Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

20 Alasan Vario 150 Sempurna Dimiliki Keluarga

5 Mei 2016   22:56 Diperbarui: 4 April 2017   18:13 3370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Duo Vario 150 dan 125 eSP (dok.pri)

Saat tahun 2008, saya masih belum familiar dengan motor matic. Saat it uterus terang saya belum banyak mengetahui keunggulan motor matic selain lebih mudah dalam mengendarainya karena hanya mengandalkan gas dan rem saja. Hingga akhirnya pada saat itu saya masih memilih motor bebek untuk transportasi sehari-hari.

Namun, lambat laut teknologi motor matic semakin canggih dan unggul. Dulu saya termasuk orang yang kurang suka dengan motor matic karena alasan boros. Tetapi setelah muncul teknologi Honda PGM-FI anggapan saya ternyata salah. Motor matic yang dulunya dianggap boros kini justru bisa bersaing dengan motor bebek yang lebih irit. Konsumsi bahan bakar motor matic jauh lebih efisien setelah teknologi PGM-FI diterapkan.

Lambat laun dominasi motor matic di jalan semakin terlihat. Salah satunya adalah para pengguna motor matic Honda Vario 125 eSP. Saat itu saya sudah tertarik dengan versi terbaru Vario 125 eSP. Pasalnya selain tampangnya yang futuristik dengan sudut-sudut lancip, konsumsi bahan bakar juga jauh lebih irit lagi karena teknologi eSP yang bisa memberikan efisensi lebih pada mesin motor. Powerpun semakin terasa apalagi ditambah juga semakin ramah lingkungan.

Kata Mereka Tentang Vario 150 Sempurna

img-20160505-090343-572b68152e97738509976cee.jpg
img-20160505-090343-572b68152e97738509976cee.jpg
Vario 150 Sempurna (dok.pri)

Saya jadi ingat salah satu kepala sekolah saya dulu adalah orang yang pertama membeli motor Vario 150 eSP dengan warna mototone black dof. Boleh dibilang hampir setiap hari jadi primadona di tempat parkir sekolah. Ya alasannya karena baru itu satu-satunya motor Vario 150 eSP yang nangkring di Sekolah.

Nama beliau adalah bapak Sunardiono. Peraih penghargaan pendidik terbaik tahun 2015 versi Kementerian Pemberdayaan Manusia ini ternyata punya alasan mengapa memilih Vario 150 eSP sebagai pengganti Honda Beatnya yang kini digunakan oleh istrinya.

Beliau memang membutuhkan motor dengan kapasitas cc yang lebih besar. Saat dihubungi via BBM beliau menjawab bahwa Vario 150 eSP ini memiliki cc besar namun tetap irit bahan bakar. Setelah dites, rasio normal yang beliau rasakan kira-kira perbandingannya 1 liter untuk 45 kilometer. Tentu ini akan sangat bergantung pada gaya pengendara pengemudi juga.

img-20160505-092323-572b683aae7a614309998be0.jpg
img-20160505-092323-572b683aae7a614309998be0.jpg
Vario 150 eSP (dok.pri)

Selain itu alasan lainnya adalah desain Vario 150 eSP sangat aerodinamis sehingga memudahkan untuk berakselerasi dan bermanuver dalam kecepatan tinggi. Ditambah lagi dalam kecepatan tinggi, Vario 150 eSP ini dirasa sangat stabil dan tidak goyang. Salah satu yang paling dirasakan adalah ketika berada di atas jembatan. Meskipun ada angin dari samping, Vario 150 eSP tetap melaju dengan stabil dan tetap nyaman dikendarai.

Beliau mengakui puas dengan performa dan akselerasi Vario 150 eSP baik dalam putaran rendah maupun dalam putaran tinggi. Dan beliau sangat terbantu dengan fitur Idling Stop terutama saat macet dan berhenti di lampu merah. Dengan fitur Idling Stop ini, konsumsi bahan bakar Vario 150 eSP dirasa menjadi lebih efisien dan semakin irit.

Bukan tanpa alasan Kepala Sekolah terbaik Nasional ini memilih Vario 150 eSP sebagai kendaraan hariannya ke kantor. Beliau termasuk orang yang sangat teliti dan hati-hati dalam memutuskan masalah. Tak heran jika pilihannya menggunakan Vario 150 eSP sudah benar-benar matang berdasarkan riset dan gayanya dalam mempelajari sesuatu hal baru sebelum benar-benar digunakan sendiri.

Keluarga Pengguna Vario 150 eSP

Tak berbeda jauh dengan pak Sunar, begitu juga dengan pengakuan paman ipar saya Hedy Haryanto, seorang wiraswasta yang menjatuhkan pilihannya pada Vario 150 eSP sebagai pengganti Honda Supra X 125-nya yang dilegonya 9 bulan yang lalu. Alasan menjatuhkan pilihan pada Vario 150 eSP didasarkan pada desainnya yang futuristik, akselerasi yang agresif dan fitur-fiturnya yang canggih.

img-20160505-090351-572b67a8729373530b0d52d3.jpg
img-20160505-090351-572b67a8729373530b0d52d3.jpg
Vario 150 Sempurna dan Vario 125 esp (dok.pri)

Teknologi yang juga dipertimbangkan Hedy adalah Idling Stop-nya yang membuat bahan bakar semakin irit. Selain itu alasan lain juga ia mengungkapkan sudah lama jatuh cinta dengan Vario 150 eSP saat pertama kali mencoba. Handlingnya enak, mudah, stabil dan gesit. Untuk motor matic yang pernah dirasakannya hanya Vario yang benar-benar enak untuk harian.

Fitur Combi Brake juga tak luput dikomentari Hedy. Pasalnya masih banyak pengguna motor matic yang terlalu sering menggunakan rem depan saja. Hal ini tentu sangat membahayakan. Saat melakukan pengereman jika salah satu bagian roda saja yang melakukan pengereman, motor cenderung akan selip. Akibatnya akan membahayakan pengendara juga.

Dengan menggunakan fitur Combi Brake, hanya dengan menarik tuas sebelah kiri, rem depan dan rem belakang berfungsi otomatis dalam waktu yang bersamaan. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal Hedy menyarankan untuk menggunakan dua tuas sekaligus dalam setiap pengereman. Jarak pengereman juga harus dijaga agar tidak mengalami tabrak belakang. Vario 150 eSP sempurna melakukan pengereman dengan fitur Combi Brake yang dimiliki oleh Honda.

Untuk membuat Vario 150 eSP lebih bertenaga dan irit, Hedy menyarankan untuk menggunakan bensin tanpa timbal misalnya sepeti Pertalite, Pertamax atau juga Pertamax Plus. Selain membuat tenaga motor Vario 150 eSP lebih terasa, juga akan membuat mesin lebih bersih.

Hedy mengakui teknologi Injection PGM-FI Vario 150 eSP membuat kantong semakin hemat. Dengan 30 ribu saja, bisa digunakan selama 3 sampai dengan 4 hari untuk harian mengantar dan menjemput anak ke sekolah.

Hedy sangat mengapresiasi handling Vario 150 eSP terbaik dikelasnya. Terutama saat kecepatan tinggi handling Vario sangat terasa mudah.

Ibu Rumah Tangga pun Menyukainya

Tak berbeda dengan Hedy, istrinya juga Surlaeni, sangat menyukai tenaga Vario 150 eSP. Saat tanjakan tidak perlu khawatir lagi meskipun tanjakan curam. Makin yakin dengan Vario 150 eSP untuk menaklukkan tanjakan. Apalagi dengan menggunakan Vario 150 eSP semakin percaya diri untuk menyalip.

Ibu dua anak ini juga sangat menyukai warna dan bentuknya. Ia dan keluarga sengaja memilih Vario 150 eSP yang berwarna hitam dof. Sebagai ibu rumah tangga, ia sangat dimudahkan dengan kompartemen Vario 150 eSP. Barang belanjaan bisa digantung atau juga bisa dimasukkan ke bagasi Vario 150 eSP.

Dari testimoni-testimoni pengguna memang tidak diragukan lagi Vario 150 Sempurna melayani keluarga Indonesia. Untuk lebih jelasnya apa sebenarnya teknologi yang diusung oleh Honda 150 Sempurna? Yuk kita kupas satu persatu dengan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami orang awam sekalipun.

Hemat Bahan Bakar, Performa Tinggi dan Lebih Ramah Lingkungan   


Teknologi Honda Vario 150 Sempurna

img-20160410-130559-572b6878717a61cf0ff811b1.jpg
img-20160410-130559-572b6878717a61cf0ff811b1.jpg
Headlamp Vario 150 Sempurna (dok.pri)

Teknlogi eSP

img-20160410-130649-572b69af2e9773ac09976ce2.jpg
img-20160410-130649-572b69af2e9773ac09976ce2.jpg
eSP makin bertenaga, irit dan ramah lingkungan (dok.pri)

Salah satu keunggulan Vario 150 eSP ini adalah teknologi eSP yang merupakan singkatan dari “Enhanced Smart Power”. Bagaimana sih cara memahaminya secara sederhana teknologi Honda ini?

Caranya sebetulnya gampang saja. Proses pembakaran di mesin itu ada yang terbakar sempurna ada juga yang terbuang. Nah, dengan teknologi eSP inilah sisa pembakaran yang belum sempurna ini dikurangi agar tenaga yang dihasilkan lebih besar dan juga sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar. Mudah bukan memahaminya?

PGM-FI

img-20160410-130610-572b6988729373610b0d52ec.jpg
img-20160410-130610-572b6988729373610b0d52ec.jpg
PGM-FI, injeksi Honda. Emblemnya aja banyak dicuri. Hati-hati yah (dok.pri)

Teknologi inilah yang membuat Vario 150 eSP semakin irit namut tetap gesit. Teknologi injeksi Honda ini yang membuat efisiensi konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Inilah mengapa sekarang motot matic juga bisa semakin irit karena teknologi PGM-FI Honda. Teknologi ini menggantikan teknologi karburator. Dengan PGM-FI semprotan suplai bahan bakar diatur secara otomatis sesuai dengan bukaan gas. Jadi lebih efisien karena disesuaikan dengan kebutuhan.

Jangan khawatir soal perawatan. Soalnya dengan teknologi injeksi PGM-FI ini perawatan motor Honda jauh lebih mudah. Terkadang jika sudah waktunya service pun motor masih enak digunakan. Namun demi perawatan sebaiknya dilakukan service secara berkala. Tak perlu khawatir karena montir Honda sudah berpengalaman dan terlatih dan detraining secara khusus untuk menangani motor dengan teknologi injeksi. Tidak sembarangan bengkel pinggir jalan bisa. Karena ini membutuhkan penanganan khusus. Jadi jangan sampai jatuh pada tangan yang salah soal urusan service injeksi PGM-FI.

ISS

img-20160410-130747-572b696db69373d10e06997f.jpg
img-20160410-130747-572b696db69373d10e06997f.jpg
ISS bikin irit bahan bakar (dok.pri)

Inilah salah satu kesatuan dari teknologi eSP. Dengan Idling Stop System, motor secara otomatis akan mati. Fitur ISS ini sangat cocok untuk berkendara di tengah kemacetan yang luar biasa. Apalgi dengan melewati banyak persimpangan jalan dan juga perlintasan kereta api. Kita tidak perlu repot mematikan motor dan menghidupkan kembali. Dengan teknologi ISS ini motor akan mati secara otomatis dan hidup kembali secara otomatis setelah tuas ditarik sedikit saja. Jadi tidak repot dan gas buang menjadi berkurang dengan teknologi ISS ini.

ACG

img-20160410-130837-572b69e42e9773820b976c7e.jpg
img-20160410-130837-572b69e42e9773820b976c7e.jpg
Gak ada lagi suara mesin air rusak dengan ACG (dok.pri)

Pernah merasakan stater motor seperti suara mesin air rusak? Nah, itu sudah teknologi lama. Dengan teknologi baru ACG atau Alternating Current Generator membuat suara stater jadi lebih halus hampir tak terdengar. Selain membantu menghilangkan suara kasar saat stater, ACG juga memiliki fungsi lain seperti membantu efisiensi konsumsi bahan bakar. Ia juga berperan untuk mengatur arus aki secara otomatis. Bye-bye suara mesin air rusak…

Combi Brake System

img-20160410-130552-572b69502e9773d209976cfd.jpg
img-20160410-130552-572b69502e9773d209976cfd.jpg
Tarik satu tuas untuk dua roda (dok.pri)

Pengereman Vario 150 Sempurna ditunjang dengan Combi Brake System. Dengan CBS, kita bisa melakukan pengereman dengan satu tuas saja. Secara otomatis kedua roda akan melakukan pengereman meski hanya dengan satu tuas. Pengereman dengan dua roda sekaligus akan lebih maksimal dan mengigit. Hal ini juga seperti telah dijelaskan pengguna akan menghindari dari selip ban. Namun akan lebih baik dalam praktiknya tetap menarik kedua tuas rem dengan sempurna terutama dalam kondisi kecepatan tinggi.

Cara paling aman adalah menjaga jarak dengan motor yang ada didepannya. Tabrak belakang ini sudah sering terjadi terutama dalam kondisi macet. Paling aman jarak yang disarankan adalah hitungan tiga detik. Sementara dalam kondisi macet, atur dengan baik agar tidak terjadi tabrak belakang.

Answer Back System

img-20160410-130805-572b693c2323bdc80e733f2c.jpg
img-20160410-130805-572b693c2323bdc80e733f2c.jpg
Lebih aman (dok.pri)

Fitur Answer Back System ini akan sangat membatu sekali dalam kondisi di tempat parkir yang cukup banyak kendaraan bermotor. Belum lagi jika yang diparkir sama semua Vario 150 eSP. Agar memudahkan mencari, hanya tinggal menekan tombol yang sudah terintegrasi dengan kunci motornya.

Suara Answer Back System ini ternyata bisa di non aktifkan. Caranya dengan cara menekan beberapa detik lebih lama. Jadi, Answer Back System hanya aktif lampu seinnya saja yang menyala ketika diaktifkan. Sedangkan suaranya menjadi silent. Menarik bukan? Dalam kondisi di tempat parkiran gelap seperti di area parkir Stasiun KRL, menemukan motor bak mencari jarum dalam jerami. Karena terkadang motor kita dipindah untuk mengatur ruang yang lebih lega. Semua akan terbantu dengan teknologi Answer Back System ini.

Saya sendiri kerap mengalaminya ketika berada di Stasiun Rawa Buntu. Saat pagi teutama sudah tidak ingat lagi harus parkir dimana demi mengejar jadwal KRL. Biasanya motor saya parkir begitu saja di lorong. Nantinya petugas akan membereskan. Nah, kadang malam harinya menjadi pekerjaan rumah karena harus mencari-cari dimana gerangan sang petugas memarkirkan kendaraan. Tak berbeda jauh saat parkir liar di sekitar Mall Gandaria City. Kerap kali motor kita dipindah dan harus mencari lagi saat akan pulang.

Secure Key Shutter

img-20160410-130815-572b69ff07b0bd1608884301.jpg
img-20160410-130815-572b69ff07b0bd1608884301.jpg
Aman dan simple (dok.pri)

Honda Vario 150 eSP tetap menerapkan keamanan dengan Secure Key Shutter. Magnetpun tidak sama antara motor yang sejenis. Jadi, tidak perlu risau bisa dibobol. Yang menarik shutter akan tertutup secara otomatis saat kunci ditarik. Jadi tidak perlu repot lagi menutup kembali lubang kuncinya.

Seat Opener

Cara membuka bagasi semakin mudah dengan seat opener yang terintegrasi di lubang kunci. Hanya dengan menekan tuas, kursi akan terbuka untuk mengkases bagi dan tangki bensin. Tidak direpotkan untuk menekan-menekan kunci yang kerap menghabiskan waktu. Tuas seat opener ini benar-benar membuat siapapun bisa membuka bagasi Vario 150 eSP Sempurna.

Side Stand Switch

img-20160505-092311-572b6a1e8623bdf41044eb7b.jpg
img-20160505-092311-572b6a1e8623bdf41044eb7b.jpg
Demi keselamatan, standar satu mesin langsung mati (dok.pri)

Salah satu fungsi keselamatan dan keamanan adalah side stand switch. Hal ini mencegah anak-anak menarik tuas gas saat motor diparkir. Seketika standar diturunkan mesin langsung mati. Mungkin agak repot namun demi keselamatan side stand switch ini sangat membantu keselamatan pengendara.

AHO

img-20160410-130559-572b6a41b69373a00e069985.jpg
img-20160410-130559-572b6a41b69373a00e069985.jpg
Otomatis hidup saat mesin dinyalakan (dok.pri)

Fungsi ini mungkin awalnya banyak ditentang. Namun demi keselamatan pengendara standar ini memang perlu ditekankan. Automatic Headlight On merupakan produk undang-undang yang harus didukung.

Fungsi AHO agar pengendara tidak perlu repot lagi mematikan dan menyalakan lampu besar. Seketika mesin dinyalakan, lampu besar otomatis akan hidup baik siang maupun malam. Dengan AHO, pengendara lawan bisa mengidentifikasi keberadaan kita. Terutama mobil.

AHO membuat nyaman dan pengendara lawan bisa mengenali pergerakan motor Vario 150 eSP. Salah satu cara merawat lampu dengan baik adalah dengan menggunakan cairan pembersih seperti shampoo sehingga sinar lampu tidak terganggu.

Parking Brake Lock System

img-20160505-092317-572b6a627293735b0a0d533d.jpg
img-20160505-092317-572b6a627293735b0a0d533d.jpg
Gak perlu takut melorot atau merosot (dok.pri)

Kontur jalan tidak bisa diperdiksi, terkadan ada yang datar ada juga yang menurun. Saat berkendara bisa saja terjadi kemacetan di tanjakan atau turunan. PBLS ini lah yang akan membantu melakukan pengereman dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu Parking Brake Lock System sangat bermanfaat terutama ketika parkir di kondisi jalan yang menurun. Jadi tidak perlu repot lagi mencari batu untuk mengganjal Vario 150 Sempurna.


Desain Honda Vario 150 Sempurna

Warna Monotone

img-20160410-130629-572b6a83f496735f0577fa40.jpg
img-20160410-130629-572b6a83f496735f0577fa40.jpg
monotone dan sederhana (dok.pri)

Awalnya agak mengejutkan karena langkah Honda bertolak belakangan dengan trend motor saat ini. Namun diluar dugaan warna monotone dan plain ternyata mendapat sambutan yang positif. Banyak yang suka dengan warna dof Vario 150 eSP. Terutama warna hitam. Mungkin karena warna putih sudah terlalu mendominasi.

Selain warna hitam (Exlusive Black Metallic), Vario 150 eSP juga memiliki varian warna lain seperti Exlusive Matte Black, Exlusive Matte Blue, Exlusive Matte Brown, dan Exlusive Pearl White.

Emblem Honda

img-20160410-130543-572b6a98717a61830ef81209.jpg
img-20160410-130543-572b6a98717a61830ef81209.jpg
makin istimewa (dok.pri)

Salah satu yang membuat desainnya semakin mewah dan eklusive adalah emblem timbul Vario 150 eSP Inilah salah satu yang membuat Vario 150 berkarakter sempurna dari emblemnya saja.

Head Lamp Futuristik

Boleh dibilang Head Lamp Vario 150 eSP sangat berkarakter. Istilahnya cowok banget dan macho! Ini yang membuat saya kepincut dengan Vario 150 eSP setelah melihat headlampnya. Ibarat sebuah cinta pasti berawal dari mata. Begitu juga dengan kecintaan pada Vario berawal dari Headlampnya yang menggoda.

img-20160505-092343-572b6ab57293738f0b0d52d0.jpg
img-20160505-092343-572b6ab57293738f0b0d52d0.jpg
Berkarakter (dok.pri)

Headlamp Vario terbaru memang lebih berkarakter dibandingkan Vario sebelumnya. Dengan menggunakan lampu LED membuat konsumsi aki lebih efisien. Dan tidak perlu khawatir meleleh karena kualitas mika Headlamp Vario 150 eSP sudah diuji dan tahan panas.

Proses pembagian antara lampu pendek, lampu panjang dan lampu sein pun begitu sempurna dipehatikan. Lampu panjang diposisikan berdempetan di tengah, sedikit bergeser kesamping lampu pendek, dan diatasnya lampu sein semkin membuat tampilan tajam dan berciri khas. Udah pasti saat gelap pun kelihatan bahwa ini lampu Vario 150 Sempurna.

Spedometer

img-20160410-130707-572b6ac5a623bda605507e0b.jpg
img-20160410-130707-572b6ac5a623bda605507e0b.jpg
Mudah dibaca (dok.pri)

Panel speedometer cukup futuristic namun tetap mudah dibaca dan dipahami. Dengan menggunakan pengukuran bensin digital, fungsi Injeksi dan ISS sangat mudah terbaca dan lampu yang membantu penglihatan baik saat malam maupun saat siang. Tidak menyilaukan mata dan mudah untuk diindentifikasi.

Kompartemen Depan

img-20160505-092328-572b6ade2e9773580a976cc2.jpg
img-20160505-092328-572b6ade2e9773580a976cc2.jpg
Simpen apa aja disini (dok.pri)

Kompartemen motor matic memang sangat membantu keseharian pengendara. Bisa untuk menyimpan botol air minum dan juga terkadang ibu-ibu menyimpan dompet di kompartemen depan. Sebaiknya sih tidak disarankan menyimpan dompet di kompartemen.

Laci sebelah kanan memang lebih kecil dibandingkan yang sebelah kiri. Laci sebelah kiri bisa memuat botol minum dan power bank sekaligus seperti yang digunakan oleh para ojek online. Sedangkan laci sebelah kiri bisa memuat uang receh, sarung tangan atau sapu tangan dengan barang-barang yang lebih ringan dan kecil.

Bagasi Motor 18 Liter

Untuk urusan bagasi cukup untuk memuat helm half face maupun helm full face. Saya sendiri terkadang bisa memuatnya dengan sedikti mensiasati helm half face dengan jas hujan.

Bagasi motor ini memang sudah merupakan kebutuhan. Terutama saat hujan. Saya kerap dibantu dengan adanya bagasi yang luas ini. Sehingga saya bisa menyimpan sandal jepit dan jas hujan sekaligus. Saat hujan tiba, saya tinggal mengeluarkan jas hujan dan sandal, kemudian memasukkan sepatu dan tas pinggang di bagasi agar tidak basah.

Saat berbelaja, bagasi ini juga berfungsi untuk memuat belanjaan yang tidak cukup di gantung. Beberapa masih bisa dibagi-bagi. Sangat dimudahkan sekali dengan adanya bagasi luas Vario 150 eSP.

Mangkok Bensin

Pernah mengalami bensin luber saat meminta diisi penuh? Nah, tumpahan bensinya tidak perlu repot di lap-lap lagi, karena lubang bensin sudah dilengkapi dengan mangkok bensin. Jadi saat bensin luber, mangkok inilah yang menjaga agar bensin tidak mengenai besi atau kabel-kabel lainnya. Lebih aman dan lebih bersih.

Pijakan Kaki

img-20160423-194238-572b68ef07b0bde9088842cf.jpg
img-20160423-194238-572b68ef07b0bde9088842cf.jpg
Muat dua gallon besar (dok.pri)

Setiap seminggu sekali saya punya tugas untuk membeli air mineral gallon. Nah, dengan menggunakan Vario, saya merasa tebantu karena tidak perlu bolak balik mengambil air isi ulang air mineral. Hanya dengan sekali berangkat saya bisa membawa dua buah botol gallon di sisi kiri dan sisi kanan.

Untuk jarak jauh sangat tidak disaranakan karena menganggu pijakan kaki, namun bagi saya ini sangat membantu terutama ketika harus membeli air isi ulang dan gas.

Ban Tubeless

img-20160505-092335-572b6aff729373f10b0d52b9.jpg
img-20160505-092335-572b6aff729373f10b0d52b9.jpg
Ban tubeless lebih aman (dok.pri)

Salah satu value lebih ketika pertama membeli Vario 150 adalah ban sudah menggunakan ban tubeless yang lebih aman dari paku. Dengan ban tubeless, kebocoran tidak sekaligus jadi ada jeda untuk mencari tambal ban. Sangat membantu sekali terutama di tempat-tempat yang jauh dari tambal ban. Tidak perlu repot mendorong ke tambal ban. Motor akan lebih ringan lagi jika ban tubeless diiisi dengan nitrogen. Handling Vario semakin mantap dan enteng.

Kesimpulan

Keunggulan Vario 150 eSP sudah tidak diragukan lagi. Dari segi akselerasi mesin 150 eSP sudah pasti bisa digunakan untuk jarak jaruh dan touring sekalipun. Meski dengan menggunakan cc yang lebih besar ternyata masih cukup irit den efisien dalam penggunaan bahan bakar. Fitur dan kecanggihan teknologi semakin membuat Vario 150 Sempurna. Layak mendapatkan identitas motor yang high performance, eco friendly dan efficient.

Price List bisa dicek disini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun