Mohon tunggu...
Firman Rahman
Firman Rahman Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger Kompasiana

| Tertarik pada finance, digital marketing dan investasi |

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pentingnya Packaging dalam Sebuah Produk Kuliner

18 Februari 2023   06:52 Diperbarui: 18 Februari 2023   06:56 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Masih ingat dengan pitutur luhur masyarakat Jawa, yang salah satunya adalah "Ajining raga ana ing busana", yang memiliki arti bahwa ternyata pakaian juga memiliki peranan penting bagi seseorang, dan tentu saja dengan busana yang rapi akan bisa menaikkan martabatnya.Ternyata pitutur luhur tersebut tidak hanya digunakan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, namun bisa diaplikasikan dalam sebuah konsep bisnis, khususnya kuliner. Apa itu? Hal ini membuat para pelaku bisnis sadar akan pentingnya packaging dalam sebuah produk kuliner.

Dari berbagai referensi, penggunaan packaging atau pengemasan yang tepat ternyata tidak hanya berfungsi sebagai sekedar pembungkus produk dalam hal makanan, namun ternyata penggunaan packaging yang tepat memiliki peran yang sangat penting, khususnya produk dan juga bisa menarik emosional konsumen. Bayangkan bila Anda membeli suatu produk makanan yang dibungkus ala kadarnya, misalnya hanya menggunakan kantong kresek, tentu hal ini akan membuat Anda kurang nyaman.

Packaging adalah Sarana untuk Promosi dan Menjaga Produk Kuliner Tetap Higienis

Siapa yang mengira dengan semakin berkembangnya pasar, termasuk berkemabnganya usaha kuliner, membuat packaging makanan menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Faktanya yag terjadi, mungkin terjadi pada Anda atau siapa pun yang tertarik dan penasaran pada sebuah produk baru, yang ada di ingatan adalah "produk apa itu", yang diwakili dengan bentuk pembungkus atau packaging makanan yang menarik, baru kemudian melangkah ketahap selanjutnya, yaitu tentang rasa atau kualitas makanan, enak atau enak banget atau hanya memiliki rasa yang biasa.

Ilustrasi produk keripik (Pict: Dokumen pribadi)
Ilustrasi produk keripik (Pict: Dokumen pribadi)

Bagi pengusaha kuliner, packaging menjadi hal yang sering dipakai, selain mengikuti perkembangan jaman, juga untuk menjamin kebersihan dan higienitas makanan, juga sebagai media promosi yang efektif.

Baca juga: Peluang Bisnis untuk Pemula dari Produk Keripik Sayur.

Dengan berkembangnya industri kuliner, packaging makanan menjadi hal yang tidak terpisahkan sebagai sarana promosi dan juga menjadi branding atas produk makanan, sehingga diharapkan bisa menaikkan penjualan.

Packaging Makanan, Perkembangam dan Perubahan Fungsi

Apa itu packaging makanan? Packaging makanan merupakan sebuah kemasan khusus yang digunakan untuk membungkus produk makanan atau produk kuliner, mulai dari makanan olahan, makan siap saji sampai bahan makanan.

Pada perkembangannya, packaging memang memiliki konsep yang berbeda, dari masa ke masa, pada awalnya packaging ini hanya mengambil fungsinya saja, yaitu menggunakan kantong plastik biasa atau yag sering disebut dengan 'kantong kresek'.

Namun dengan berkembangnya dunia kuliner, selain karena kebutuhan, packaging makanan ini dibuat dengan bentuk yang menarik agar terlihat lebih modern, kekinian dengan berbagai bentuk yang menarik.

Ilustrasi produk keripik (Pict: Dokumen pribadi)
Ilustrasi produk keripik (Pict: Dokumen pribadi)

Selain itu, packaging makanan akan memberi kepastian pada konsumen, bahwa produk kuliner yang dibeli dalam kemasan tersebut aman untuk dikonsumsi, karena terlindung dari udara, debu sampai bakteri.

Mengutip dari hansel.id, terdapat tujuh manfaat penting menggunakan kemasan makanan atau paackaging makanan ini, sebagai berikut:

  • Agar produk kuliner atau makanan tidak cepat rusak.
  • Agar makanan tersebut tidak mudah terkena kotoran atau debu.
  • Dengan adanya packaging ini membuat makanan menjadi lebih menarik.
  • Mempermudah konsumen saat membeli poduk, apabila makanan tersebut tidak dinikmati di tempat.
  • Berfungsi sebagai pemasaran produk. Dengan packaging yang bagus akan menimbulkan citra produk, brand atau usaha menjadi meningkat.
  • Sebagai sarana promosi atau iklan.
  • Sebagai identitas produk. Dengan adanya packaging tersebut bisa menjadi sebuah sarana komunikasi dan informasi melalui label atau sticker yang ditempelkan pada packaging tersebut.

Itu dia sedikit informasi tentang "pentingnya packaging dalam sebuah produk kuliner". Semoga bisa menjadi tambahan informasi dan bermanfaat untuk Anda, khususya Anda yang saat ini bergerak di bidang bisnis kuliner.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun