Mohon tunggu...
Safira Nurlita Syarif
Safira Nurlita Syarif Mohon Tunggu... Guru - firasyarif06

AYOLAH BERJUANG KESUKSESAN TIDAK DATANG BEGITU SAJA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Alat Permainan Edukatif

24 November 2021   15:34 Diperbarui: 24 November 2021   15:59 407
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo teman-teman semua Kembali lagi bersama mimin semoga teman-teman semua selalu sehat meski masih dilanda corona ;) jadi disini yang akan mimin bahas masih seputas alat permainan edukatif. 

Seperti yang sudah mimin sampaikan diartikel-artikel mimin sebelumnya bahwasannya permainan edukatif itu permainan yang telah dirancang secara khusus pada anak-anak selain untuk menghibur anak saat bermain namun juga sebagai media pembelajaran bagi anak. jadi permainan edukatif ini sendiri merupakan permainan yang membantu anak dalam mengoptimalkan aspek perkembangannya. 

Permainan-permainan tersebut diantaranya permainan boneka jadi guna mengembangkan kemampuan bahasa pada anak dengan melakukan cerita dengan boneka tersebut, kemudia puzzle yang membantu anak memcahkan masalahnya atau mencari solusi sehingga anak bisa berpikir dimana itu merupakan cara dalam mengembangkan kognitif pada anak, permainan Menyusun balom warna, balok angka, balok huruf ataupun berbagai permainan lainnya.

Namun karena artikel-artikel mimin sebelumnya sudah membahas mengenai alat permainan edukatif ini mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, contoh ataupun lainnya jadi teman-teman semua bisa cek langsung. Jadi disini yang akan mimin bagikan kepada teman-teman semua adalah sesuai judul yakni evaluasi alat permainan edukatif anak.

Teman-teman semua tahu tidak pengertian dari evaluasi alat permainan edukatif? Jadi mimin akan membahasnya yaa. Jadi evaluasi alat permainan edukatif adalah suatu cara guna dilakukannya sebuah penilaian dalam dunia pendidikan anak usia dini dimana cara ini diadakan guna mengukur apakah anak dalam perkembangannya sudah sesuai. 

Dimana, yang diukur itu adalah program tertentu. Dari permainan  edukatif ini terdapat syaratnya yang sangat penting diantaranya syarat edukatif yakni memiliki nilai pembelajaran bagi anak agar bisa mengoptimalkan aspek perkembangannya. 

Kemudian yang berikutnya adalah syarat teknis dimana pada syarat ini alat permainan yang dirancang sesuai dengan tujuannya, bisa digunakan anak dan juga memiliki berbagai fungsi, alatnya aman untuk digunakan anak sehingga saat anak bermain juga orangtua akan merasa aman juga memberikan alat tersebut, alatnya bisa digunakan baik untuk individu maupun kelompok, alat yang digunakan dalam proses pembuatan menggunakan alat-alat yang mudah untuk dibuat sehingga lebih terpercaya dan tidak memerlukan budget yang besar. 

Syarat yang terakhir adalah syarat estetik dimana dari kata estetiuk kita sudah bisa memahami bahwa alatnya harus indah dalam artian haruslah bagus, menarik perhatian anak mulai dari segi warna, bentuk, ukuran dan lainnya sehingga anak-anak tertarik untuk memainkannya.

Materinya belum selesai yaa teman-te,man karena mimin masih akan membahasa mengenai tujuan dari evaluasi permeinan edukatifnya.

Pada pengertian mimin sudah membahas bahwa evaluasi dilakukan untuk menilai dimana, dalam melakukan penilaian hal yang akan dilakukan adalah melakukan penilaian disaat anak-anak sedang belajar dengan menggunakan alat permainannya guna untuk;

  • Melihat apakah anak memerlukan yang namnya bantuan secara khusus.
  • Bisa melihat manakah media yang tepat untuk digunakan anak
  • Melihat bagaimana perkembangan anak.
  • Melakukan rancangan pembelajaran baik sevara individu ataupun perkelompok sehingga bisa dilakukannya komunikasi antara guru dan juga orangtua.
  • Melihat apakah dari alat permainan edukatif telah mencapai target mengenai apa yang ingin diajarkan kepada anak.
  • Agar bisa dilakukannya perbaikan terhadap alat permainan edukatif tersebut.

Dari tujuan yang dipaparkan mimin tersebut kita bisa melihat bahwasannya tujuannya itu berkhusus pada anak sehingga manfaatnya tidak jauh semata-mata membantu anak dalam proses pembelajarannya agar bisa optimal dan juga aman digunakan anak serta anak juga bisa mencapai target yang diinginkan oleh guru ataupun orangtua guna melihat apakah alat tersebut digunakan anak sesuai dengana apa yang diinginkan oleh orangtua yaitu mengembangakn aspek perkembangannya baik kognitif, soaial emosional,bahasa, fisik motoric ataupun lainnya.

Mungkin itu saja ilmu yang bisa mimin bagikan hari ini sedmoga bisa bermanfaat untuk kita semua , tetap jaga kesehatan.

Sekian

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun