Mohon tunggu...
Fiksiana Community
Fiksiana Community Mohon Tunggu... Administrasi - Komunitas pecinta fiksi untuk belajar fiksi bersama dengan riang gembira

Komunitas Fiksiana adalah penyelenggara event menulis fiksi online yang diposting di Kompasiana. Group kami: https://www.facebook.com/groups/Fiksiana.Community/ |Fan Page: https://www.facebook.com/FiksianaCommunity/ |Instagram: @fiksiana_community (https://www.instagram.com/fiksiana_community/) |Twitter FC @Fiksiana1 (https://twitter.com/Fiksiana1)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sejarah Fiksiana Community

15 Agustus 2024   22:36 Diperbarui: 15 Agustus 2024   22:44 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Belum!

Miss Ge, Inge, mbak Winda, Bang Odi CS kemudian membuat gebrakan kedua yang diberi nama "Festival Fiksi Kolaborasi". Kolaborasi fiksi secara online? Tanpa bertatap muka? Bagaimana mungkin? Itulah pertanyaan-pertanyaan khas di jaman itu. Gimana caranya? Calon peserta yang berminat wajib punya akun FB. Lalu mereka wajib bergabung ke grup FB Festival Fiksi Kolaborasi. Peserta yang belum kenal dijodoh-jodohkan oleh admin.  Kebetulan saya turut serta menjadi admin di grup Facebook untuk menjodoh-jodohkan para peserta dan mencatat peserta.  Dari sana saya belajar bagaimana membuat event online dan menjodoh-jodohkan para peserta. Event inilah yang kemudian saya jadikan contoh untuk membuat event di FC setelah grup FFK dibubarkan.

Puncaknya adalah Jumat, 18 Maret 2011 para peserta posting secara serentak di Kompasiana. Kembali Kompasiana dihujani karya-karya para peserta. Seingat saya semua link karya peserta dijadikan satu posting-an, tapi saya lupa di akun mana.

Tak lama berselang, Dyah Restiani mengajak saya, Granito dan teman-teman lain untuk membukukan karya bagi peserta yang berminat dan FFK adalah buku pertama komunitas fiksi Kompasiana. Kami bekerja sama lagi-lagi secara online.

Lanjut!

Setelah proses pembukuan selesai, ada Kompasianer Arraya yang posting di wall grup "Buku FFK" ia mengeluhkan tentang dongeng nusantara yang diklaim oleh Malaysia. Saya sarankan dia untuk buat postingan di Kompasiana. Di Kompasiana postingannya mbledug komentar-komentarnya. Baik yang pro maupun kontra. Saya sarankan ke dia, ketimbang perang komentar yang tak jelas juntrunganya, lebih baik bikin aksi nyata saja. Bikin event dongeng anak nusantara.

Dari sanalah kemudian dia meng-inbox saya dan minta bantuan untuk membuat event. Selain saya, ada Granito (partner abadi saya wkwkwkwk, di mana ada saya di situ ada Nito sebagai admin fiksi) Anto, Inge, Jingga, Elisabteh Chen, Afandi, Agung, dll, (lupa, maklum sudah 4 tahun) yang bergotong royong bikin event tersebut. Kita menamainya "Parade Dongeng Anak Nusantara". Singkatnya pada tanggl 23 dan 24 April 2011, Kompasiana kembali dibanjiri dengan karya dongeng hasil karya Kompasianer. Di sini saya mulai memegang kendali event dan hafal bagaimana mengurus tetek bengek dari A sampai Z. Saya ingat bagaimana jari jemari saya keriting malam itu, juga bagaimana semua admin bersorak girang tatkala ada karya yang di-HL-kan oleh admin Kompasiana. Dalam sehari, saat itu bisa dua sampai tiga kali gonta ganti HL untuk karya dongeng.

Event kelar. Grup FB dengan berat hati kita tutup. Saya melakukan perjalanan liburan tak lama setelahnya. Cieeeeeh wkwkwk. (Ini mah karena eyke memang suka jalan-jalan.)

Malam menjelang tidur, saat berlibur itulah saya iseng buka inbox FB. Partner maya abadi saya (Granito) kirim inbox, bunyinya begini kira-kira,

"Kita bikin group fiksi lagi yuk, dan bikin event lagi. Sepi banget ga ada event."

Dari inbox itulah saya buat grup FB dan kita---para admin kala itu---membuat event "Malam Prosa Kolaborasi".  Kembali karya-karya para peserta membanjiri Kompasiana pada tanggal 10 dan 11 Juni 2011. Hasil karya dibukukan dengan ketebalan buku menyaingi karya Harry Potter-nya J.K Rowling. Wkwkwkwkwk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun