Mohon tunggu...
FIKA HIKMATINALIYAH
FIKA HIKMATINALIYAH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi

Memiliki ketertarikan di bidang kepenulisan, pendidikan, ekonomi, dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Program Asistensi Mengajar sebagai Bentuk Aktualisasi SDGs oleh Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Akuntansi

5 Juni 2024   12:25 Diperbarui: 5 Juni 2024   12:43 473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 3. Technical meeting CCPC/dokpri

Asistensi Mengajar di satuan pendidikan  merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada satuan pendidikan khususnya Universitas Negeri Malang dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang diperuntukkan mahasiswa. Kegiatan asistensi mengajar dilaksanakan pada ranah pendidikan yang berfokus pada pembelajaran akademik maupun non akademik dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyalurkan ilmunya melalui kegiatan mengajar di dalam kelas.

Tujuan  Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau bisa disebut dengan Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan gerakan untuk mempelopori kesejahteraan hidup sekaligus merawat lingkungan sekitar secara berkesinambungan. Kegiatan Asistensi Mengajar memiliki hubungan erat dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs), berikut terdapat beberapa poin yang menunjukkan keterkaitan tersebut:

  • Pendidikan Berkualitas 

Asistensi Mengajar membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan dukungan tambahan bagi guru dalam mengajar, membantu peserta didik dalam belajar terutama peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, sehingga dapat lebih memahami materi pembelajaran dan mencapai potensinya. 

Kegiatan ini juga dapat membantu sekolah dalam kegiatan administrasi serta inovasi dalam pembelajaran. Asistensi Mengajar ini juga dapat membantu mengasah soft skills, problem solving, time management, dan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa.

  • Pengurangan Kesenjangan

Dalam kegiatan ini mahasiswa Asistensi Mengajar berperan dalam mengurangi kesenjangan sosial. Dalam hal ini dilakukan dalam bentuk merangkul semua peserta didik yang berbeda-beda latar belakangnya, sehingga diimplementasikan dengan kegiatan pembelajaran yang dimana peserta didik mampu untuk melakukan kolaborasi dengan peserta didik lainnya tanpa memandang latar belakangnya. 

  • Kemitraan untuk Tujuan

Dengan adanya kegiatan Asistensi Mengajar dapat menjalin kerja sama yang lebih baik antara perguruan tinggi dengan sekolah mitra, khususnya Universitas Negeri Malang dengan SMKN 12 Malang. Sehingga hubungan kemitraan masih dapat terjalin dengan baik untuk periode asistensi mengajar selanjutnya. 

  • Mempromosikan Perdamaian dan Inklusivitas 

Melalui kegiatan Asistensi Mengajar ini mahasiswa dapat mendemonstrasikan mengenai kontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dimulai dalam bentuk menjaga lingkungan sekitar sekolah dan lingkungan rumah. 

Kami ingin membagikan pengalaman yang selama ini kami jalani sebagai mahasiswa asistensi mengajar tahun 2023/2024. Sebagai salah satu mahasiswa asistensi mengajar program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang kami mengemban tugas yang di bawah bimbingan LP3 Universitas Negeri Malang untuk mengabdi dan berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan mitra lembaga kerjasama yang dilakukan kampus untuk membentuk kepribadian dan kontribusi antar mahasiswa dan pihak sekolah.

 Kami  mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi Angkatan 2021 Universitas Negeri Malang. Saat ini saya melaksanakan kegiatan asistensi mengajar yang dilaksanakan di SMKN 12 Malang.

Kegiatan Asistensi Mengajar dimulai Bulan Februari dan berakhir Bulan Juni beserta selesainya penyusunan laporan akhir kegiatan selama melaksanakan kegiatan asistensi mengajar di sekolah saya  bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dhika Maha Putri S.Pd M.Acc dan Bapak Dudung Ma'ruf Nuris S.Pd., M.Pd. Kemudian Ibu Kamalat Fika Lidinillah, S.Pd dan Ibu Jula Dian Februarina, S.Pd selaku guru pamong.

Kegiatan Asistensi Mengajar memberikan kesempatan kepada kami untuk mengeksplor seluruh kebutuhan dalam pembelajaran terutama dalam membantu mitra menemukan hal-hal baru dalam kegiatan akademik salah satunya adalah pemanfaatan teknologi berupa software akuntansi, website pembelajaran, google form, quizizz, dan wordwall sebagai media pembelajaran untuk memudahkan siswa dan guru dalam mengakses pembelajaran dengan didukung adanya teknologi penggunaan website sebagai sarana pembelajaran kami merancang pembelajaran dengan didesain untuk menarik minat dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar hal baru dalam pembelajaran di kelas.

Gambar 2. Rapat Koordinasi bersama Ibu Kepala Kejuruan dan Guru pamong/dokpri
Gambar 2. Rapat Koordinasi bersama Ibu Kepala Kejuruan dan Guru pamong/dokpri

Secara tidak langsung kegiatan Asistensi Mengajar memberikan dampak positif terhadap kami salah satunya mendapatkan pengalaman terutama terkait kerjasama antar program studi dalam membantu kegiatan sekolah  dan berkontribusi dalam menyalurkan ilmu yang telah kami dapatkan selama kampus untuk mengajar dan mengabdi kepada sekolah. 

Dengan adanya kegiatan ini juga, kami juga dapat berkontribusi yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kami mendapatkan amanah untuk mengajar di kelas X dan XI dengan jumlah jam pelajaran selama kurang lebih 7 (tujuh) jam pelajaran untuk memberikan materi dan motivasi kepada siswa. 

Kegiatan asistensi mengajar kami laksanakan selama kurang lebih 4 bulan untuk mengabdi di sekolah dan selama kegiatan asistensi mengajar kegiatan yg dilaksanakan tidak hanya akademik tetapi juga kegiatan non akademik yaitu piket harian (piket pagi kesiswaan, piket Tata Usaha, piket kurikulum piket perpustakaan) selain kegiatan tersebut kami memberikan sumbangsih kepada sekolah yaitu salah satunya membuat program kerja berupa kegiatan lomba "Content Creator and Poster Competition" yang bertema peran pendidikan dalam membentuk karakter bangsa.

Tujuan diadakannya kegiatan program kerja lomba kompetisi konten dan poster adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa khususnya kelas X dalam  menyalurkan kreatifitas untuk meningkatkan minat, kreativitas dan pemahaman pemuda. Dengan adanya kegiatan ini, maka selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu mempromosikan penggunaan teknologi secara digital.

Gambar 3. Technical meeting CCPC/dokpri
Gambar 3. Technical meeting CCPC/dokpri

Program Asistensi mengajar ini secara tidak langsung memberikan dampak positif bagi Universitas Negeri Malang karena dapat mempertahankan hubungan Kerjasama antar kampus dan sekolah untuk memberikan wadah kepada mahasiswa berekspresi dan mengemban pendidikan di lapangan. 

Tentunya diharapkan sekolah yang bermitra dengan Universitas Negeri Malang ini senantiasa selalu membimbing dan memberi arahan kepada mahasiswa Asistensi Mengajar, khususnya program kerja dan kegiatan non-akademik yang dilakukan di SMKN 12 Malang. Terlepas dari kesalahan dan kekurangan selama asistensi mengajar diharapkan seluruh pihak yang berkaitan dapat mengambil hikmah dan mendapatkan hal positif untuk membangun masa depan khususnya bagi mahasiswa.

Penulis:

  • Adinda Safna Fitria
  • Andini Widia Habsari
  • Fika Hikmatin Aliyah
  • Khoirotul Mudawamah
  • Sabrina Ramadhanti
  • Zakiatun Nufus Hasanah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun