarungu tidak begitu jauh berbeda dengan anak normal. Namun, perkembangannya dipengaruhi oleh tingkat kemampuan berbahasa, keterbatasan informasi, dan kurangnya daya abstraksi anak. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses pencapaian pengetahuan yang lebih luas ketika proses pembelajaran berlangsung, terutama dalam pokok-pokok bahasan tertentu yang bersifat abstrak.

Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk menerapkan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran yang disajikan secara sistematis oleh guru yang berkaitan dengan kehidupan nyata, kemudian siswa diarahkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dilihat dari berbagai perspektif yang didalamnya melibatkan penggunaan multimedia sebagai suatu inovasi dalam pembelajaran.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru yang melakukan pembelajaran sekaligus peneliti dan penulis dalam penyusunan best practice ini.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, survey terhadap siswa, wawancara dengan siswa, guru, rekan sejawat dan kepala sekolah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan percaya diri peserta didik dengan melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran dengan memberi kesempatan memecahkan masalah kontekstual dalam memahami materi operasi bilangan bulat yaitu :

  • Guru melakukan pembelajaran yang inovatif.
  • Melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran.
  • Pemanfaatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran.
  • Model pembelajaran menyesesuaikan dengan karakteristik peserta didik.
  • Peserta didik mendapatkan pembelajaran matematika yang nyata.

Dari hal tersebut, tantangan yang dihadapi adalah:

  • Guru belum terbiasa dengan sintak Problem Based Learning (PBL)
  • Guru belum terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK
  • Kurangnya sarana dan prasarana

Dapat disimpulkan guru harus menerapkan model pembelajaran inovatif yang membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat membantu siswa dalam mencari penyelesaian yang nyata terhadap permasalahan nyata yang sering dihadapi siswa tuna rungu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa tunarungu mendapatkan pembelajaran matematika yang nyata, menyenangkan dan bermakna serta dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupannya dengan cara mengaplikasikan konsep-konsep matematika sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari dan guru juga harus menerapkan media pembelajaran yang berbasis TPACK seperti menggunakan tayangan gambar, vidio maupun media film dokumenter untuk meningkatkan percaya diri peserta didik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut sebagai berikut :

  • Berkaitan dengan model pembelajaran
  • Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learnin) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam berfikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam belajar, bekerja sama, dan termotivasi untuk belajar.

  • Berkaitan dengan metode pembelajaran
  • Guru menggunakan metode Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan untuk memacu siswa aktif dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara baik, mampu bekerjasama dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan, meningkatkan kemampuan peserta didik menyelesaikan tugas dan merangsang peserta didik untuk aktif belajar.

  • Berkaitan dengan media pembelajaran
  • Guru bisa menggunakan media berbasis TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan. 

  • Guru menggunakan media power point dan vidio pembuatan garis bilangan yang nantinya digunakan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat.

  • Berkaitan dengan penilaian/evaluasi
  • Guru dituntut untuk melakukan penilaian/ evaluasi secara keseluruhan dari aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Tentunya dalam instrumen yang lengkap seperti LKPD, kisi-kisi, indikator ketercapaian setiap aspek dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Refleksi hasil dan dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  • Melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran terutama dalam memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari mengalami peningkatan dalam pemahaman materi operasi bilangan bulat.
  • Hal tersebut dilihat dari hasil tes pengetahuan akhir yang melampaui KKM
  • Penggunaan model pembelajaran yang inovatif berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan percaya diri peserta didik.
  • Hal tersebut dilihat dari keterlibatan peserta didik dalam bekerja sama memecahkan masalah pada proses pembelajaran dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan yaitu memberikan apresiasi dan tanggapan mengenai proses pembelajaran agar bisa lebih baik lagi.

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini yaitu guru dapat menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dibuat

Pembelajaran dari keseluruhan pembelajaran ini yaitu guru harus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya dalam menggunakan model pembelajaran inovatif lainnya yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun