Iklan merupakan salah satu cara bagi perusahaan untuk mempromosikan produk-produknya. Pada era digital saat ini, iklan tidak hanya berada di televisi, namun juga di media sosial. Perusahaan yang mengiklankan produknya lewat televisi dan media sosial juga merogoh kantong yang cukup besar. L’Oreal menjadi salah satu perusahaan yang berkecimpung di bidang kosmetik, contoh produk yang dikeluarkan oleh L’Oreal, yaitu: shampoo, deodorant, hair oil, dan face wash. Perusahaan milik Perancis ini telah menjual produk-produknya hingga ke penjuru dunia, salah satunya Indonesia
Di Indonesia sendiri, baru-baru ini muncul iklan L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh di televisi yang menggunakan model asal Thailand yang bernama Mai Davika Hoorne. Mai merupakan artis Thailand yang telah memiliki segudang prestasi. Tentu ongkos yang perlu dikeluarkan oleh L’Oreal tidaklah sedikit mengingat artis yang digunakan merupakan artis papan atas. Iklan produk L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh yang diperankan oleh Mai, selain ditayangkan di Indonesia juga ditayangkan di negara aslinya, yakni Perancis. Namun, voice over yang digunakan dalam iklan tersebut tentu berbeda karena menyesuaikan dengan negara penayangan iklan tersebut.
The growth of satellite-delivered broadcasting channels, along with a rapid expansion of cable systems and networks, have in turn generated demand for increased use of advertising agencies in order to develop a sufficient customer base for either the new services themselves or the products they advertise (McPhail, 2014). Penyiaran produk melalui iklan akan menghasilkan peningkatan permintaan produk dari masyarakat, karena iklan bersifat global dan memiliki jaringan yang luas. Perusahaan L’Oreal pada tahun 2012 tercatat telah meraup keuntungan sebesar 22,46 miliar Euro dan pada tahun 2013 naik 2,3% menjadi 22,98 miliar Euro. Pendapatan dari L’Oreal ini tentu akan terus meningkat dari tahun ke tahunnya karena seiring perkembangan jaman, konsumen dari L’Oreal juga akan terus meningkat.
Peningkatan pendapatan tersebut menjadi bukti konkrit betapa pentingnya dunia advertising pada perusahaan-perusahaan besar. Walaupun ongkos yang dikeluarkan tidaklah sedikit, namun keuntungan yang didapat tentu akan lebih besar dari pada modal yang dikeluarkan. Televisi dan media sosial yang menjadi sarana penyebaran iklan akan membuat produk dari L’Oreal lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Perusahaan L’Oreal yang berasal dari Perancis akhirnya mengglobal berkat berkecimpungnya L’Oreal di dunia advertising. L’Oreal akhirnya menjadi perusahaan kosmetik yang besar dan mendunia dengan keuntungan yang tidak cuma-cuma. Sekarang ini siapa yang tidak membutuhkan kosmetik? Tentu hampir semua orang membutuhkannya, dengan iklan, masyarakat akan lebih mengetahui kelebihan dan keuntungan menggunakan produk dari L’Oreal. Saya sendiri mengetahui produk-produk L’Oreal dari iklannya di televisi, akhirnya saya membeli salah satu produk L’Oreal yaitu face washnya di supermarket. Saya merasa produk face wash dari L’Oreal ini sangatlah bagus dan cocok bagi saya, oleh karena itu saya mulai membeli produk lainnya yaitu shampoo. Produk L’Oreal di Indonesia juga tidak bisa dibilang murah dibanding produk-produk kosmetik lainnya, namun dengan harga yang tinggi, saya akan berpikir bahwa L’Oreal merupakan produk yang bagus.
Daftar Pustaka
Andy. (2019, Agustus 5). Nama cewek iklan loreal paris uv perfect matte & fresh. Andy.web.id. Diakses dari https://www.andy.web.id/2019/05/nama-cewek-iklan-loreal-paris-uv-perfect-matte-fresh.html
McPhail, T. (2014). Global Communication: Theories, Stakeholder, and Trends. UK: Willey Blackwell.
Vistika, F. (2014, Desember 19). L'Oreal indonesia percantik pasar kosmetik asean. Industri.kontan.co.id. Diakses dari https://industri.kontan.co.id/news/loreal-indonesia-percantik-pasar-kosmetik-aseanÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H