Mohon tunggu...
R Firkan Maulana
R Firkan Maulana Mohon Tunggu... Konsultan - Pembelajar kehidupan

| Penjelajah | Pemotret | Sedang belajar menulis | Penikmat alam bebas | email: sadakawani@gmail.com | http://www.instagram.com/firkanmaulana

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Hidup "Zaman Now", Hidup yang Dibikin Simpel BCA

10 Desember 2018   21:59 Diperbarui: 10 Desember 2018   22:08 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

QR Kode, layanan BCA Mobile yang kekinian
QR Kode, layanan BCA Mobile yang kekinian
BCA Mobile menjadi andalan saat bermobilitas
BCA Mobile menjadi andalan saat bermobilitas
Internet banking BCA yang masih dimanfaatkan
Internet banking BCA yang masih dimanfaatkan
Saya sudah memanfaatkan layanan internet banking BCA sebelum tahun 2012. Karena pekerjaan saya seringkali bepergian dan menetap dalam jangka waktu tertentu yang cukup lama di suatu daerah pedalaman, saya pernah mendapat kesulitan ketika harus melakukan transaksi perbankan. Terkadang saya tidak bisa menggunakan layanan internet banking karena tidak ada jangkauan internet. Saya hanya bisa menggunakan internet banking pada saat di ibukota provinsi atau kabupaten saja.

Selain itu, pengalaman saya memperlihatkan betapa tidak praktisnya harus mengeluarkan dan menyalakan laptop terlebih dahulu untuk menggunakan layanan internet banking, padahal saat itu saya sedang melakukan aktivitas penelitian di lapangan. Setelah laptop nyala, kemudian menyambungkan fitur Wifi untuk mendapatkan sinyal internet dengan cara menautkan dari telepon pintar punya rekan kerja. 

Itu pun untung-untungan, kalau sinyal nya kuat maka jaringan internet akan lancar. Namun seringkali, sinyal jaringan telepon pintar tersebut kurang cukup baik.

Malah yang lebih parah adalah kadang saya lupa membawa token BCA pada saat pekerjaan lapangan tersebut, sehingga akhirnya sama sekali tidak bisa melakukan aktivitas internet banking. Jadi bagi orang yang pelupa seperti saya, maka salah satu kelemahan dari internet banking BCA adalah token BCA yang harus selalu dibawa kemana-mana. 

Sebetulnya itu sih kelemahan saya sendiri yang pelupa, hehehehe. Alhasil, saya sering kena omel istri karena sering telat mengirim uang belanja bulanan rumah tangga.

BCA Mobile yang kekinian

Saya termasuk seseorang yang lambat menggunakan telepon pintar (smartphone). Baru pada tahun 2012 lalu saya bisa memiliki si telepon pintar tersebut. Saya memutuskan membeli telepon pintar karena adanya kebutuhan alat komunikasi yang bisa menunjang lancarnya pekerjaan dan aktivitas pribadi. Sebelumnya saya menggunakan telepon genggam jadul (yang sering saya sebut Bodophone) karena satu alasan saja yaitu antenenya kuat menerima sinyal saat berada di daerah pedalaman.

Secara sadar, saya membeli telepon pintar tersebut karena enggan terus terusan diomeli istri. Dan sebetulnya saya tertarik dengan seorang teman yang melalui telepon pintarnya bisa melakukan transaksi perbankan. Setelah ngobrol panjang lebar, ternyata di dalam telepon pintar teman tersebut telah terpasang aplikasi BCA Mobile. Pada akhirnya, saya pun mengaktifkan layanan BCA Mobile sesuai anjuran teman tersebut bahwa hidup itu harus #dibikin simpel.

 Pertama kali menggunakan aplikasi BCA Mobile adalah ketika saya harus mengirim uang bulanan ke istri saya. Saat itu saya sedang berada dalam perjalanan menuju sebuah kecamatan di pinggiran Kota Waingapu di Sumba Timur. Terus terang, saya agak gugup saat membuka aplikasi BCA Mobile pada saat itu. 

Setelah memasukkan kode akses, saya pun membuka fitur m-Transfer. Kemudian, saya mengisi nomer rekening BCA istri saya pada daftar transfer. Langkah demi langkah selanjutnya terasa lebih mudah. Sampai akhirnya saya sukses bisa melakukan transfer ke rekening istri saya.

Dari pengalaman tersebut, saya merasakan layanan BCA Mobile memiliki kelebihan dibandingkan internet banking. Meski sama-sama berbasiskan pada jaringan internet, namun layanan BCA Mobile relatif lebih mudah dalam mendapatkan konektivitas internet melalui jaringan selular. Sedangkan intenet banking tentunya memerlukan adanya konektivitas jaringan internet baik melalui Wifi dan jaringan kabel WLAN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun