28 Oktober 1928 menjadi suatu hari yang bersejarah bagi Hindia Belanda -- Nama Indonesia ketika masih berada di bawah jajah Belanda. Ketika itu, berbagai pemuda dari penjuru wilayah Hindia Belanda, dengan berbagai macam latar belakang berkumpul pada Kongres Pemuda II di Batavia (sekarang disebut sebagai Jakarta).Â
Hasil Kongres tersebut menghasilkan suatu ikrar pemuda yang kemudian dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda. Salah satu poin dari Sumpah Pemuda tersebut menyatakan bahwa "Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia". Pada malam penutupan kongres, W.R. Soepratman memperdengarkan lagu ciptaannya yang berjudul "Indonesia Raya" secara instrumental di depan peserta kongres. Salah satu liriknya ialah "Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan tanah airku, Marilah kita berseru, Indonesia bersatu".
14 Maret 2022, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama seluruh gubernur di Indonesia berkumpul di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara untuk melaksanakan Ritual Kendi Nusantara. Pada kegiatan tersebut, masing-masing gubernur membawa simbol berupa dua kilogram tanah dan satu liter air dari masing-masing wilayah mereka untuk selanjutnya dimasukkan dalam kendi berukuran besar dari tembaga, yang dinamakan Kendi Nusantara. Kemudian, Kendi Nusantara akan diletakkan di titik nol IKN sebagai titik awal pembangunan IKN.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pada sambutannya di Ritual Kendi Nusantara bahwa ritual tersebut merupakan bentuk dari kebhinnekaan dan persatuan di Indonesia dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara.
Walaupun demikian, tidak sedikit yang mengkritisi ritual tersebut. Beberapa pihak yang mengkritisi ritual tersebut menyebutkan bahwa ritual tersebut merupakan politik klenik yang berdasarkan irrasionalitas yang justru merupakan suatu kemunduran dari politik modern.
Ada juga yang memandang hal ini dari sudut pandang budaya Jawa (kejawen), mengingat Presiden Joko Widodo berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Hal ini diperkuat juga dengan pernyataan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menyebutkan bahwa hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang berkepribadian dan berbudaya.
Landasan Pemindahan Ibu Kota Pada Masa Lampau
Ibu kota merupakan suatu hal yang sangat fundamental bagi suatu negara atau wilayah kekuasaan. Oleh karenanya, pemindahan suatu ibu kota merupakan suatu hal yang penting pula pada proses perjalanan suatu negara ataupun suatu kekuasaan.
Bila melihat masa lampau, ketika Indonesia masih terbagi dalam berbagai wilayah kerajaan, pemindahan ibu kota didasarkan pada hal-hal yang menyebabkan ibu kota sebelumnya tidak dapat lagi berfungsi sebagai ibu kota. Suatu perpindahan ibukota berpotensi menuju ke arah kebangkitan sebuah sistem kekuasaan. Namun sebaliknya, suatu perpindahan ibu kota juga dapat berpotensi menuju ke arah kemunduran sistem.
Sebagai contoh kemunculan Kesultanan Demak yang membawa membawa dan simbol-simbol kejayaan penguasa lama pasca invansi militer mereka ke Majapahit. Pendiri Kesultanan Demak, Raden Fatah memang masih satu garis keturunan dengan raja Majapahit. Akibat munculnya kesultanan Demak, hal ini membiarkan ibukota lama di wilayah kerajaan Majapahit menjadi belukar tak berarti dengan membangun ibukota baru di Demak. Jadilah Kesultanan Demak menjadi kerajaan besar Islam pertama di Pulau Jawa. Namun ketika berakhirnya era Kesultanan Demak, pusat pemerintahan dipindahkan oleh Joko Tingkir dari Demak ke Pajang sehingga lahirlah Kesultanan Pajang. Namun kesultanan Pajang tidak mampu menjadi suatu wilayah kekuasaan yang lebih hebat dari Kesultanan Demak dan justru mengalami sejumlah pemberontakan dan perebutan kekuasaan yang membuat jatuhnya kesultanan Pajang.
Ketika Indonesia sudah merdeka pun juga mengalami perpindahan ibu kota. Seperti ketika ibu kota dipindahkan ke Yogyakarta dari Jakarta sejak pada tanggal 4 Januari 1946 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949 dikarenakan Jakarta diduduki oleh NICA (Netherlands Indies Civil Administration) yang berboncengan dengan pasukan sekutu. Namun, Indonesia tetap eksis hingga saat ini dan ibu kota juga dapat kembali dari Yogyakarta ke Jakarta pada 17 Agustus 1950 setelah Republik Indonesia Serikat (RIS) membubarkan diri dan kembali ke bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Ritual Kendi Nusantara -- Bukan Sekedar Ritual
Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa Presiden menyebutkan bahwa Ritual Kendi Nusantara merupakan bentuk dari kebhinnekaan dan persatuan di Indonesia dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara. Tanah dan air dari seluruh wilayah di Indonesia dikumpulkan menjadi satu dan dimasukkan pada satu kendi yang disebut Kendi Nusantara.
Namun bila dimaknai lebih dalam, ritual tersebut bukan sekedar simbolis kebhinnekaan dan persatuan semata. Ritual Kendi Nusantara merupakan wujud ikrar setia dari segenap bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke terhadap keputusan atas pemindahan ibu kota Republik Indonesia.
Sebagai contoh pada konteks sejarah Islam misalnya, yang mana ketika Rasulullah Muhammad SAW ingin menyebarluaskan Islam dengan melakukan hijrah, maka terdapat sekumpulan orang dari Yatsrib yang menemui Nabi Muhammad dan beberapa orang yang telah terlebih dahulu memeluk Islam dari Mekkah di suatu tempat bernama Aqabah secara sembunyi-sembunyi.Â
Setelah menganut Islam, mereka lalu bersumpah setia untuk melindungi para pemeluk Islam dan Muhammad dari kekejaman penduduk Mekkah. Hingga akhirnya, umat Islam yang ada di Mekkah melakukan hijrah ke Yatsrib pada tahun berikutnya dan membentuk pemerintahan baru berlandaskan Islam di Yatsrib yang diubah namanya menjadi Madinatun Nabi atau lebih dikenal dengan nama Madinah.Â
Pada perkembangannya, Islam berkembang pesat sehingga berbagai suku di Jazirah Arab memeluk Islam dan menyatakan setia kepada pemerintahan Islam. Suku-suku dari berbagai wilayah di Jazirah Arab tersebut berbondong-bondong ke Madinah mengucapkan ikrar mereka kepada Islam, yang diabadikan dalam Surah An-Nashr (Qur'an Surah ke-110) ayat 2.
Pada konteks Ritual Kendi Nusantara tersebut, tanah dan air merupakan simbol kearifan lokal dari masing-masing wilayah yang mempunyai beragam latar belakang (baik itu unsur, filosofi daerah masing-masing ataupun latar belakang pemilihan lokasi tanah dan air di wilayah tersebut) untuk dipersatukan dalam satu kendi, yang bermakna satu bingkai Republik Indonesia yang beribukotakan di Nusantara. Namun lebih dari itu, ritual ini merupakan wujud ikrar setia dari berbagai wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke terhadap keputusan besar terkait pemindahan ibu kota Republik Indonesia.Â
Dengan ikrar tersebut, berarti mereka siap mendukung dengan sumber daya yang ia miliki (yang disimbolkan dengan tanah dan air tersebut) untuk turut membangun IKN. Bahkan ini berarti juga tidak ada lagi perdebatan pro atau kontra terkait pemindahan ibu kota di kalangan masyarakat wilayah masing-masing, termasuk halnya di ibu kota sebelumnya -- Jakarta.Â
Hal yang menarik pada ritual tersebut, DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang menuangkan tanah dan air ke Kendi Nusantara. Dapat dikatakan bahwa Jakarta secara simbolik menyatakan menerima keputusan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.
Lebih dari itu juga, Ritual Kendi Nusantara juga  merupakan penegasan kembali dari Sumpah Pemuda 1928 untuk tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia. Penegasan untuk kembali bersatu dalam bingkai NKRI setelah sempat terpecah akibat Pemilihan Umum, namun perlahan dirajut kembali melalui kebersamaan menghadapi pandemi COVID-19.
Harapannya, semoga kebersatuan segenap bangsa Indonesia yang disimbolkan dengan Ritual Kendi Nusantara tersebut dapat mengukuhkan semangat kita untuk menuju Indonesia Maju, yang salah satu implementasinya melalui pemindahan ibu kota yang berbasis Smart City.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H