Mohon tunggu...
Finanda Adelia Faizza
Finanda Adelia Faizza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UMM angkatan 2023

Hobi membaca dan Traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pemasaran Kreatif Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Dalam Skala Ekonomi Mikro

10 Januari 2024   10:00 Diperbarui: 10 Januari 2024   10:06 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini, industri UMKM Tanah Air berada dalam situasi yang sangat sulit mengingat perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks. 

Dengan pesatnya tren perdagangan bebas, persaingan juga semakin ketat, dan otomatis persaingan pun timbul dari segala bidang baik di dalam negeri, regional,  maupun global. (Karutajaya, 2007: 1) Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan bagian penting dalam perekonomian suatu negara atau daerah, termasuk Indonesia. Perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah  (UMKM) memberikan arti penting bagi upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan menurunkan angka kemiskinan di tanah air. 

Pertumbuhan dan perkembangan sektor  UMKM sering dimaknai sebagai salah satu  indikator keberhasilan pembangunan, terutama di negara-negara dengan pendapatan per kapita rendah. Misalnya saja pada  tahun 2011-2012, UMKM menyumbang 99,9 persen dari jumlah usaha di Indonesia dan menyumbang 97,24 persen terhadap penyerapan tenaga kerja, padahal kontribusinya terhadap output nasional (PDB) hanya sebesar 57,94%. 

Peran UMKM  yang sangat besar  memberikan penjelasan bahwa UMKM perlu lebih ditingkatkan  lagi. UMKM dapat bertahan dan bersaing apabila  menerapkan pengelolaan yang baik. Manajemen Manajemen secara umum mencakup  bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia  (SDM), dan keuangan. 

Konsep dan desain spesifik pada tingkat strategis merupakan faktor penentu keberhasilan . Menganalisis pasar, pelanggan, dan produk  sangat  penting dalam dunia yang kompleks. Menurut  Purwanto (2008), analisis strategis mencakup “segitiga strategis”: pelanggan, pesaing, dan perusahaan. 

Sebagian besar perusahaan/unit usaha, termasuk usaha kecil dan menengah, hanya memiliki kegiatan produksi dan operasional yang didedikasikan untuk memproduksi produk. Perusahaan  juga harus memperhatikan strategi bisnis untuk mengembangkan bisnis yang ada dan tetap kompetitif.

Strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi perusahaan yang  memproduksi barang dan jasa. 

Strategi pemasaran dapat dianggap sebagai salah satu dasar  yang digunakan dalam mempersiapkan rencana keseluruhan perusahaan. 

Mengingat besarnya permasalahan yang ada dalam suatu perusahaan, maka perlu disusun suatu rencana yang komprehensif untuk memandu kegiatan setiap departemen dalam perusahaan. Alasan lain  pentingnya  strategi pemasaran adalah semakin ketatnya persaingan  yang biasanya dihadapi oleh bisnis. 

Dalam situasi seperti ini, perusahaan tidak punya pilihan selain menghadapinya atau menarik diri dari persaingan sama sekali. Seperti yang dinyatakan Bestari (2003: 85) bahwa respon terbaik untuk melindungi pasar adalah dengan  melakukan inovasi yang berkelanjutan, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dan nilai pelanggan. Perusahaan tetap berkomitmen untuk meningkatkan daya saing dan nilai di mata konsumen. 

Pemasaran memerlukan perhatian serius  oleh UMKM. Apalagi dalam menentukan strategi pemasaran , strategi pemasaran harus benar-benar matang agar strategi pemasaran yang dipilih  dapat menembus pasar. Terlebih lagi, dalam lingkungan yang semakin kompetitif saat ini,  kelangsungan hidup UMKM sendiri bergantung pada kemampuannya dalam merebut pangsa pasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun