BTS grup K-pop asal Korea Selatan ini memang sungguh sangat luar biasa, mereka berhasil membangkitkan budaya pop yang berujung pada fanatisme penggemarnya.
Apapun yang dirilis mengatasnamakan BTS habis diserap publik, bahkan menjadi rebutan, seperti yang terjadi pada BTS Meal yang dirilis secara kolaboratig dengan Mc Donald Waralaba makanan cepat saji asal Amerika Serikat.
Ratusan ribu atau mungkin saja jutaan penggemar BTS, berebut mendapatkan boxset berisi bungkus makanan, kotak nugget, kotak kentang goreng, hingga saus sachetan berlambang BTS dan Mc D menjadi incaran mereka.
Keributan akibat kerumunan terjadi disejumlah kedai Mc D di hampir seluruh wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia, untuk berebut mendapatkan boxset BTS Meal ini.
Hal ini memaksa manajemen Mc D menutup layanan mereka lantaran kerumunan yang terjadi bisa menjadi musabab penyebaran Covid-19.
Satgas dan pihak kepolisian bahkan membubarkan dan mendenda pihak Mc D lantaran mereka kedapatan tak melakukan antisipasi terhadap kondisi tersebut.
Ya, memang benar manajemen Mc D tak memiliki perhitungan dan kontijensi plan terkait program BTS Meal ini secara komprehensif sehingga akhirnya menimbulkan kerumunan, sesuatu yang haram dilakukan saat pandemi yang kini masih melanda dunia termasuk Indonesia.
Mereka tak berhitung fanatisme penggemar BTS begitu militan, bahkan konon katanya bekas bungkusan boxset BTS Meal kini diperjualbelikan dengan harga ratusan ribu rupiah.
Itu lah gambaran fanatisme yang bagi sebagian orang sangat mengherankan. Mereka yang menggemari BTS sebagian besar merupakan generasi milenial dan gen Z.
Di dunia, penggemar BTS yang biasanya disebut Army ini mencapai 40 juta orang yang sebagian besar diantaranya berasal dari Indonesia, dan asal tahu saja mereka ini bukan sekedar penggemar tetapi penggemar fanatik, yang akan melakukan apapun untuk mendapatkan barang yang berhubungan dengan BTS dengan cara apapun.
Nah, urusan boxset BTS Meal yang menghebohkan ini sebagai salah satu gambaran nyata dari betapa fanatiknya mereka.