Pernahkah anda berpikir mengapa ketika mencari sesuatu di Google, selalu ada beberapa laman yang masih tetap berada paling atas? Atau mungkin sebuah iklan yang sesuai dengan pencarian anda?
Berkat penggunaan kata kunci yang tepat, maka bisa jadi laman-laman atau iklan tersebut berada diatas mengikuti kebutuhan anda. Namun sebenarnya, hal ini didukung dengan peran dari Search Engine Optimisation (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
Akan tetapi SEO dan SEM memiliki sedikit perbedaan yang mudah sekali untuk kita bedakan. Untuk mengetahui lebih lanjut kita harus mengetahui pengertian SEO dan SEM, apa saja perbedaan dari keduanya, teknik yang digunakan SEO dan SEM.
- Pengertian SEO dan SEM
Sebenarnya kedua progam ini memiliki tugas yang sama yaitu menaikan rating situs web atau laman. SEO dan SEM ini biasanya digunakan untuk digital marketing.
Search Engine Optimisation (SEO)Â memiliki sebuah tugas yang mengharuskan membuat upaya meningkatkan peringkat pada situs web agar selalu berada dibagian teratas pada Google.
Dalam buku The SEO Book oleh Ebner dan Granitza, SEO ini ditujukan agar lebih banyak menambah insight dan traffic pada sebuah situs web. Â
Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) memiliki tugas untuk memasarkan situs web melalui Google dalam bentuk iklan. Daftar ini merupakan sebuah informasi untuk melihat minat dari  pengguna yang mencari kebutuhan mereka lewat Goggle.
Perbedaan SEO dan SEM
Perbedaan ini terlihat dari SEO tidak berbayar, sedangkan SEM berbayar.
Jika SEM mendapat keuntungan dari bayaran per klik, maka SEO akan mendapat keuntungam dari iklan yang terpajang pada  pada laman tersebut.
Agar lebih jelas, ini dia penjelasan lebih lengkap mengenai teknik SEO dan jenis pembayaran dalam SEM.
1. Nama Domain
Pemilihan nama domain yang akan meningkatkan peringkat di mesin pencari anda dengan memilih kata kunci yang penting untuk bisnis atau kebutuhan anda.
Misalnya nama yang sederhana, pendek, tanpa ada tanda hubung, tanpa angka, menggunakan kata kunci, kata umum, istilah iklan, nama produk.
2. Strategi Tautan
Semakin banyak tautan yang masuk, semakin tinggi peringkat Search Eingine.
Bagaimana caranya meningkatkan tautan anda? Ini dia 3 caranya:
- Buat konten yang baik
- Buat outbound yang baik
- Menargetkan daftar situs kita untuk dapat melakukan penyaringan tautan yang masuk. Terkadang ada tautan-tautan yang tidak relevan  yang dapat merusak peringkat pencarian anda.
Relevansi tautan sangat penting dalam membuat situs anda diindeks oleh mesin pencari.
3. Kata Kunci
Salah satu cara mengoptimalkan peringkat dimesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci. Sebaiknya kata kunci tetap digunakan sesuai konteks yang ada.
Setiap kata kunci akan dipilih oleh sistem sesuai dengan halaman situs kita, kemudian mengirimkan kembali ke Search Engeine/situs web kita.
4. Kata Kunci pada Judul
Dalam penggunaanya, ketepatan kata kunci dalam judul untuk menjadi peringkat pertama. Setiap halaman situs web sebaiknya memiliki kata kunci.
Contohnya, pada situs web Ebay, http://www.ebay.com/ (judul dipenuhi dengan kata kunci). Kata kunci dalam judul ini dapat menggunakan hingga 65 karakter.
5. Label deskripsi
- Ditampilkan dibawah judul dalam hasil pencarian
- gunakan bahasa promosi yang dinamis
- Gunakan kata kunci   Â
6. Alt Tag (Kode HTML)
Sertakan kata kunci pada Alt Tag (kode HTML) anda yang anda gunakan dalam mendeskripsikan tampilah sebuah gambar dalam situs web.
7. Pengiriman situs web ke Search Engine
Pengiriman ini dilakukan unuk pengindeksan situs anda.
- Hal yang di Hindari SEO
flash, situs hanya gambar, peta gambar, halaman yang dilindungi kata sandi, PDF, halaman dinamis, dan lain sebagainya.
Jenis Pembayaran Pada SEM
Karena SEM mengoptimalkan situs web dengan iklan berbayar, maka terdapat dua jenis pembayaran dalam SEM, progam penyertaan berbayar atau penempatan berbayar.
1. Progam Penyertaan Berbayar
Progam periklanan yang dijamin dimasukan kedalam indeks mesin pencari dengan imbalan pembayaran, namun pembayaran didasarkan dari biaya per "klik".
2. Penempatan berbayar
Semakin tinggi biayanya, semakin tinggi peringkatnya.
Yap, jadi pada kesimpulannya penggunaan SEO dan SEM ini tidak dapat menjamin situs web atau laman anda dapat terus menerus di kunjungi oleh netizen, karna minat netizen tergantung dari sajian konten yang ada buat. Jika anda memiliki biaya lebih, tidak ada salahnya untuk  mencoba menaikan jangkauan dengan mempromosikan dengan progam SEM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H