Mohon tunggu...
Dzulfikar
Dzulfikar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator

Blogger dan Content Creator. Member Kompasiana sejak Juni 2010. Aktif menulis di blog bangdzul.com dan vlog https://www.youtube.com/@bangdzul/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kompasianer Rally Wisata Bersama New Nissan March [part2]

13 Juni 2014   06:41 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:57 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setelah mendapatkan kesempatan untuk melakukan test drive atau rally wisata bersama New Nissan March (7/6) ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas dalam artikel ini. Perubahan mayor dilakukan oleh PT. Nissan Motor seolah ingin membuktikan bahwa New Nissan March (selanjutnya di sebut NM) ini merupakah city car dengan kelengkapan fitur yang terbaik di kelasnya. Cukup banyak kompetitor model hatchback di kelasnya, namun,PT. Nissan Motor memberikan value lebih melalui produk anyarnya NM.

28 blogger Kompasiana sangat beruntung karena bisa menjajal NM secara langsung. Kompasianer bergantian mengendarai NM mulai dari Headquarter (HQ) MT. Haryono, Cawang, Jakarta hingga Sentul City, Bogor. Dalam perjalanan setiap blogger diminta untuk memberikan kesan berkendara dengan menggunakan NM melalui jejaring sosial media seperti twitter dan facebook.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="V-shape front grille (dokpri)"][/caption]

Untuk melihat perubahan besar NM mari kita ulas secara lebih lengkap dan mendalam satu persatu. Dimulai dari tampilah eksterior, NM facelift in memiliki perubahan signifikan pada sektor depan. V-shape front grille seolah ingin menunjukkan identitas khas NM sebagai produk global yang diterima di berbagai negara. Lubang udara dengan konsep beehive atau sarang lebah jika diteliti merupakan rumah hewan dengan sirkulasi udara terbaik. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan NM yang memiliki filosofi dekat dengan alam. Desain bumper depan pun mengalami perubahan disusul dengan desain lampu depan yang stylish sehingga terlihat seperti mata tajam nan sporty. Didukung pula dengan housing fog lamp yang elegan menambah cantik tampilan NM.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="desain baru buritan New Nissan March (dokpri)"]

[/caption]

Pada sektor buritan, NM sudah dilengkapi dengan spoiler dinamis dengan lampu LED HMSL sehingga pemakaiannya lebih awet namun cahayanya tetap terang. Lampu belakang pun tak luput dari inovasi Nissan dengan dilengkapi pula oleh lampu LED yang jelas terlihat baik pada siang hari apalagi pada malam hari. Pemilik enteng karena LED minim perawatan dan usia pakainya sangat panjang. Desain bumper belakang pun di sesuaikan dengan tampilan barunya sehingga terlihat lebih cantik.

Pada sektor roda, NM tetap mengusung Velg 15 inchi allow wheel yang dianggap sangat layak dengan kondisi jalan di Indonesia yang variatif. Alasan tersebut bukan tanpa sebab, setelah melaui beberapa pengujian dengan ukuran ban mobil demikian, pemakaian ban dapat lebih awet namun tetap memberikan rasa aman dan nyaman.

David Hicks salah satu perwakilan PT. Nissan Motor mengungkapkan pada para kompasianer bahwa bicara Nissan maka jelas bicara tentang suspensi. Tak pelak New Nissan March di klaim memiliki suspensi yang empuk sehingga memberikan kenyamanan pada penumpangnya. McPherson strut and torsion beam suspension memang memberikan kenyamanan pada pengendara terutama pada jalan bergelombang dari Mampang Prapatan menuju TB.Simatupang.

Masuk pada sektor interior, NM masih memiliki keunggulan dengan roomy cabin, ruang kabin penumpang terasa lebih lega sehingga terhindar dari kejedot karena NM memiliki headroom cukup tinggi. Dengan ruang yang lega, body NM tetap didesain aerodinamis sehingga membantu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Bagasi belakang sanggup menampung hingga lima buah galon air mineral (265 liter). Untuk tipe 1.5 L sudah dilengkapi dengan tutup atas bagasi sehingga jika di tutup seperti rak jika dilihat dari dalam ataupun luar.

Uniknya kursi belakang dapat di lipat sebagian. Dengan komposisi 60 : 40, meskipun membawa barang-barang NM masih bisa ditumpangi oleh satu penumpang di belakang dengan melipat salah satu kursi yang diinginkan saja. So, belanja sapu atau pun tangga mini bukanlah menjadi masalah karena gagang yang panjang.

Nissan Motor memberikan detail secara khusus untuk produk NM. Roda cadangan di bawah bagasi namun masih didalam kabin, di berikan bonus pula tool kit palette. Sehingga kunci-kunci dan dongkrak terlihat lebih rapih dan tidak berantakan.

Untuk pendingin kabin, NM telah dilengkapi dengan AC single blower (4-speed) hingga bisa muncul dari sela-sela dashboard. Hal tersebut tentu saja akan memudahkan untuk menghilangkan embun pada kaca depan. Untuk tipe 1.2 L AC panel masih analog namun secara khusus NM sudah memiliki dual climate control (cooler and heater). Meskipun heaternya akan sangat jarang digunakan di ibukota, namun bisa menjadi optional saat NM dibawa ke pegunungan dengan cuaca yang mengigit.

Fitur automatic climate control hanya tersedia pada tipe 1.2 L XS dan 1.5 L (7 speed). Fitur tersebut secara otomatis akan menyesuaikan suhu kabin dengan suhu luar kabin. Jika di luar panas maka AC otomatis akan mengalirkan udara dingin, sebaliknya jika terdeteksi udara dingin dari luar ruangan, heater otomatis akan berfungsi dengan baik. Panel AC-nya pun sudah dalam bentuk digital sehingga lebih mudah memberikan informasi settingan. Dengan warna amber, HVAC information display menjadikan dashboard kelir hitam piano semakin membuat kesan mewah dan elegan.

Speedometer dan indikator rpm tetap analog, namun sudah dilengkapi dengan MID khas mobil-mobil Nissan masa kini yang memuat berbagai informasi mulai dari fuel level, clock, gear position (AT), trip meter, average fuel consumption, odometer, realtime fuel consumption, dan range remaining to empty.

Sedangkan tipe 1.5 sudah dilengkapi dengan smart MID yang lebih canggih dan personal. Hadirnya fatigue alret akan membuat sopir semakin waspada dengan notifikasi untuk beristirahat. Semua bisa di setting sesuai dengan keinginan pengemudi. Aris HF pernah mengatakan bahwa maksimal seseorang berkendara adalah 3 jam nonstop. Setelah itu pengemudi disarankan untuk beristirahat antara 10-15 menit agar kembali bugar dan berkonsentrasi. Jelas fitur ini akan sangat membantu terutama di saat menjelang arus mudik dan arus balik lebaran bagi mereka yang pulang kampung. Birthday dan wedding anniversary reminder pun membuat suami-suami lebih "lurus" saat berkendara :D

Untuk menemani kemacetan ibukota, NM telah dilengkapi dengan audio deck 2-DIN yang dapat memutar lagu-lagi favorit maupun lagu-lagu kenangan pengendara. Untuk tipe 1.2 L XS dan 1.5 L sudah dilengkapi dengan audio control pada kemudi sehingga tidak ribet untuk mengatur volume atau channel mp3 bahkan radio. Jika saja Nissan berani, NM bisa dijadikan eksperimen mengganti audio 2-DIN dengan tablet Android tipe menengah sebagai pengganti yang sangat masuk akal. Semua akan lebih lengkap jika sudah di tunjang dengan GPS dan Wifi. Lengkap sudah kantor berjalan hehehe. Namun demikian memang harus di tinjau dari segi keselamatannya meskipun harus di ganti dengan tablet. David pun menyarankan untuk tidak memasang mini TV di dashboard karena akan menganggu konsentrasi pengemudi, pungkasnya.

Untuk kunci tipe 1.5 L sudah menggunakan intelligent key dan immobilizer, sama seperti yang dimiliki Nissan Evalia tipe XV sehingga stater tidak perlu menggunakan kunci lagi alias tinggal tekan tombol saja. Untuk tipe 1.2 L XS, kunci sudah terintegrasi dengan remote pembuka dan pengunci pintu. Sedangkan untuk tipe paling rendah 1.2 L di jadikan terpisah.

Tipe terbaru 1.5 L sudah mengusung mesin anyar HR15DE. Akselerasi mesin akan semakin galak jika mencoba tipe manualnya. Sayang saya hanya berkesempatan membejek gas 1.2L AT saja sehingga belum merasakan performa terbaik mesin 1.5 L MT. Sebagian besar kompasianer adalah pengguna mobil manual, sehingga wajar jika mendapat mobil AT akan sedikit kagok karena gas tidak spontan seperti pada transmisi manual. Sebagai masukan, ada baiknya Admin Kompasiana pada kesempatan mendatang mendata kebiasaan para calon peserta test drive dan harapan mereka masing-masing ketika disodorkan pilihan antara kendaraan dengan tipe AT/MT. Hal tersebut jelas akan berpengaruh pada penilaian performa, akselerasi dan torsi mesin NM. Semoga :)

Sebagai city car, NM memiliki radius putar yang lumayan pendek sekitar 4.5 meter. Hal tersebut memudahkan setiap pengemudi untuk melakukan putar balik di jalan-jalan tikus atau jalan sempit ketika menghindari kemacetan ibukota. Sebagai pengemudi visibilitas terasa cukup luas, baik melalui pandangan depan, samping hingga ke belakang. Pengemudi dapat dengan leluasa melakukan parkir di tempat sempit sekalipun. Sensor parkirnya (1.5 L) akan sangat membantu pengemudi untuk memperikirakan jarak mobil dengan hambatan di belakangnya.

Fitur keamanan dan kenyamanan NM sudah dilengkapi dengan dual SRS Air Bags, ABS, EBD dan BA (1.5 L). Dan yang terbaru adalah sudah dilengkapi dengan Vehicle Dynamic System. Inilah fitur andalan NW yang akan membuat berkendara semakin aman dan nyaman.

Cara kerja VDS bisa disaksikan pada tayangan video diatas. Dengan demikian menurut Aris FH. torsi di atur sedemikian rupa pada roda sehingga tidak terjadi selip.

EBD atau dikenal dengan Electronic Brake Distribution semakin membuat mobil menjadi stabil dan mencengkram jalan tanpa takut terguling. Dalam kecepatan tinggi dan berkelok EDB akan bekerja secara maksimal medistribusikan mana roda yang paling membutuhkan cengkraman rem yang paling kuat. Seperti yang terlihat pada video diatas.

Pada standar keamanan di beberapa negara, ABS sudah merupakan syarat standar keselamatan selain Air Bags. Fitur-fitur keselamatan VDS, EBD dan ABS saling berkaitan. Jika semuanya terintegrasi itulah New Nisan March (1.5 L).

Konsumsi bahan bakar yang sebelumnya di singgung memang menjadi PR penting bagi Nissan. Test drive dengan uji irit dapat dilakukan secara transparan baik di jalan tanpa hambatan maupun jalan-jalan di Jakarta yang penuh dengan lampu merah. Hal ini jelas akan memberikan keuntungan untuk NM sebagai pembuktian bahwa NM memanglah produk global yang diterima di berbagai negara yang tingkat kemacetannya tidak se gila Jakarta. Dalam rally wisata dengan berat penumpang yang berbeda, perilaku pengemudi yang berbeda bahkan sempat bergantian, penggunaan AC dengan speed yang berbeda di capai rata-rata konsumsi BBM dari 7 NM dengan tipe yang berbeda antara 9,5 km/l hingga 10 km/l.

Seorang pengguna NM yang berkendara ke Bandung malah mendapatkan efisiensi bahan bakar hingga 16.4 km/l. Tentu hasil memang akan sangat relatif sekali. Maka, saya pribadi merasa Nissan merasa perlu melakukan test drive kembali dengan perhitungan dan kondisi yang sama sehingga membuktikan bahwa efisiensi bahan bakar NM memang irit. Overall, Pekerjaan Rumah tentang  bahan bakar memang menjadi hal utama namun tidak menghilangkan semua fitur dan keunggulan lainnya dari NM. New Nissan March layak menjadi mobil pilihan city car dengan value lebih.

PS. Semua foto adalah dikumentasi pribadi

Tulisan Sebelumnya

Kompasianer Rally Wisata Bersama New Nissan March

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun