[caption id="" align="aligncenter" width="640" caption="dok.pri"][/caption]
Kemarin saya sempat cerita tentang keinginan saya untuk mendapatkan layanan bank yang lebih praktis dan personal. Selain tidak ingin terikat dengan jam kerja kantor ataupun sekolah yang sudah sangat padat, juga bisa dilakukan di tempat tempat publik yang lebih mudah dijangkau. Alasannya sih sederhana, saat weekdays orang tua sudah disibukkan dengan berbagai aktifitas mulai mengantar anak kesekolah hingga berangkat kerja. Jadi, kalau ada bank yang buka sampai weekend selain memudahkan untuk bertransaksi, sekaligus bisa mengajarkan pada anak anak bagaimana tahapan tahapan membuka rekening hingga melakukan setoran atau bahkan belajar cara transfer dana ke rekening lainnya.
Eh...ternyata sekarang salah satu bank swasta terbesar di Indonesia sudah memiliki terobosan untuk menjawab itu semua. Salah satunya adalah layanan buka Tahapan Xpresi melalui video banking di myBCA. Jadi ngebayangin skype-an sama customer service cantik deh. Weekend lalu saya langsung aja mencobanya karena penasaran dengan fasilitas yang diberikan.
[caption id="" align="aligncenter" width="334" caption="dok.pri"]
Kebetulan saat ini layanan myBCA tersebut baru ada di dua Mall besar di Indonesia. Selain di Gandaria City Mall Jakarta juga ada di Ciputra World Surabaya. Nah saya mencobanya di Gancit yang relatif udah jadi tempat tongkrongan anak muda dan keluarga.
Karena lokasinya berada di Mall semua layanan dilakukan secara self service termasuk membuka tabungan baru. Nah bingung kan gimana caranya?
Oke, awalnya saya juga gak ngerti langkah langkahnya, akhirnya saya diminta masuk ke sebuah booth yang isinya mesin, seperti sebuah komputer canggih. Waktu nanya jam operasinya, ternyata layanan myBCA buka seperti waktu buka dan tutupnya mall pukul 10.00 hingga pukul 22.00, khusus untuk buka tabungan sampai jam 8 malam. Jadi beneran meskipun sudah malam saat weekend pula, kita masih bisa melakukan pembukaan rekening baru xpresi.
[caption id="" align="aligncenter" width="334" caption="dok.pri"]
Kemudian saya sentuh layarnya dan ternyata langsung tersambung dengan customer service (CS) BCA. Alhamdulillah dapetnya CS cewek. Hehehe. Serasa lagi kenalan via dunia maya. Para jomblo pasti suka banget dan dijamin betah nih di booth myBCA kayak gini.
[caption id="" align="aligncenter" width="249" caption="dok.pri"]
Setelah itu saya memilih mencoba untuk buka rekening baru Tahapan Xpresi. Ternyata Tahapan Xpresi ini hanya membutuhkan saldo awal minimal lima puluh ribu rupiah saja. Tapi karena saya mengajukan pencetakan kartu atm dan token key BCA untuk transaksi internet banking jadi saya siapkan dana seratus ribu rupiah.
Prosesnya dipandu dengan seksama oleh CS yang bertugas. Setelah mengisi data dan melakukan scanning identitas diri dan npwp kemudian kita diminta untuk melakukan foto sebagai database.
[caption id="" align="aligncenter" width="235" caption="dok.pri"]
Nah, tombol persetujuan tidak bisa di remote oleh cs. Sepenuhnya hak tersebut hanya bisa dilakukan oleh calon nasabah. Jadi, cs hanya bisa membantu mengisikan data datanya saja. Selain data virtual ada juga form singkat yang perlu kita isi selanjutnya form tersebut tinggal dimasukkan ke dalam drop box yang berada di sebelah kiri kita diatas alat scanner.
Setelah diperhatikan ada sekitar lima tahap singkat untuk membuka rekening Tahapan Xpresi. Kartu ATM (Namanya Paspor Xpresi) bisa dipilih sesuai dengan keinginan kita. Apakah ingin mencantumkan foto narsis atau hanya memilih model kartu warna warni dengan desain yang disesuaikan dengan gaya anak muda. Bahkan fotonya pun bisa berkelompok alias bisa ngajak teman teman. Mana ada kartu atm yang fotonya foto bareng pacar atau teman. Kalau foto bareng CS jelas gak bisa laahhh.
[caption id="" align="aligncenter" width="333" caption="dok.pri"]
Setelah foto kita hanya tinggal menunggu proses pencetakan Paspor Xpresi selama tiga menit. Voila, ternyata prosesnya singkat sekali. Tahapan Xpresi ini biaya administrasinya hanya goceng perbulannya. Kenapa bisa murah? Karena kita tidak membutuhkan buku tabungan sehingga bebas dari beban mencetak transaksi. Semua transaksi hanya tinggal di cek melalui Klik BCA atau m-BCA saja. Simple dan tidak repot harus antri.
Selain bisa membuka Tahanan Xpresi, melaui booth video banking tersebut nasabah bisa melakukan pengajuan kartu kredit, pengajuan atau penggantian keyBCA jika hilang atau rusak. Bahkan untuk aktifasi, blokir kartu atm juga bisa dilakukan melalui video banking atau video call .
[caption id="" align="aligncenter" width="250" caption="dok.pri"]
Yang menarik lagi di myBCA terdapat tiga iPad yang bisa difungsikan sebagai layanan informasi dan info promosi. Semua layanan via internet khusus transaksi melalui myBCA gratis dan koneksi yang menjanjikan. Selain tiga iPad ada juga dua monitor desktop yang bisa menunjang fasilitas yang sama. Kemudian ada dua video call yang tersambung dengan agent Halo BCA yang bisa memberikan bantuan kepada nasabah yang sudah memiliki Tahapan Xpresi ataupun produk BCA lainnya.
Ada juga mesin otomatis layanan khusus Flazz. Di mesin tersebut nasabah bisa membeli kartu flazz baru atau melakukan isi ulang dan cek saldo. Lagi lagi nasabah bisa memilih dari berbagai pilihan desain yang ada..
[caption id="" align="aligncenter" width="333" caption="dok.pri"]
Saat saya datang ada seorang ibu yang sedang membeli kartu Flazz baru bergambar Hello Kitty untuk anaknya. Menarik bukan? Orang tua bisa sekaligus mengajarkan berbagai macam transaksi perbankan dan yang utama adalah mengajarkan pada anak anak untuk menyisihkan uang jajannya untuk di tabungkan.
[caption id="" align="aligncenter" width="334" caption="dok.pri"]
Digital information banyak sekali memberikan info produk dan promosi yang sedang berlangsung. Bahkan skema pengajuan kredit rumah, renovasi rumah bahkan pengajuan kredit kendaraan bermotorpun bisa dilakukan melalui digital information dengan layar yang sangat besar.
Promo cicilan nol persen infonya bisa langsung kita kirimkan ke email pribadi. Semua info yang ada bisa di kirimkan dan dibuka kembali melaui email kita.
[caption id="" align="aligncenter" width="333" caption="dok.pri"]
Pengalaman tersebut membuat saya semakin sadar bahwa kemajuan teknologi semakin mempermudah urusan dan kehidupan manusia. Melalui perkembangan teknologi layanan jasa seperti perbankan bisa menunjukkan terobosan terobosan baru yang mengagumkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H