Mohon tunggu...
Firda Ramadhani Fitri
Firda Ramadhani Fitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Love yourself before loving someone:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Persaingan Bisnis Internasional di Masa Pandemi

8 Desember 2021   18:03 Diperbarui: 8 Desember 2021   18:09 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mencari keuntungan merupakan salah satu tujuan atau keinginan utama setiap orang yang ingin memulai bisnis. Melihat perkembangan dunia di masa pandemi, minat masyarakat untuk memulai usaha sendiri mulai muncul. Keputusan berbisnis biasanya dipilih sebagai alternatif untuk memiliki karir yang fleksibel dan dinamis. 

Saat merancang bisnis yang menguntungkan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah dilakukan. Tantangan menjalankan bisnis seringkali menakutkan.

Saat ini semakin sulit untuk merebut hati konsumen dan mendominasi persaingan di pasar pelaku komersial, terutama di masa pandemi ini. 

Pengusaha harus memiliki terobosan dan keberanian untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan usahanya, salah satunya adalah kegiatan ekspor. 

Kegiatan ekspor merupakan langkah awal untuk memasuki pasar Internasionall. Namun, banyak pemula yang ingin memulai berbisnis tentu saja masih bingung bagaimana memulainya. 

Terutama bagi pengusaha Indonesia, sebenarnya banyak platform online yang bisa mendukung rencana go online dan go Internasional ini.

Perdagangan Internasional tidak terlepas dari pengaruh ekonomi dan politik negara-negara terkait. Aktivitas ekspor jauh lebih tinggi dari Kegiatan impor pasti akan menjadikan sebuah negara dengan  tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi. 

Kebijakan impor dan ekspor satu negara Sering dipengaruhi tidak hanya oleh motivasi ekonomi, tetapi bisa juga tergantung situasi dan kondisi politik suatu negara. 

Sebuah negara dengan banyak keunggulan komparatif dalam situasi dan situasi Kondisi politik yang stabil tentu dapat fokus pada spesialisasi untuk Kegiatan perdagangan internasional dapat berjalan dengan lancar.

Banyak orang di Indonesia memiliki permintaan yang besar untuk UMKM atau usaha mikro, kecil dan menengah. 

Tidak heran jika UMKM merupakan kelompok usaha terbesar di Indonesia dan berkontribusi 60% terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, dalam menghadapi krisis global, usaha kecil, menengah dan mikro menjadi lebih kuat. 

Memang tidak mudah untuk dapat menghadapi pasar global, karena produk UMKM akan bersaing dengan produk dari negara lain. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha kecil, menengah dan mikro agar mampu bersaing di pasar global. 

Terdapat 5 hal yang harus diperhatikan UMKM untuk memasuki pasar Internasional yaitu Product, Price, Place, Promotion, serta People.

Mari kita bahas satu persatu hal yang harus diperhatikan untuk memasuki pasar Internasional!

Product

Penentuan produk dalam usaha UMKM merupakan langkah terpenting sebelum beroperasinya usaha. Produk yang dijual harus memenuhi kebutuhan semua konsumen. 

Untuk melakukan hal ini, harus terlebih dahulu mempelajari selera pasar, tren pasar yang berkembang saat ini, dan memahami peluang pasar yang akan dibidik. 

Selain itu dari segi kualitas, produk yang dijual harus memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk yang sudah ada, dan bila perlu sejajar dengan produk yang dijual yang memenuhi standar pasar global.

Price

Untuk menentukan harga jual produk maka perhitungannya harus teliti dan detail menghitung total semua biaya yang dikeluarkan selama produksi berlangsung. Ada 3 cara penetapan harga yang bisa dilakukan agar terhindar dari kerugian saat menentukan harga jual.

a. Penentuan harga berdasarkan kompetitor, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga, tentukan harga dibawah kompetitor, tetapi dengan kualitas yang sama dengan kompetitor. Dengan melakukan ini bisa menjadi salah satu strategi untuk menarik konsumen dari kompetitor.

b. Penentuan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan, biasanya keuntungan diambil 30% dari harga produksi.

c. Penentuan harga berdasarkan permintaan. Permintaan ini tentunya konsumen yang menentukan harga produk dengan mengacu pada kualitas produk yang dimiliki. Jika harga jual yang diberikan dibawah harga produksi maka penjual harus menaikkan harga jual sehingga bisa tetap mendapatkan keuntungan.

Place

Tempat untuk penjualan produk harus mudah didapatkan oleh konsumen, maka penjual haruslah memilih tempat yang strategis. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat usaha yaitu :

a. Produk yang dijual haruslah menarik perhatian konsumen.

b. Lokasi yang strategis supaya mudah dijangkau oleh konsumen terutama dari segi transportasi dan dekat dengan keramaian.

c. Sesuai dengan target pasar. Jika targetnya adalah pelajar ataupun mahasiswa maka usaha yang dibuat harus berdekatan dengan sekolah/kampus.

Promotion

Promosi merupakan langkah dalam memperkenalkan produk kepada konsumen. Apalagi jika produk yang dijual adalah produk baru, maka promosi ini menjadi sangat penting. Agar promosinya akurat, harus meneliti produk yang dijual dan calon pelanggan yang membelinya. Promosi bisa dilakukan dengan mudah melalui media sosial seperti Instagram, Facebook maupun website.

People

Pekerja atau Sumber Daya Manusia (SDM). SDM yang dipilih haruslah orang pilihan yang bisa menghasilkan produk dan layanan terbaik. Jangan ragu untuk melakukan seleksi kepada calon pekerja dalam bisnis UMKM yang dibangun, hindari referensi dari kenalan jika dirasa kemampuan yang dimiliki belum sesuai.

Demikian pembahasan hal-hal yang harus diperhatikan untuk memasuki pasar Internasional.

Semoga Bermanfaat!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun