Mohon tunggu...
Findi Maulidiyah Alfi
Findi Maulidiyah Alfi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Findi Maulidiyah Alfi

S-1 PPKn Mahasiswa PPG Prajabatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Topik 1

8 Juni 2024   23:32 Diperbarui: 8 Juni 2024   23:33 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berikut adalah aksi nyata atas refleksi pembelajaran topik 1 mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan:

Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran bahwa topik ini membahas terkait dengan budaya, sosial, dan ekonomi yang dapat berpengaruh pada bidang pendidikan.

Konsep yang saya pelajari dalam topik ini adalah terkait dengan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran.

Faktor Sosial yang mana status sosial dan kelas ekonomi masyarakat dapat mempengaruhi akses dan kualitas pendidikan, dukungan dari keluarga dan komunitas sangat penting dalam keberhasilan pendidikan anak, dan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat dapat mempengaruhi sikap dan perilaku terhadap pendidikan.

Faktor Budaya, bahasa, tradisi dan kebiasaan yang digunakan dalam proses belajar mengajar harus sesuai dengan bahasa serta tradisi dan kebiasaan peserta didik agar mudah dalam memahami materi pembelajaran.

Faktor Ekonomi, termasuk anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah dan sektor swasta untuk pendidikan dapat mempengaruhi infrastruktur, gaji guru, dan program-program pendidikan. Serta keadaan ekonomi keluarga mempengaruhi kemampuan mereka untuk membiayai pendidikan anak-anak.

Faktor Politik, kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sangat menentukan arah dan kualitas pendidikan dan pemerintah harus menetapkan regulasi dan standar yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan, termasuk kurikulum, kualifikasi guru, dan evaluasi.

Pada ruang kolaborasi yang saya pelajari terkait dengan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting yang mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran di lima daerah di Indonesia. Dan mempertimbangkan untuk diterapkan ke dalam strategi pembelajaran oleh pengajar pada lima daerah tersebut. Serta mempelajari faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran yang mampu mengembangkan diri sendiri untuk menjadi pendidik yang baik.

Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang saya jalani bersama kelompok terkait dengan materi bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik penting yang dapat mempengaruhi pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Yang saya ketahui terkait topik ini bahwa faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat berpengaruh pada pendidikan dan pembelajaran di Indonesia.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya pahami atau yang dari pemahaman awal sebelum pembelajaran di mulai bahwa faktor politik juga memberikan bengaruh terhadap keberhasilan pendidikan di Indonesia.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? 

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yakni terkait :

  • Bagaimana cara terbaik untuk melatih guru dalam penggunaan alat psikologis dan strategi mediasi dalam pembelajaran di Indonesia?
  • Apa tantangan terbesar yang dihadapi guru di Indonesia dalam menerapkan alat psikologis dan mediasi, terutama di daerah terpencil atau dengan sumber daya terbatas?
  • Bagaimana kita dapat memastikan bahwa semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, mendapatkan manfaat dari pendekatan mediasi dan penggunaan alat psikologis?

Yang saya pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain bahwa pada masing-masing mata kuliah juga berkaitan dengan pembahasan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pengajaran dan pendidikan Indonesia.

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru yakni dapay membantu saya untuk lebih siap mengenali dan memahami faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan di Indonesia.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Saya menilai kesiapan saya dalam skala 1-10 adalah sebesar 6 karena saya memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana faktor sosiokultural mempengaruhi pendidikan, baik melalui studi formal maupun pengalaman praktis. Saya paham pentingnya mengenali kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? 

Yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal adalah mengembangkan keterampilan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, namun saya sadar bahwa ini adalah proses yang terus berlanjut dan selalu ada hal baru untuk dipelajari dan diterapkan. Selain itu, secara teratur merefleksikan praktik mengajar saya dan mencari umpan balik untuk peningkatan.

By : Findi Maulidiyah Alfi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun