Mohon tunggu...
Fernandes Nato
Fernandes Nato Mohon Tunggu... Guru - Guru | Cricket Coach

Saya adalah seorang pendidik pada sebuah sekolah swasta di Jakarta. Semoga melalui tulisan dan berbagi gagasan di media ini kita dapat saling memberdayakan dan mencerahkan. Mari kita saling follow 'tuk perluas lingkar kebaikan. Salam Kenal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jabatan Politis KepSek dan Ketidak Jujuran Data Dapodik

14 Agustus 2023   00:26 Diperbarui: 14 Agustus 2023   01:14 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Praktisi Hukum Manggarai di Jakarta Sumber Foto: Pribadi

"Pak, mengapa jaman saya sekolah dahulu, kepala sekolah (KepSek) itu mendapat jawal untuk mengajar sedangkan saat ini tidak?" Demikian sebuah pertanyaan seorang rekan dalam menuju sekolah suatu pagi buta, dimana antara kabut asap dan kabut embun menggantung menggoda di langit ibu kota. 

"Dulu, kepala sekolah itu adalah pendidik dan jabatan kepala sekolah itu sebagai tugas tambahan. Kalau sekarang KepSek itu jabatan politis. Mereka jarang berada di sekolah (apalagi masuk kelas) karena selalu rapat di luar bersama orang-orang penting. Definisi kepala sekolah itu menjadi begitu luas, tidak hanya sebagai tugas tambahan tetapi juga mencari tambahan tugas yang mana sudah barang tentu berdampak terhadap pendapatan.

Obrolan dalam perjalanan tersebut menjadi sebuah cerita yang menimbulkan gelak tawa sebab entah secara sadar atau tidak betapa faktanya bahwa kepala sekolah itu memang tidak lagi memiliki tugas mengajar. They just pretend to be a teacher. Fungsi managerial menjadi lebih menonjol. Melakukan supervisi pembelajaran yang diselenggarakan guru dengan instrumen yang telah ditetapkan. Evaluasi dan insput hanya basi-basah sehingga terkesan menjalankan tugas dengan baik.

Beberapa tahun sebelumnya saya pernah mengalami sebuah cerita yang menarik, tapi lebih tepatnya sangat tidak masuk akal untuk saya. Bahwa salah satu tugas KepSek adalah terkait ManPowerPlanning (MPP). Tugas tersebut mencakup beberapa hal terkait kedinasan seorang guru pada satuan pendidikan yang lalu secara legal tertuang  pada SK mengajar. Saya begitu naif memercayai begitu saja dengan MPP tersebut, pada suatu waktu. Tentu saja sebagai seorang guru dan karyawan saya berlaku sebagai 'good citizen' sehingga dapat mendorong kemajuan organisasi. Tanpa sadar saat ujian tengah semester suatu waktu saya mendapati sebuah lembar yang membagi tugas mengajar yang telah dicetak berdasarkan dapodik pada sebuah tumpukan kertas sampah. Mapel yang saya ampu dalam data dapodik, pada kertas tersebut, tertulis pada nama rekan guru yang lain (dan saya tidak pernah diberitahu). Saya memandang surat tersebut lebih seksama, jangan-jangan pada tahun ajaran yang berbeda.

Saya lalu membawa kertas tersebut kepada seorang kawan yang menjabat sebagai operator sekolah dan dengan sopan menanyakan terait dapodik saya. Dia sempat kaget dan meminta izin wakil kepala sekolah bidang kurikulum terlebih dahulu agar saya dizinkan mengakses dapodik. Saya bilang ke beliau bahwa itu hak saya untuk mengetahui. Dia lalu membuka sembari menunggu gerak lambat sang wakakur.

Saat saya menyimak data yang tersaji pada komputer dapodik, dengan awas mata saya mencocokkan data pada kertas dan yang tetulis pada komputer, saya mendapati seluruh datanya sama. Lalu saya bertanya kepada sang operator mengapa melakukan itu? Dia menyampaikan bahwa itu dilakukan atas instruksi KepSek dan juga telah dicermati oleh wakakur juga guru yang mendapat jatah, tapi saya sama sekali tidak pernah dilibatkan.

"Jadi begini, Pak, pembagian tersebut dilakukan demi menyelamatkan teman-teman yang telah tersertifikasi. Bila jam mengajar mereka kurang maka mereka terancam tidak mendapatkan sertifikasi." Wakakur menjelaskan sebuah muslihat jamak tersebut.

"Lalu mengapa saya tidak dilibatkan?" saya bertanya cukup penasaran. "Bukankah saya seharusnya subjek yang mendapatkan informasi terkait penjelasan Anda tersebut jauh sebelum tahun pelajaran running?" saya bertanya agak tidak terkendali.

"Itu hak kepala sekolah sebagai unit manager untuk mengatur pembagian jam mengajar" jawab wakakur seenaknya.

"Peraturan profesi guru juga mengatur bahwa setiap guru juga punya hak dan saya mau menggunakannya. Pertama, sebagai guru yang mengampu mata pelajaran tersebut, saya tidak mau menipu diri saya sendiri. Agar Anda sebagai operator untuk mencatat mapel tersebut pada nama saya di dapodik dan saya akan cek secara berkala. Itu Pilihan pertama. Pilihan Kedua, silahkan mengatur agar mapel tersebut tetap tercatat pada rekan yang menerima sertifikasi di dapodik dan dia sendiri harus mengajar di kelas. Saya akan dengan suka hati untuk tidak mengajar mapel tersebut. Pilihan ketiga, saya tetap mengajar dan mendapat prosentase dari jumlah jam saya mengajar atas dana sertifikasi yang diterima oleh rekan guru tersebut" saya menjelaskan tanpa dijeda lalu saya pergi tanpa menunggu jawaban dengan kembali menekankan pilihan pertama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun