Mohon tunggu...
Ferra BerlianaR
Ferra BerlianaR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Learner

Always happy and Stay happy

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Psychoeducational Group Planning pada Anak dan Remaja

15 Desember 2021   08:47 Diperbarui: 27 Juli 2024   12:24 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.codeschool.fi/author/csf/ 

Assalamu'alaikum dan Selamat pagi... readers!! May all always be happy and in the protection of God 

Oke pagi ini di nuansa hujan bulan desember, penulis ingin sekali membahas mengenai hal yang sering menjadi momok yang menakutkan nih untuk para siswa, yap benar sekali kali ini penulis membahas mengenai Bimbingan Konseling atau BK sekolah. okey... jadi bahasan yang paling sering dibicarakan dikalangan siswa apalagi berurusan sama peraturan sekolah nih teman - teman. 

Nah, sebelumnya pandangan apa sih yang pertama kali terlintas dalam benak dan pikiran kalian tentang Guru BK atau konselor sekolah? atau tentang ruang BK disekolah? 

Yes..., benar sekali selalu dikaitkan dengan polisi sekolah, peraturan ketat sekolah, terlambat, kenakalan, bolos sekolah, ruangan anak - anak bermasalah, dan banyak yang lainnya. tapi sekarang pahami yuk apa itu BK sekolah. Jadi BK sekolah merupakan salah satu nih usaha yang dilakukan oleh sekolah loh dalam membantu kalian dalam memaksimalkan proses pengembangan dalam diri kalian nih... dan banyak banget mulai dari Pribadi atau individu kalian, trus ada juga Sosial dalam artia gimana kalian melakukan kontal sosial atau berhubungan dengan lingkungan luar, Belajar dimana kalian akan tahu misalnya mengenai gaya belajar kalian, dan yang terakhir tentang perencanaan dan pengembangan karir kalian dimasa yang mendatang. 

Jadi gimana masih tetap memandang BK sebelah mata dan menurut kalian hal yang paling menakutkan?? itu sebuah kesalahan yuk mulai sekarang jadi lebih dekat dengan BK agar pengembangan dalam diri kalian dapat maksimal dan kalian dapat menjadi pribadi yang baik. Nah, setelah tahu nih apa sih BK sekolah itu maka kalian akan masuk pada bahasan tentang Psikoedukasi, baik psikoedukasi sendiri ada yang sudah tahu belum sih?? 

jadi, Psikoedukasi sendiri merupakan pemberian informasi atau edukasi atau pemahaman agar dapat dilakukan tindakan baik sebagai pencegahan maupun penanganan. 

https://images.app.goo.gl/fPE5uXrxvptwVdCu6 
https://images.app.goo.gl/fPE5uXrxvptwVdCu6 

Psikoeducational Group Planning pada Anak dan Remaja :

Langkah pertama yang dilakukan konselor untuk melaksanakan suatu Psychoeducational group adalah need assesment. Hal ini dilakukan untuk mengatahui apa yang diperlukan oleh siswa kita. Selnajutnya kita dapat menentukan tujuan dari kelompok kita.

Kelompok yang ideal dalam hal ini bervariasi berdasarkan usia anak-anak mulai dari 3 - 6 anak untuk anak-anak muda, 5 - 7 anak untuk usia 6 - 7 tahun, dan lebih dari 8 anak untuk praremaja dan remaja. Beberapa konselor juga melaporkan bahwa keragaman emosi dan reaksi dalam kelompok campuran meningkatkan efektifitas (Kalter, 1998). Carrell (2000) menyarankan menggunakan mixed-jender untuk kelompok remaja yang lebih tua karena begitu banyak fokus dan perhatian pada hubungan.

Durasi waktu serta jumlah sesi memiliki ragam variasi yang berdasarkan pada usia kelompok; 20 - 30 menit optimal untuk anak usia dibawah 6 tahun, 30 - 40 menit untuk anak usia 6 - 8 tahun, dan 40 - 70 menit untukanak usia lebih dari 9 tahun (Gazda, 1989; Thompson & Rudolph, 1998). Idealnya kelompok Psychoeducational dilaksnakan antara 12 - 16 kali pertemuan, memungkinkan menyelesaikan masalah yang kompleks dan terjadi perubahan perilaku, pepatah lama mengatakan "dibutuhkan 10 minggu untuk memperoleh kebiasaan dan perilaku baru". Lamanya pertemuan kelompok akan berbeda secara signifikan berdasarkan usia dari masing-masing angota kelompok karena masalah orang tua atau persoalan.

Hal yang penting dalam Psychoeducational group untuk anak-anak dan remaja adalah pemberian sructure. Struktur sangat penting untuk memberikan keamanan dan kontinuitas kepada anak-anak. Struktur ini juga diperlukan untuk mengatur waktu secara efisien dan fokus pada isu-isu yang relevan atau sesuai dengan keperluan dan bahsan (DeLucia-Waack, 1997; Gladding, 1991).

Pelaksanaan psychoeducational group  juga dapat menggunakan Co-leader dalam pelaksanaannya. Co-leader bermanfaat bagi pemimpin untuk membantu kelompok dalam: 2 peran model, 2 pemimpin yang bekerjasama dan bekerja bersama-sama, dan menggunakan 2 pasang mata dan telinga dalam mengamati isi dan proses apa saja yang terjadi didalam kelompok.

Dalam hal ini pembahasan sosial cukup berkesinambungan tentang educational group, mengapa demikian?? karena, individu disarankan mampu menjalin hubungan sosial yang baik antar sesamanya (baik sesama individu, individu dengan lingkungan,dll) terutama bagi anak dan remaja masa ini merupakan masa krusial dimana golden memory ada pada masa ini maka penerapan kualitas hidup yang baik dan pergaulan akan mempengaruhi mereka dalam melakukan hubungan sosial dan perkembangannya. Dengan adanya psikoeducational group ini mereka akan belajar bagaimana hidup atau interaksi dalma suatu kelompok, bagaimana mengatsi permasalahan serta belajar banyak dari pengalaman antar individu dalam kelompok itu maupun saat bersama dalam kelompok. 

 

https://www.codeschool.fi/author/csf/ 
https://www.codeschool.fi/author/csf/ 

Diatas merupakan wawasan serta edukasi baru dari penulis dan dapat dilaksnakan oleh pihak - pihak lain yang menjalankan program atau menangani usia anak dan remaja, jadi jangan memaksakan kehendak terlalu kuat dan besar karena hal itu malah akan menimbulkan dampak negatif pada siswa anda misalnya pemberontakan atau menolak bisa juga egoisme yang tinggi, jadi tetap semangat dan jangan lupa selalu berusaha mencari ilmu baru dari berbagai sumber dan media serta pengalaman :)

Sekian dari penulis, jika ada salah kata dan beberapa hal yang kurang atau tidak tepat atau berkenan dapat diberikan di kolom komentar, kita sama - sama sedang belajar jadi saran dan masukan sangat mendukung penulis untuk lebih semangat menulis dan berbagi ilmu, Terimakasih :)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun