3. Teori lev vygostsky dan piagen tentang      perkembangan kognitifÂ
Teori Lev Vygotsky dan Jean Piaget tentang perkembangan kognitif menekankan pentingnya interaksi sosial dan lingkungan dalam proses pembelajaran.Â
Teori Lev Vygotsky
Perkembangan kognitif anak merupakan hasil dari interaksi sosial dengan orang lain yang lebih berpengetahuanÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui proses pembelajaran yang melibatkan orang lainÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui zona perkembangan proksimal (ZPD)Â
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui internalisasi tanda-tanda yang diperoleh dari orang lainÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui penggunaan bahasaÂ
Teori Jean Piaget
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui proses pembelajaran yang melibatkan penemuan sendiriÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui berbagai tahapan yang dipengaruhi oleh interaksi dengan lingkunganÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi sesuai dengan usiaÂ
Perkembangan kognitif anak terjadi melalui proses berpikir yang muncul sebelum penguasaan bahasaÂ
Kedua teori ini dapat memberikan wawasan berharga untuk pendidikan.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H