Kualitas... Kualitas... dan Kualitas - Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang dan persaingan yang semakin ketat maka kondisi ini memerlukan perhatian yang serius bagi para pelaku bisnis ini. Kondisi ini sudah harus diterima dan tidak bisa ditawar lagi. Dengan demikian para pelaku bisnis harus sudah mulai untuk berbenah dalam menghadapi persaingan tersebut.
Dengan melihat tantangan yang semakin berat dan ditambah persaingan dalam dunia bisnis tersebut, maka pelaku-pelaku dalam bisnis harus mampu menghasilkan produk yang mampu bersaing, sehingga yang harus dilakukan oleh para pebisnis tersebut adalah melakukan pengembangan atas kulitas baik produk atau pun jasa yang diproduksinya.
Jaminan kualitas telah diyakini oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri dan dipergunakan sebagai senjata untuk bersaing. Menurut Banks, bagi suatu perusahaan, baik yang bergerak di bidang manufaktur maupun jasa, penyediaan produk yang berkualitas telah menjadi tuntutan agar dapat bertahan hidup dalam persaingan. Dengan makin meningkatnya daya beli dan didukung oleh makin dewasanya konsumen, membuat permintaan terhadap kualitas produk menjadi semakin meningkat.
Menurut Spencer, kualitas adalah sesuatu yang memuaskan konsumen sehingga setiap upaya pengembangan kualitas harus dimulai dari pemahaman terhadap persepsi dan kebutuhan konsumen.
Dalam era persaingan yang semakin ketat ini, kualitas menjadi semakin penting, hal ini dikarenakan tekanan konsumen dan persaingan sehingga pada akhirnya kualitas akan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan.
Fokus Pada Konsumen
Seperti kita ketahui bersama bahwa perusahaan yang mampu bertahan secara terus menenrus adalah perusahaan yang memiliki keunggulan bersaing yang kuat dan berasal dari kemampuan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Pada intinya konsumen merupakan faktor yang sangat kritis bagi setiap perusahaan yang berfokus pada laba. Hal ini juga sesuai dengan Evan dan Lindsay yang menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama perusahaan adalah kepuasan konsumen yang akan menjamin profitabilitas dan kelangsungan hidup perusahaan serta lebih jauh lagi yaitu pencapaian keunggulan bersaing.
Konsumen bagi perusahaan harus diartikan sebagai stakeholders, yang harus dipuaskan. Dimana sebaik apapun teknik pengembangan dan manajemen yang dijalankan, jika tuidak memperhatikan konsumen maka perusahaan akan mengarah pada kehancuran.
Kualitas Supplier
Suatu produk dikatakan berkualitas apabila sumber bahan bakunya juga berkualitas dan diproses dengan proses yang baik. Sumber bahan baku produk ini berasal dari pemasok atau supplier. Supplier juga merupakan salah satu penunjang suksesnya program pengembangan kualitas karena dengan supply barang yang baik dan berkualitas diharapkan dapat dihasilkan produk yang berkualitas pula.
Pemasok menjadi sangat penting dalam perusahaan karena menyangkut teknis penyediaan produk atau jasa kepada konsumen.
Fakta saat ini, perusahaan sekarang lebih menyukai memilih pemasok dengan mendasarkan hubungan jangka panjang yang saling percaya dan menguntungkan dibanding sekedar faktor biaya.
Kesimpulan
Dari hal-hal tersebut di atas dapat disampaikan bahwa kualitas dapat menjadi salah satu senjata dalam memenangkan persaingan. Dalam artian luas, kualitas yang dimaksud tidak hanya sekedar kulitas produk barang dan jasa yang dihasilkan, namun juga kulitas proses manajemen perusahaan dalam menghasilkan produk tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H