Mohon tunggu...
Firdhawati Susantie
Firdhawati Susantie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan salah satu mahasiswa dalam bidang pemerintahan yang memiliki hobi membaca, travelling dan mencoba hal-hal baru yang menstimulus perkembangan diri.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Unsika 2024 Menyelenggarakan Sosialisasi Kewirausahaan dan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Pasirtanjung

16 Juli 2024   12:32 Diperbarui: 16 Juli 2024   12:36 295
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto bersama dengan peserta Sosialisasi Kewirausahaan dan Pemasaran Produk UMKM Di Era Digital (Dokpri)

Mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang tahun 2024 telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang berfokus pada kewirausahaan dan digitalisasi pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai kewirausahaan dan keterampilan para pelaku UMKM dalam mengelola bisnis mereka secara digital dan meningkatkan visibilitas produk mereka melalui platform e-commerce.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Universitas Singaperbangsa Karawang bekerjasama dengan Alumni Universitas Singaperbangsa Karawang yang bernama Bagas Mahaputra, S.Ak sebagai pemateri sekaligus pelaku UMKM yang sudah terdigitalisasi dan memiliki pengalaman yang cukup mumpuni dalam bidang wirausaha.

Sambutan dari perwakilan perangkat desa dan pengenalan pemateri sosialisasi (Dokpri)
Sambutan dari perwakilan perangkat desa dan pengenalan pemateri sosialisasi (Dokpri)

Kegiatan Utama

Kegiatan utama sosialisasi ini meliputi pembahasan utama mengenai pengertian bisnis yang didefinisikan sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh individu atau organisasi untuk menjual barang atau jasa kepada konsumen. Serta terkait perbedaan antara bisnis dan kewirausahaan yaitu, dalam hal mengidentifikasi peluang, mengalokasikan sumber daya, dan berani mengambil resiko.

Namun, keduanya sama-sama memiliki tujuan dalam menghasilkan keuntungan berupa menggerakan perekonomian, membuka kesempatan kerja, dan menumbuhkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa.

Kemudian, kegiatan ini juga menjelaskan mengenai cara mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha melalui sikap jujur, kerjasama tim, memahami tren dan kebutuhan pasar, menganalisa perilaku konsumen, dan berani mengambil resiko. Adapun beberapa poin tambahan terkait strategi pemasaran produk UMKM dengan pemanfaatan digitalisasi, diantaranya sebagai berikut:

1. Digitalisasi Pemasaran 

Pemateri menyampaikan terkait pentingnya digitalisasi dalam pemasaran UMKM. Mereka memaparkan cara menggunakan platform Shopee, Tokopedia dan Lazada. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Platform Media Sosial 

Dalam hal ini, pemateri menjelaskan cara membuat konten menarik melalui platform Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Direalisasikan dalam bentuk status whatsApp, instagram story, postingan facebook dalam marketplace yang berbentuk video maupun foto.

3. Pendaftaran Nomor Izin Berusaha (NIB)

Mahasiswa KKN Unsika juga menyampaikan materi tentang urgensi pendaftaran izin berusaha maupun merek UMKM dan perlindungan hukum merek dagang. Hal tersebut dapat diproses oleh Dinas Koperasi dan UMKM terdekat. Selain itu, mahasiswa juga menjelaskan mengenai keuntungan-keuntungan menjanjikan bagi perkembangan UMKM dari pendaftaran izin berusaha tersebut. Kegiatan ini bertujuan agar para pemilik UMKM lebih berhati-hati dalam membuat merek dan mengetahui hukum yang berlaku dalam dunia perdagangan.

Mahasiswa dan peserta Sosialisasi Kewirausahaan dan Pemasaran Produk UMKM Di Era Digital (Dokpri)
Mahasiswa dan peserta Sosialisasi Kewirausahaan dan Pemasaran Produk UMKM Di Era Digital (Dokpri)

Partisipan dan Dukungan

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat, perangkat desa, dan kelompok wanita tani di Desa Pasirtanjung, serta dihadiri oleh Kepala Desa dan beberapa staff desa. Selain itu, kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pihak desa dan warga sekitar. Dukungan ini penting untuk memastikan keberhasilan kegiatan sosialisasi.

Output Kegiatan

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarkat Desa Pasirtanjung dalam mengelola bisnis mereka secara digital dan meningkatkan visibilitas produk mereka melalui platform e-commerce. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya melakukan pendaftaran izin usaha, merek dan perlindungan hukum merek dagang.

Kegiatan sosialisasi kewirausahaan dan digitalisasi pemasaran produk UMKM di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang, merupakan langkah penting dalam mendukung perkembangan UMKM di daerah tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi para pelaku UMKM dan masyarakat sekitar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun