Mohon tunggu...
Firman Setiawan
Firman Setiawan Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

8 Oktober 2022   21:15 Diperbarui: 8 Oktober 2022   21:15 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SLB B-C Dharma Wanita

Lingkup Pendidikan

SMPLB

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan percaya diri peserta didik pada materi operasi penjumlahan bilangan bulat

Penulis

Pirman Setiawan, S.Pd.I

Tanggal

30 Agustus 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah: Hambatan pendengaran (tunarungu) seringkali menimbulkan masalah utama dalam komunikasi. Ketidakmampuannya untuk berkomunikasi berdampak luas, baik pada segi keterampilan bahasa, membaca, menulis maupun penyesuaian sosial serta prestasi sekolahnya. Berpangkal dari kesulitannya mendengar, pembentukan bahasa sebagai salah satu cara berkomunikasi menjadi terhambat. Khususnya secara verbal mengalami kesulitan dalam menyampaikan pikiran, perasaan, gagasan, kebutuhan dan kehendaknya pada orang lain, sehingga kebutuhan mereka tidak terpuaskan secara sempurna. Kurangnya rasa percaya diri yang berlebihan sehingga mendatangkan kesulitan pada peserta didik, karena peserta didik akan menarik diri dari pergaulan, berusaha memperkecil frekuensi untuk berkomunikasi sehingga hanya berbicara pada keadaan terdesak saja. Sedangkan demi berlangsungnya pendidikan yang berhasil bagi anak tunarungu sangat diperlukan adanya komunikasi intensif agar anak dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Selain itu, kurangnya pemanfaatan media dan model pembelajaran inovatif yang diimplementasikan guru di kelas.

Praktik ini penting untuk dibagikan karena untuk menerapkan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung dalam pembelajaran yang berorientasi pada pembuatan karya dan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran serta meningkatkan mutu pendidikan.

Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru yang melakukan pembelajaran sekaligus peneliti dan penulis dalam penyusunan best practice ini.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah melakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, survey terhadap siswa, wawancara dengan siswa, guru, rekan sejawat dan kepala sekolah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan percaya diri peserta didik dengan melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran dengan memberi kesempatan membuat sebuah karya dalam memahami materi operasi bilangan bulat yaitu :

  • Guru melakukan pembelajaran yang inovatif.
  • Melibatkan langsung peserta didik dalam pembelajaran.
  • Pemanfaatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran.
  • Model pembelajaran menyesesuaikan dengan karakteristik peserta didik.

Dari hal tersebut, tantangan yang dihadapi adalah:

  • Guru belum terbiasa dengan sintak Project Based Learning (PjBL)
  • Guru belum terbiasa menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK
  • Kurangnya sarana dan prasarana

Dapat disimpulkan guru harus menerapkan model pembelajaran inovatif yang membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik yaitu model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan guru juga harus menerapkan media pembelajaran yang berbasis TPACK seperti menggunakan tayangan gambar, vidio maupun media film dokumenter untuk meningkatkan percaya diri peserta didik.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut sebagai berikut :

  • Berkaitan dengan model pembelajaran
  • Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learnin) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam belajar dan bekerja sama, termotivasi untuk belajar.
  • Berkaitan dengan metode pembelajaran
  • Guru menggunakan metode Tanya Jawab, Diskusi, dan Penugasan untuk memacu siswa aktif dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara baik, mampu bekerjasama dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan, meningkatkan kemampuan peserta didik menyelesaikan tugas dan merangsang peserta didik untuk aktif belajar.
  • Berkaitan dengan media pembelajaran
  • Guru bisa menggunakan media berbasis TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Guru menggunakan media power point dan vidio pembuatan kartu operasi bilangan bulat yang nantinya digunakan sebagai alat bantu dalam menyelesaikan operasi bilangan bulat.
  • Berkaitan dengan penilaian/evaluasi
  • Guru dituntut untuk melakukan penilaian/ evaluasi secara keseluruhan dari aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Tentunya dalam instrumen yang lengkap seperti LKPD, kisi-kisi, indikator ketercapaian setiap aspek dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Refleksi hasil dan dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan adalah :

  • Mengikutsertakan peserta didik dalam pembelajaran terutama dalam membuat karya atau proyek yang dijadikan alat bantu mengalami peningkatan dalam pemahaman materi operasi bilangan bulat.
  • Hal tersebut dilihat dari hasil tes pengetahuan akhir yang melampaui KKM
  • Penggunaan model pembelajaran yang inovatif berbasis proyek (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan dan percaya diri peserta didik.
  • Hal tersebut dilihat dari keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dan semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan yaitu memberikan apresiasi dan tanggapan mengenai proses pembelajaran agar bisa lebih baik lagi.

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini yaitu guru dapat menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran dan sesuai dengan langkah-langkah yang telah dibuat

Pembelajaran dari keseluruhan pembelajaran ini yaitu guru harus berinovasi dan meningkatkan kreativitasnya dalam menggunakan model pembelajaran inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun