Mohon tunggu...
M Fikri Alhabib (107)
M Fikri Alhabib (107) Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Saya memiliki hobi berolahraga seperti main voli, badminton, dan renang. Untuk keahlian saya memiliki keahlian desain grafis.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Integrasi Filsafat Dakwah dalam Kurikulum Pendidikan Islam: Membangun Generasi Berakhlak Mulia dan Berpengetahuan Luas

11 Desember 2024   22:07 Diperbarui: 11 Desember 2024   22:07 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

    Pendidikan adalah salah satu pilar utama dalam pembentukan karakter dan pola pikir manusia. Dalam konteks Islam, pendidikan memiliki tujuan yang lebih luas, yaitu menciptakan individu yang seimbang antara aspek spiritual, intelektual, dan sosial. Di sinilah filsafat dakwah memegang peran penting. Filsafat dakwah tidak hanya menekankan penyebaran ajaran Islam, tetapi juga integrasinya ke dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan.

A. Integrasi Filsafat Dakwah dalam Kurikulum pendidikan Islam

     Integrasi filsafat dakwah dalam kurikulum pendidikan Islam bertujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai Islam ke dalam mata pelajaran dan metode pengajaran. Hal ini memungkinkan siswa memahami dan menerapkan ajaran Islam dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial mereka.

Sebagai contoh, dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), nilai-nilai Islam dapat diintegrasikan untuk membantu siswa memahami isu-isu sosial dari perspektif keislaman. Dengan pendekatan ini, pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Islam.

a. Metode Integrasi Filsafat Dakwah dalam Pembelajaran

1. Pembelajaran Berbasis Nilai

Metode ini menekankan pengembangan nilai-nilai moral, seperti akhlak, kejujuran, dan kepedulian sosial. Guru dapat mengaitkan pembelajaran dengan kisah-kisah dalam Al-Qur'an untuk menunjukkan relevansi nilai-nilai ini dalam kehidupan.

2. Diskusi dan Dialog

Melalui diskusi, siswa dapat mengemukakan pendapat tentang isu-isu dakwah, seperti toleransi antaragama atau tantangan dakwah modern. Hal ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami isu secara mendalam.

3. Metode Proyek

Siswa dapat dilibatkan dalam kegiatan nyata seperti kampanye kebersihan lingkungan atau program pengabdian masyarakat. Proyek ini tidak hanya mengajarkan keterampilan organisasi tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

4. Metode Refleksi

Refleksi mendorong siswa untuk merenungkan pengalaman belajar mereka. Misalnya, setelah belajar tentang etika bisnis dalam Islam, siswa dapat menulis jurnal tentang bagaimana mereka akan menerapkan prinsip-prinsip tersebut di masa depan.

5. Pendekatan Interdisipliner

Ilmu agama dan ilmu umum dapat diintegrasikan dalam pembelajaran, seperti mempelajari lingkungan dari perspektif ilmiah sekaligus memahami tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi menurut ajaran Islam.

6. Pembelajaran Berbasis Masalah

Siswa dihadapkan pada masalah nyata yang menuntut mereka mencari solusi berdasarkan nilai-nilai dakwah, seperti strategi membangun dialog antaragama untuk menciptakan harmoni sosial.

B. Peran Dakwah dalam Pembentukan Kurikulum dan Metodologi Pengajaran

     Dakwah memiliki peran strategis dalam membentuk kurikulum dan metodologi pengajaran. Kurikulum berbasis dakwah dirancang untuk menciptakan manusia yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan, keterampilan, dan akhlak mulia.

a. peran Dakwah dalam Kurikulum

1. Pembentukan Nilai Dasar

Dakwah menyisipkan nilai-nilai keislaman seperti keadilan, kejujuran, dan akhlak dalam setiap aspek kurikulum.

2. Integrasi Ilmu Agama dan Umum

Dakwah mendorong pengintegrasian ilmu duniawi dan ukhrawi agar pendidikan mencakup kebahagiaan dunia dan akhirat.

3. Tujuan Pendidikan

Kurikulum berbasis dakwah bertujuan membentuk individu yang seimbang antara spiritual, intelektual, dan sosial.

b. Metodologi Pengajaran Berbasis Dakwah

1. Metode Persuasif

Pendekatan lembut yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam berdakwah.

2. Metode Dialogis

Mendorong diskusi interaktif yang melibatkan siswa secara aktif.

3. Metode Keteladanan

Guru menjadi figur sentral yang mencerminkan nilai-nilai Islam, sesuai ajaran Al-Ghazali.

Kesimpulan

    Integrasi filsafat dakwah dalam kurikulum pendidikan Islam adalah langkah strategis untuk menciptakan generasi yang unggul secara spiritual, intelektual, dan sosial. Dakwah tidak hanya menjadi sarana penyampaian ajaran agama tetapi juga berfungsi sebagai pembentuk nilai-nilai dasar dalam sistem pendidikan.

Dengan pendekatan yang mengharmoniskan ilmu agama dan umum, serta metodologi pengajaran yang efektif seperti persuasif, dialogis, dan keteladanan, pendidikan Islam mampu mencetak individu yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki karakter berakhlak mulia dan bertanggung jawab sosial. Integrasi ini memastikan bahwa siswa mampu mengamalkan ajaran Islam dalam setiap aspek kehidupan mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun