Pernah tidak kalian melihat lowongan pekerjaan sebagai admin media sosial?
Saya rasa hampir semua orang pernah melihat lowongan pekerjaan ini. Well, meskipun pekerjaan ini terlihat mudah, karena hanya mengunggah konten dan berinteraksi dengan para followers, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin bekerja menjadi admin media sosial.
Sebagai contoh, saya akan mencoba meneliti secara garis besar performa admin media sosial  Instagram dari perusahaan korporat yaitu Glico Wings.Â
Seperti yang kita ketahui glico wings merupakan penggabungan dari perusahaan Glico dan Wings. Glico sendiri merupakan produsen snack dan es krim terbesar di Jepang. Sedangkan Wings berusaha untuk menjadi Fast-moving consumer goods (FMCG) terbaik di Indonesia.
Berbicara soal tugas tanggung jawab, tentunya akan disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
Tugas Admin Media Sosial
Admin media sosial sejatinya diharapkan dapat memberikan meningkatkan brand awareness dan pengenalan produk kepada audiens. Terdapat lima tugas admin media sosial secara umum yang dapat kalian ketahui.
Merancang Konten yang  Menarik
Pada akun Instagram @glico.wings, secara visual konten yang disajikan sangat eye catching melihat komposisi warna yang pas, kesesuaian font, konsistensi dari segala aspek dan kerapihan patut diacungi jempol.
Menjadi admin media sosial setidaknya memiliki kreativitas dalam merancang konten yang menarik. Sebagian perusahaan terkadan memisahkan tugas pembuat konten dan admin.Â
Menentukan Jadwal Penayangan Konten
Kemampuan untuk menganalisis insight menjadi yang utama agar pesan yang disampaikan dalam sebuah konten tersalurkan dengan tepat kepada audiens.Â
Dari yang saya lihat, tiga unggahan konten Instagram Stories @glico.wings berada di jam 16:00 WIB. Untuk unggahan feeds terlihat penayangan konten tidak konsisten, contohnya @glico.wings mengunggah feeds baru pada tanggal 4 November, 6 November, 11 November.Â
Terdapat rentan waktu dua hari, lima hari, sembilan hari dalam setiap unggahan.
Meski demikian, sebaiknya sebuah konten diberikan konsistensi durasi pengunggahan dengan melihat engagement followers. Seperti jam dan hari aktif pengguna  followers.
Menjaga Komunikasi dengan Pengguna
Terlihat dari beberapa unggahan feeds @glico.wings, saya melihat banyaknya komentar pertanyaan yang tidak dibalas oleh admin.Â
Jika saya tidak salah, saya hanya melihat balasan komentar pada unggahan feeds di tanggal 29 November dan 9 Oktober.
Beberapa komentar pengguna akun terlihat pula memberikan komentar untuk admin media sosial melihat pesan yang dikirimkan oleh pengguna.
Sebagai pekerja admin media sosial, pelayanan seperti keluhan, komentar, pesan, kritik, dan saran dari followers sebaiknya ditanggapi. Karena ini masuk kedalam nilai tambahan bagi perusahaan tersebut.
Dapat Menganalisis engagement followers
Akun @glico.wings menyesuaikan kontennya sesuai target market dan melihat engagement followers mereka. Dari segi konten, keluarga, remaja, dan dewasa merupakan target market mereka.Â
Hal ini ditunjukan dari penggunaan bahasa, lomba-lomba yang diadakan, selingan permainan dan konten menarik lainnya.
Kemampuan ini sudah seharusnya dimiliki oleh pekerja admin media sosial, karena analisis engagement diperlukan sebagai riset untuk konten yang akan diunggah nanti.
Membuat Report rutin
Secara umum, report rutin mengenai insight dan engagement audiens diperlukan agar perusahaan dapat melihat perkembangan akun dan pemasaran konten melalui media sosial.Â
Hal ini juga akan memperlihatkan apakah pekerjaan kamu sebagai admin media sosial dapat membantu memperluas jangkauan audiens.Â
Para pelaku sebaiknya berusaha memikirkan bagaimana cara meningkatkan atau memperluas jangkauan audiens. Karena tujuan adanya admin media sosial bukan hanya sebatas memikirkan konten, melihat insight, dan menjadi komunikatif.
Tanggung Jawab Admin Media Sosial
Setiap pekerjaan tentunya ada tanggung jawab yang harus dipegang. Porsi dari tanggung jawab admin media sosial tentunya dapat berbeda-beda, namun disini saya akan memberitahukan dua tanggung jawab umum pekerja admin media sosial.
Menjaga Nama Baik Perusahaan
Menjaga nama baik perusahaan dapat dilakukan dengan cara berlaku sopan saat menjawab pesan, konten yang dibuat tidak menimbulkan SARA. Sebelum memuat konten, ada baiknya melakukan pengecekan secara berkala baik dari tema, penulisan, dan visual.
Karena terkadang konten tanpa pemikiran panjang dan matang akan membuat kesalahan persepsi bagi yang melihat.
Selama ini admin media sosial @glico.wings menjaga nama baik perusahaan, hal ini dapat kita lihat dari tidak adanya perkara yang dilakukan oleh akun Instagram perusahaan tersebut.Â
Menjaga Keamanan Akun Media Sosial
Agar terhindar dari hacker para pemegang akun media sosial manapun sebisa mungkin menghindari resiko dengan tidak menggunakan password yang mudah, lalu menjaga kerahasiaan password akun media sosial.
Kesimpulan
Admin media sosial diharapkan dapat memenuhi ketentuan dan tugas dari perusahaan, dengan bantuan kreatifitas yang imajinatif dan kemampuan analisis dari diri kita.Â
Saya berharap analisis performa admin media sosial @glico.wings dalam mengelola akunnya dengan semakin baik.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H