PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah pelopor dalam industri mie instan di Indonesia dan telah mendominasi pasar makanan di negara ini dengan berbagai produk seperti biskuit, saos, snack, margarin, minyak goreng, tepung terigu, mie instan, minuman, makanan bayi, bumbu siap saji, dan lainnya. Perusahaan ini memiliki divisi mie instan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap keuntungan perusahaan. Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki sejumlah cabang pabrik mie instan di seluruh Indonesia, termasuk di Jakarta.
Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma, yang kemudian berganti nama menjadi Indofood Sukses Makmur pada tanggal 5 Februari 1994. Indofood Sukses Makmur Tbk juga melakukan ekspor produknya ke Australia, Asia, dan Eropa. Perusahaan ini berkomitmen untuk menghasilkan produk makanan olahan yang berkualitas, aman, dan halal.
Aspek kesegaran, kebersihan, kandungan gizi, rasa, praktis, keamanan, dan kehalalan produk selalu menjadi prioritas perusahaan untuk memastikan kualitas produk yang unggul. Indofood Sukses Makmur Tbk telah berkembang menjadi perusahaan Total Food Solutions dengan operasi yang mencakup seluruh tahapan produksi makanan, mulai dari pengolahan bahan baku hingga produk akhir yang tersedia di pasaran.
Dalam era globalisasi saat ini, penting bagi perusahaan untuk memiliki kinerja karyawan yang baik guna mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia adalah pengukuran kinerja pegawai.
Melalui pengukuran kinerja, perusahaan dapat menilai sejauh mana pegawai menjalankan tugasnya dengan tepat, yang akan berdampak pada pencapaian kinerja organisasi secara keseluruhan. Hasil dari pengukuran kinerja pegawai juga memberikan informasi penting untuk pengembangan pegawai di masa depan.
Visi, Misi, dan Tujuan.
Visi dan misi perusahaan Indofood adalah realistik, spesifik, dan meyakinkan yang merupakan penggambaran citra, nilai, arah dan tujuan untuk masa depan perusahaan.
Visi :
“Menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikonsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan”.
Misi :
“Menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama Indonesia di bidang industri makanan”.
Tujuan :
Tujuan didirikannya PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Bandung adalah
(1)memperluas bidang usaha secara terus menerus melalui bidang usaha inside maupun pengembangan usaha strategis;
(2) mengurangi biaya transportasi;
(3) selalu meningkatkankesejahteraan karyawan;
(4) mensuplai daerah lain yang selalu kekurangan persediaan barang; dan
(5) berperan serta dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatankesejahteraan masyarakat.
Struktur Organisasi
1. Direktur Utama :
Perseroan dipimpin oleh seorang direktur utama yang dibantu oleh delapan angota direksi lainnya dalam mengelola usaha perseroan. Direktur utama bertanggung jawab dalam mengembangkan arahan strategis perseroan dan memastikan bahwa seluruh target dan tujuan dapat tercapai.
2. Direksi :
Direksi bertugas untuk membantu Direktur Utama dalam mengelola usaha perseroan.
3. Dewan Komisari :
Dewan Komisaris memiliki tugas utama untuk mengawasi direksi dalam menjalankan kegiatan dan mengelola perseroan.
4. Komite Review :
Komite Review dibentuk dan disusun untuk memenuhi ketentuan dalam peraturan Badan Pengawas Pasar Modular dan Lembaga Keuangan. Misi Komite Review adalah membantu Dewan Komisaris PT Indofood CBP Sukses Makmur tbk. dalam menjalankan peran pengawasan dengan mengkaji laporan keuangan perseroan.
5. Review Inner :
Review inner bertanggung jawab untuk mengevaluasi efektifitas sistem pengendalian inner Indofood, memastikan bahwa seluruh prosedur telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu, serta memastikan unwavering quality informasi operasional dan keuangan serta kepatuhan atas ketentuan dan kebijakan perseroan. Di samping itu, Review Inner juga bertanggung jawab kepada direksi dan bertugas untuk melaksanakan review dan mengawasi operasi perseroan untuk memberikan keyakinan bahwa pengelolaan di semua tingkatan telah dilaksanakan secara baik. Review Inner secara berkala disampaikan kepada anggota komite review direksi.
6. Sekretaris Perusahaan :
Sekretaris Perusahaan bertugas sebagai penghubung antara perseroan dengan institusi pasar modular, pemegang saham, dan masyarakat. Sekretaris Perusahaan juga bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan pada peraturan dan ketentuan pasar modular, memberikan saran kepada direksi tentang perubahan peraturan, serta mengatur pertemuan direksi.
7. Manajemen Operasional :
Setiap Manajer Operasional bertanggung jawab kepada direksi atas setiap kegiatan operasional perusahaan, mengkoordinir kegiatan operasional, serta sebagai penentu kebijakan operasional. Divisi pada Manajemen Operasional antara lain adalah Divisi Mie Instan, Divisi Packaging, Divisi Dairy, Divisi Nutrisi dan Makanan Khusus, Divisi Nibble Foods, Divisi Nourishment Seasonings, Divisi Internasional, Divisi Bogasari, Divisi Agribisnis, dan Divisi Distribusi.
8. Manajemen Korporasi :
Setiap Manajemen Korporasi memiliki fungsi masing-masing sebagai pengelola kegiatan perseroan. Divisi pada Manajemen Korporasi antara lain adalah Divisi Treasury, Divisi Controller, Divisi Central Marketing, Divisi Corporate Purchasing, Divisi Speculator Relations and Corporate Secretary, Divisi CHR and CPR, Divisi Legal, Divisi Corporate Inside Audit, Divisi Investigate and Improvement, dan Divisi Data Innovation.
9. Speculator Relations :
Financial specialist Relations memiliki tanggung jawab utama untuk mengkomunikasikan secara proaktif kinerja keuangan perseroan maupun informasi lainnya secara konsisten dan transparan kepada analisis maupun speculator.
10. Pengendalian Inside dan Manajemen Resiko :
Manajemen Indofood bertanggung jawab dalam pembentukan dan penerapan pengendalian inner yang memadai, perkiraan resiko, dan pengelolaan resiko melalui sistem yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi manajemen dan direksi.
Operasional :
1. Manajemen Produksi:
Indofood memiliki pabrik-pabrik produksi yang dilengkapi dengan teknologi canggih untuk memastikan efisiensi produksi dan kualitas produk yang konsisten.
2. Rantai Pasokan:
Perusahaan ini memiliki sistem rantai pasokan yang terintegrasi mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, hingga distribusi produk ke konsumen.
3. Pemasaran dan Distribusi:
Indofood menggunakan strategi pemasaran dan distribusi yang agresif untuk meningkatkan penjualan dan mencapai target pasar yang telah ditetapkan.
4. Manajemen Sumber Daya Manusia:
Perusahaan ini fokus pada pengembangan SDM melalui pelatihan dan pengembangan karier untuk memastikan karyawan memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan.
Kesimpulan
PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah produsen makanan Indonesia yang mendominasi pasar makanan di Indonesia, memproduksi berbagai jenis makanan seperti biskuit, saos, nibble, margarin, dan banyak lagi. Perusahaan ini didirikan pada 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim, dan memperluas produksi makanan ke Australia, Asia, dan Eropa. PT Indofood Sukses Makmur Tbk berfokus pada produksi produk makanan sehat, lezat, dan halal.
Perusahaan ini telah berubah menjadi perusahaan yang berfokus pada semua tahap produksi makanan, dari produksi dan kemasan hingga distribusi dan distribusi. bisnis perusahaan terdiri dari lima segmen:produk konsumen, grosir, agribisnis, distribusi, dan pengolahan makanan. PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah produsen terkemuka berbagai produk makanan di Jakarta, Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H