Sebelum adanya KKN BTV3 Â UNEJÂ produksi Sale pisang Barlin milik Ibu Siti kurang berkembang, dikarenakan Ibu Siti tidak menggunakan teknik Digital Marketing pada pemasaran dan promosi. Ibu siti mempromosikan produknya secara konvensional atau biasa disebut dengan promosi dari mulut ke mulut.Â
Ibu siti memulai promosi dari teman atau saudara  terdekat, dan kemudian orang tersebut akan mempromosikan produk Ibu Siti ke orang lain. Dengan adanya KKN BTV3 UNEJ penulis akan memperkenalkan teknik-teknik Digital Marketing dan cara jitu berpromosi serta menarik pembeli.
Pada Minggu kedua penulis mulai melakukan program kerja pertama, yaitu melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan dan terlibat dalam proses produksi Sale Pisang Barlin. Di saat pandemi Covid-19 protokol kesehatan sangatlah penting, terutama pada pelaku usaha kecil seperti Ibu Siti. Produk yang diolah harus mengutamakan kebersihan agar makanan yang akan masuk ke tubuh tidak mengandung kuman dan bakteri.Â
Ibu Siti pun menyadari bahwa pelaku usaha makanan harus mementingkan protokol kesehatan, apalagi disaat Pandemi Covid-19 seperti sekarang.Â
Setelah penulis mensosialisasikan protokol kesehatan kepada Ibu Siti, keesokan harinya penulis melanjutkan program kerja yaitu terlibat dalam proses pembuatan Sale Pisang Barlin. Saat proses produksi Ibu Siti sangat memperhatikan protokol kesehatan yang penulis sudah sosialisasikan.Â
a. Sosialisasi Protokol Kesehatan kepada Ibu Siti sebagai Mitra
 b. Terlibat dalam Proses Produksi Sale Pisang BarlinÂ
Pada Minggu ke Tiga penulis melakukan edukasi pelatihan mengenai Digital Marketing (pembutan akun instagram dan teknik berpromosi pada sosmed). Di awal minggu ke tiga penulis membuatkan akun bisnis Sale Pisang Barlin di Instagram. Ibu Siti sangat antusias ketika penulis membuatkan akun khus bisnis untuk instagram.Â
Sebelumnya Ibu Siti belum mempunyai akun instagram khusus. Beliau tidak bisa membagi waktu antara mengendalikan instagram khusus dan akun WA. Akun instagram yang dibuat khusus untuk bisnis, yaitu hanya dijadikan sebagai alat bantu memasarkan produk Sale Pisang Barlin.Â
Di hari selanjutnya penulis melakukan pelatihan teknik berpromosi yang efektif di sosmed. Tujuan dari berpromosi ini agar lebih cepat mendapatkan pasar atau target yang akan dituju. Dapat diketahui bahwa internet sangat luas jangkauannya dan penyebarannya pun sangat cepat.Â
Sosmed adalah media yang paling efektif untuk dijadikan sebagai alat pemasaran sebuah produk, terutama di masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang.Â
Setelah penulis memberikan teknik- teknik berpromosi yang efektif kepada Ibu Siti, keesokan harinya Ibu Siti langsung mempraktekan tekni tersebut. Alhasil target yang dituju tertarik terhadap Produk Ibu Siti.Â
c. Pembuatan Akun Bisnis Sale Pisang Barlin di Instagram
Testimoni MitraÂ
Ibu Siti mengucapkan banyak terimakasih kepada Universitas Jember yang telah mengadakan KKN BTV3, dengan adanya KKN ini Ibu Siti menjadi lebih mengetahui teknik-teknik Digital Marketing terutama teknik-teknik berpromosi melalui Digital Maketing. Tidak hanya itu, Ibu Siti juga berterimakasih sudah dibuatkan akun bisnis untuk produknya. Beliau berharap dengan adanya akun bisnis ini usaha beliau menjadi lebih lancar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H