Mohon tunggu...
fiena azzahra muhayya
fiena azzahra muhayya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswa FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pendekatan Pesan: Membuat Pesan yang Berkesan bagi Konsumen Melalui Strategi Pendekatan yang Tepat

7 Juli 2024   15:42 Diperbarui: 7 Juli 2024   16:00 170
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://lampung.tribunnews.com/2019/05/22/kini-bisa-pesan-tiketcom-via-whatsapp?page=1

Nama  : Fiena Azzahra Muhayya

Nim     : 23010400113

Mk       : Pengantar Advertising

Dosen Pengampu : Jamiati KN, S.I., M.Ikom

Perencanaan pesan

Perencanaan isi pesan adalah proses menyusun dan mengatur pesan-pesan yang akan disampaikan secara sistematis. Ini melibatkan pengidentifikasian dan penyiapan pesan-pesan penting, kemudian menyusunnya ke dalam urutan-urutan yang terstruktur. Ketika pesan tersebut disampaikan, penerima dapat memahaminya dengan jelas sesuai dengan tujuan komunikasi yang diinginkan.

Strategi penyusunan isi pesan 

Penyusunan isi pesan harus mempertimbangkan kondisi khalayak sasaran, juga harus merujuk pada tujuan komunikasi yang ingin dicapai. Dalam konteks komunikasi persuasive,Wayne N. Thompson (Rakhmat, 1992: 115-118) memberikan beberapa panduan penting untuk memastikan pesan yang disampaikan efektif.

Pertama, pesan harus menarik perhatian. Ini berarti is pesan harus menangkap minat audiens. Penggunaan judul yang menarik, visual yang mencolok, atau pernyataan pembuka yang provokatif. Penting untuk memahami apa yang dianggap menarik oleh audiens kita dan menyusun pesan yang dapat menonjol.

Kedua, pesan harus menyentuh dan menggerakan audiens. Ini berarti pesan harus memiliki pengaruh psikolagi yang kuat, mampu menyentuh emosi audiens dan mendorong mereka untuk bertindak. Dengan cara ini pesan tidak hanya diingat, tetapi juga memotivasi audiens untuk mengambil Tindakan yang diinginkan.

Pendekatan pesan dalam iklan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun