Mohon tunggu...
Firania
Firania Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG

"Mengupas isu-isu pendidikan di Indonesia dari sudut pandang seorang guru. Inspirasi, solusi, dan cerita dari ruang kelas hingga kebijakan pendidikan."

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Asesmen Formatif Dalam Keberhasilan Pendekatan TaRL

29 Januari 2025   22:04 Diperbarui: 29 Januari 2025   22:04 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Asesmen formatif merupakan proses penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk memberikan informasi kepada guru dan siswa tentang kemajuan belajar siswa1. Tujuan utama asesmen formatif adalah untuk memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi siswa dan guru agar dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran1. Asesmen formatif berbeda dengan asesmen sumatif yang dilakukan di akhir pembelajaran untuk mengukur pencapaian siswa secara keseluruhan2.

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kemampuan siswa3. TaRL berfokus pada kemampuan dan perkembangan individu setiap peserta didik, alih-alih mengelompokkan mereka berdasarkan usia atau kelas4. Dalam pendekatan TaRL, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan mereka, yang memungkinkan guru untuk memberikan instruksi yang ditargetkan dan sesuai dengan kebutuhan setiap siswa5.

Asesmen formatif memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan pendekatan TaRL. Melalui asesmen formatif, guru dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, memantau kemajuan belajar, menyesuaikan strategi pembelajaran, dan meningkatkan motivasi serta kemandirian belajar siswa.

Pembahasan

Peran Asesmen Formatif dalam TaRL

Asesmen formatif berperan penting dalam pendekatan TaRL dalam beberapa hal, antara lain:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan Belajar

Asesmen formatif membantu guru dalam memahami kebutuhan belajar siswa secara individual dalam konteks TaRL6. Guru dapat menggunakan berbagai jenis asesmen formatif, seperti observasi, pertanyaan lisan, dan tugas singkat, untuk mengidentifikasi kemampuan awal siswa, gaya belajar, dan kesulitan yang dihadapi7.

Dalam setting TaRL, asesmen formatif di awal pembelajaran sangat penting untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan mereka. Misalnya, guru dapat melakukan observasi selama kegiatan kelompok untuk melihat bagaimana siswa berinteraksi dan memecahkan masalah. Guru juga dapat memberikan pertanyaan lisan untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep tertentu. Informasi yang diperoleh dari asesmen formatif ini akan membantu guru dalam mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan dan merencanakan pembelajaran yang sesuai.

2. Memantau Kemajuan Belajar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun