KRISIS KESEJAHTERAAN MENTAL DI KALANGAN PELAJAR: UPAYA PENCEGAHAN DAN DUKUNGANÂ
Muhammad Fijri Nurfadilah
Kesehatan mental pelajar menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir dan data menunjukkan peningkatan kasus stres, depresi, dan kecemasan di kalangan pelajar. Kesehatan mental pelajar merupakan isu penting dalam dunia pendidikan dan terus mendapat perhatian yang semakin meningkat.Â
Hal ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental pelajar, menganalisis dampak kesehatan mental yang buruk terhadap kinerja akademik dan kualitas hidup.
Berbagai intervensi dapat meningkatkan kesehatan mental pelajar. Tulisan ini mencakup survei cross-sectional terhadap pelajar dari berbagai tingkat pendidikan, termasuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan perguruan tinggi.Â
Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mencakup pertanyaan tentang tekanan akademik, dukungan sosial, kebiasaan tidur, dan penggunaan media sosial. Selain itu, mengeksplorasi data ini juga mencakup analisis korelasi antara kesehatan mental dengan prestasi akademik dan kualitas hidup pelajar.
Hal ini menunjukkan bahwa tekanan akademis yang tinggi, kurangnya dukungan sosial dan penggunaan jejaring sosial yang berlebihan dan berhubungan dengan risiko buruknya kesehatan mental pada pelajar. Sebaliknya, kesehatan mental yang buruk dikaitkan dengan kinerja akademik yang buruk dan penurunan kualitas hidup pelajar.
 Selain itu, mendokumentasikan berbagai strategi intervensi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental pelajar, termasuk program konseling sekolah, pelatihan keterampilan coping dan kesadaran Kesehatan mental di lingkungan pendidikan. Studi ini menyoroti pentingnya pendekatan komprehensif yang melibatkan sekolah, keluarga, dan komunitas dalam upaya meningkatkan kesehatan mental pelajar.
 Wawasan mengenai kompleksitas kesehatan mental pelajar dan memberikan landasan untuk mengembangkan strategi dan program yang lebih efektif untuk mendukung kesehatan mental di lingkungan sekolah dan masyarakat. Implikasi praktis dari temuan ini juga dibahas dalam konteks peningkatan sistem pendidikan dan layanan kesehatan mental bagi pelajar.
Isu-isu kesejahteraan mental pelajar adalah masalah yang sangat penting dalam pendidikan dan masyarakat saat ini. Pelajar seringkali menghadapi tekanan dan stress yang tinggi terkait dengan tuntutan akademik seperti ujian, pekerjaan rumah dan kompetisi kelas. Selain itu, pelajar kerap mengalami depresi. Depresi adalah masalah kesehatan mental yang serius pada pelajar.Â
Perasaan sedih, kehilangan minat dalam aktivitas sehari-hari dan perubahan suasana hati dapat mengganggu kemampuan belajar. Faktor penyebab pelajar mengalami tekanan ialah adanya kecemasan yang dapat menjadi penghalang bagi pelajar ketika menghadapi situasi sosial, ujian atau pekerjaan rumah. Kekhawatiran yang berlebihan dapat mempengaruhi konsentrasi dan kinerja akademik.