Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Dua Kali Harus Mengulang Mata Kuliah Bahasa Indonesia

25 September 2012   10:47 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:44 952
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kalau MURI mau mencatat mungkin saya lah yang pertama kali tercatat sebagai mahasiswa yang mengulang mata kuliah Bahasa Indonesia sebanyak dua kali. Jurusan saya memang Bahasa Inggris, tapi bukan berarti saya tidak suka Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata di rapor sejak SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia saya cukup baik. Meskipun tidak istimewa tapi tetap saya menyukai Bahasa Indonesia karena saya dibimbing oleh guru Bahasa Indonesia yang menyenangkan.

Lalu keadaan itu berbalik 180 derajat. Dosen saya tidak memberikan pengajaran yang menarik. Beliau bahkan sempat-sempatnya merokok di kelas sambil mengajar. Tapi, belakangan ini kabarnya beliau tidak pernah melakukannya lagi. Alhamdulillah.

Saya merasa heran mengapa di semester pertama saya mendapatkan nilai E untuk mata kuliah Bahasa Indonesia. Kemudian pada saat semester pendek saya mengulang mata kuliah Bahasa Indonesia. Lagi-lagi saya mendapatkan nilai yang tidak memuaskan alias D. Huh, kesal juga dibuatnya.

Akhirnya saya belajar keras dan berjanji mendapatkan nilai A untuk mengulang pada tahun berikutnya meskipun harus bergabung dengan adik-adik kelas lainnya. Stigma mahasiswa mengulang itu sudah pasti buruk. Tapi saya tidak peduli dengan stigma demikian.

Suatu saat ternyata saya mengetahui apa sebabnya saya selalu mengulang. Itupun setelah teman saya berbaik hati setelah saya curhat padanya. Usut punya usut ternyata sang Dosen meWAJIBkan mahasiswanya untuk membeli buku yang dijadikan "kitab sucinya".

Nah saya termasuk yang membandel karena saya memiliki buku pegangan lain yang bukan disarankan pak Dosen. Karena hampir putus asa akhirnya saya membeli juga buku yang dijadikan rujukan. Wah ternyata ajaib. Akhirnya saya mendapatkan nilai B. Dan rasanya memang sudah tidak mungkin mendapatkan A karena saya sudah mengulang dua kali.

Kejadian ini ternyata berulang setiap tahun. Beberapa mahasiswa yang tidak lulus hampir dipastikan tidak memiliki buku rujukan sang dosen.

Dari pengalaman tersebut saya belajar bahwa mengajarkan dan membuat orang lain cinta pada Bahasa Indonesia itu memang tidak mudah. Faktornya bisa bermacam-macam. Untuk kasus saya mungkin faktor eksternal yang menyebabkan kecintaan daya terhadap Bahasa Indonesia sedikit demi sedikit menjadi pudar.

Namun, kepercayaan diri dan kecintaan yang ditanamkan guru saya ketika SMP membuat saya pantang menyerah. Apalagi saya pernah mendapatkan sebuah hadiah karena mengirimkan sebuah opini di salah satu majalah remaja pada saat saya SMA. Dari situlah kecintaan saya terhadap Bahasa Indonesia mulai terpupuk.

Pelajaran kedua, saya berterimakasih pada dosen saya karena saya jadi lebih mahir berbahasa Indonesia dibandingkan teman-teman saya yang hanya butuh sekali mengikuti perkuliahan. Konsistensi dan keteguhan tersebut mengajarkan saya banyak hal. Saya jadi banyak membaca dan menganalisa beberapa kesalahan ketika membaca artikel/berita/reportase di televisi.

Saya masih ingat betapa masih banyaknya pejabat yang mengucapkan agar supaya dan adalah merupakan berkali-kali setiap wawancara. Oleh-oleh itulah yang menjadi kenang-kenangan mengapa sampai saat inisaya merasa lebih nyaman berbahasa Indonesia. Kesan belajar Bahasa Indonesia yang berliku seperti itu begitu membekas. Maka ketika ada lomba menulis saya selalu berusaha sebaik mungkin menggunakan Bahasa indonesia yang baik dan benar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun