Mohon tunggu...
Fergi Afrizal
Fergi Afrizal Mohon Tunggu... Lainnya - Tukang Kebab

Kerja ngopi, nyari duit hanya hobi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Manajemen Public Relation

16 Oktober 2023   09:49 Diperbarui: 16 Oktober 2023   10:48 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Freepik.com

Hai hai hai, balik lagi bareng saya Fergi si tukang Kebab. Jujur saja saya akan resign bulan depan karena akan magang, jadi mungkin tier tukang Kebab akan hilang hahaha. Tapi tidak apa apa tanpa tukang Kebab saya tidak bisa kuliah sampai sekarang. Hehehe. 

Oke. Mari kita lanjutkan tulisan saya kali ini. Semoga tulisan saya mudah untuk dipahami ya teman teman. Kali ini saya akan membahas topik PR tentang " Manajemen Public Relation "

Baiklah, berbicara mengenai Manajemen Public Relation ada beberapa kata terpisah yaitu Manajemen dan PR.  Mari kita bahas sedikit mengenai apa itu manajemen. manajemen secara harfiah berasal dari bahasa Latin yang artinya memimpin menangani mengatur yang artinya dapat dikatakan bahwa dalam proses bagaimana cara mengatur sebuah hal untuk bisa mencapai tujuannya agar bisa menjadi lebih efektif.  

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan pengorganisasian pelatihan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

yang perlu teman teman ketahui bahwa manajemen bersifat universal artinya mencakup berbagai kaidah prinsip dan konsep dari berbagai disiplin ilmu sadar maupun tidak sadar. Proses manajemen pasti diterapkan dalam berbagai aktivitas sedangkan public relation mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya demi membangun dan menjaga saling pengertian di antara keduanya.

Dengan kata lain bagaimana kita mengelola komunikasi antara organisasi dengan publik agar sesuai dengan tujuan dari perusahaan yang di inginkan. Kurang lebihnya seperti itu.

Lalu bagaimana atau step bystepnya kita memanajemen PR kita ?.

Prinsip Manajemen

Untuk mencapai tujuan, setiap pemimpin harus menerapkan prinsip manajemen, antara lain:

-- Pembagian Kerja

Di dalam prinsip ini perlu diperhatikan the right man in the right place. Artinya, penempatan seseorang harus disesuaikan dengan keahlian dan pengalamannya.

-- Wewenang dan Tanggung Jawab

Pemimpin harus mampu menyeimbangkan wewenang dan tanggung jawab yang melekat di jabatan.

-- Kesatuan Komando

Komando untuk karyawan harus datang dari satu sumber. Tujuannya supaya semua karyawan memahami kepada siapa ia harus bertanggung jawab.

Koordinasi, Integrasi dan Sinkronisasi

Koordinasi berkaitan dengan menghimpun dan mengarahkan berbagai aspek terkait pelaksanaan program kerja organisasi. Integrasi yaitu menyatukan kegiatan berbagai unit menjadi satu kesatuan pikiran. Sinkronisasi artinya menyelaraskan kegiatan beragam unit di dalam tubuh organisasi.

-- Tertib dan Disiplin

Penerapan prinsip tertib dan disiplin akan meningkatkan kualitas kerja. Pada ujungnya, produk organisasi akan berkualitas dan tujuan dapat dicapai dengan mudah.

-- Semangat Kesatuan

Di dalam organisasi harus terdapat semangat kesatuan, senasib, dan sepenanggungan mulai dari jajaran top manajemen hingga karyawan.

-- Keadilan dan Kejujuran

Adil berhubungan dengan penempatan kerja karyawan sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Dalam hal pembagian kerja dan pendapatan juga harus adil dan seimbang. Kejujuran artinya masing-masing individu bekerja untuk kepentingan organisasi, bukan mendahulukan kepentingan pribadi.

Nah, dari prinsip manajemen diatas kita bisa mengelola sebuah PR itu bagaimana.

Selanjutnya adalah langkah manajemen PR yang dikenal sebagai empat langkah public relation.

1. Identifikasi masalah 

2. perencanaan dan pemograman 

3. Aksi dan komunikasi 

4. evaluasi 

   Yang perlu teman teman ketahui bahwa proses manajemen public relation adalah sebuah situs dimana ketika mencapai pada tahap evaluasi. program PR jika hasilnya dirasa kurang baik maka akan kembali pada tahapan yang pertama yaitu tahapan identifikasi program public relation. Sehingga nantinya akan kembali dicari tahu sebenarnya yang terjadi dalam organisasi dan hal tersebut akan berulang secara terus-menerus sampai permasalahan dalam organisasi terselesaikan . 

 3 langkah PR yang biasanya dilakukan oleh public relation dan aktivitasnya di organisasi. pertama mengenai manajemen isu di mana Aktivitas ini banyak berkaitan dengan desas-desus berita persepsi opini yang beredar di masyarakat terkait dengan organisasi.

Kedua digunakan untuk manajemen krisis di mana hal ini untuk meminimalisir dampak dari krisis dan menjadikannya sebagai peluang baru bagi organisasi 

ketiga yaitu manajemen reputasi dimana digunakan untuk mendapatkan kepercayaan dan kesan positif dari publik terhadap organisasi.

Baik, mungkin cukup sekian tulisan saya. 

Semoga bermanfaat bagi teman teman semua sampai jumpa di tulisan Selanjutnya !

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun