Mohon tunggu...
Firdha Laila
Firdha Laila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Malang

Bebas, asal bertanggung jawab

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Ingin Cuan yang Datang Menghampiri? Pelajari Skill Ini

7 Oktober 2023   19:58 Diperbarui: 7 Oktober 2023   20:15 69
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jika kalian mengklik media ini karena judulnya, maka itu artinya kalian sudah kena copywriting dari konten ini. Namun, judul ini bukanlah sekadar clickbait semata. Melainkan contoh penerapan dari skill penghasil cuan di era digital saat ini.

Tadi kita sudah berkenalan secara tidak formal nih, dengan skill tersebut, yakni copywriting. Copywriting ini biasanya diterapkan dalam strategi digital marketing di media-media digital. Contoh nyatanya, para pengguna media sosial udah ga asing ngelihat iklan-iklan promosi produk yang seolah kelihatan ga lagi jualan, tapi justru kita malah tertarik dengan produk yang ditawarkan tersebut.

Nah, yang perlu jadi fokus kita, apa sih skill copywriting itu sebenarnya? Gimana caranya skill itu bisa menghasilkan cuan?

Oke, di sini kita kupas teori definisi dari copywriting terlebih dahulu. Sebagai perkenalan, copywriting itu ada yang menyebutnya sebagai bahasa iklan. Karena copywriting itu digunakan untuk memperoleh atensi dari masyarakat terhadap sebuah iklan menggunakan pendekatan sebuah teknik penyampaian secara verbal.

Jadi, singkatnya copywriting itu banyak dicari di era digital seperti ini untuk mempromosikan produk yang diperjualbelikan. Dan berdasarkan dari materi yang didapatkan penulis pada saat diklat mengenai copywriting itu setidaknya terdapat lima formula menyusun naskah copywriting, diantaranya:

1.AIDA (Attention-Interest-Desire-Action)

Contohnya: mau makan enak tanpa ribet? Diracik oleh chef berpengalaman dan terjual lebih dari 10.000 pcs, ABC jadi pilihan tepat untukmu. Coba sendiri di sini!

2.BAB (Before-After-Bridge)

Contoh: butuh waktu tahunan untuk belajar digital marketing. Namun, kamu bisa menguasai ya dalam hitungan hari. Begini caranya!

3.PAS (problem-agitate-solution)

Contoh: sebel gak bisa dapet ide pas nulis? Bikin lembur dan kerjaan ga selesai-selesai. Cari tau cara dapetin ide dengan cepat di sini!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun