Nama  : Fiena Azzahra Muhayya
Nim   : 23010400113
Mk    : Pengantar Advertising
Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I., M.Ikom
Perencanaan pesan
Perencanaan isi pesan adalah proses menyusun dan mengatur pesan-pesan yang akan disampaikan secara sistematis. Ini melibatkan pengidentifikasian dan penyiapan pesan-pesan penting, kemudian menyusunnya ke dalam urutan-urutan yang terstruktur. Ketika pesan tersebut disampaikan, penerima dapat memahaminya dengan jelas sesuai dengan tujuan komunikasi yang diinginkan.
Strategi penyusunan isi pesanÂ
Penyusunan isi pesan harus mempertimbangkan kondisi khalayak sasaran, juga harus merujuk pada tujuan komunikasi yang ingin dicapai. Dalam konteks komunikasi persuasive,Wayne N. Thompson (Rakhmat, 1992: 115-118) memberikan beberapa panduan penting untuk memastikan pesan yang disampaikan efektif.
Pertama, pesan harus menarik perhatian. Ini berarti is pesan harus menangkap minat audiens. Penggunaan judul yang menarik, visual yang mencolok, atau pernyataan pembuka yang provokatif. Penting untuk memahami apa yang dianggap menarik oleh audiens kita dan menyusun pesan yang dapat menonjol.
Kedua, pesan harus menyentuh dan menggerakan audiens. Ini berarti pesan harus memiliki pengaruh psikolagi yang kuat, mampu menyentuh emosi audiens dan mendorong mereka untuk bertindak. Dengan cara ini pesan tidak hanya diingat, tetapi juga memotivasi audiens untuk mengambil Tindakan yang diinginkan.
Pendekatan pesan dalam iklan