Mohon tunggu...
Fera Agrestina Br Lubis
Fera Agrestina Br Lubis Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

kewirausahaan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rebahan Cuan Mengalir: Gen Z dan Dunia Kewirausahaan Digital

18 November 2024   01:00 Diperbarui: 18 November 2024   01:04 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Pendahuluan

 Siapa bilang rebahan itu sia-sia? atau Pernahkah kamu membayangkan bisa menghasilkan uang sambil rebahan di kasur ? apa mungkin dengan cara ini  bisa menghasilkan uang  ? Bagi generasi Z ,ini bukan hal yang asing untuk didengar dan bukan hanya sekedar mimpi.  Di era digital seperti sekarang, rebahan bisa saja jadi pintu gerbang menuju kesuksesan finasial. Generasi Z,yang mana sudah tidak asing lagi dengan teknologi sejak kecil,bisa  membuktikan bahwa menghasilkan uang sambil bersantai di rumah sangat mungkin dilakukan. Dengan kreativitas dan memanfaatkan beberapa platfrom digital serta kekuatan media sosial di zaman sekarang,banyak anak muda sukses membangun bisnis online yang menguntungkan . ''Lantas apa rahasia dibalik suksesnya? Apa saja potensi bisnisnya ? Tantangan yang dihadapi? Serta Solusinya!Untuk itu Mari kita bahas lebih lanjut."

Mengenal Siapa Itu Generasi Z 

Generasi Z adalah generasi yang  lahir  pada pertengahan 1990-an hingga pertengahan 2000-an,yang dimana rentang usia gen z berada di usia 15-25 tahun. Generasi ini banyak mendapat perhatian public sebagai generasi pengusaha baru,dibandingkan dengan generasi sebelumnya generasi Z memiliki akses yang jauh lebih mudah terhadap teknologi dan informasi. hal ini sangat memungkinkan mengembangkan bisnis dengan lebih cepat serta efisien. untuk itu tidak heran lagi banyak startup sukses saat ini yg didirikan oleh anak muda. sebuah survei terbaru menunjukan bahwa lebih dari 70% generasi Z yang tertarik untuk menjadi pengusaha dengan memulai bisnis sendiri. 

Keterkaitan Kewirausahaan dengan Gen Z 

Kewirausahaan mendorong generasi muda untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam mencari solusi atas berbagai masalah .Dengan berwirausaha generasi muda akan belajar untuk bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yg dilakukan. Dengan menciptakan bisnis sendiri ,generasi Z dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain sehingga bisnis yang didirikan oleh generasi Z suatu saat dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Keterkaitan ini diawali karena adanya minat yang tinggi terhadap teknologi dimana mampu dalam memanfaatkan teknologi digital dalam berwirausaha di era modern.Tumbuh di era media sosial membuat Generasi Z memiliki keterampilan komunikasi yang sanagt baik. Generasi Z  juga cenderung lebih menyukai pekerjaan yang memiliki sifat fleksibilitas yang sama sekali tidak terkait aturan serta  memiliki tujuan yang jelas dan ingin mencapai kesuksesan dalam waktu yang relatif singkat.

Potensi Bisnis Online Bagi Gen Z 

Generasi Z, yang lahir di era digital memiliki keunggulan unik serta potensi yang cukup besar dalam memulai dan menggembangkan bisnis. Berikut beberapa peluang yang perlu kamu eksplor:

. Content Creator :Ini merupakan  salah satu pekerjaan yang banyak  diminati oleh generasi Z (Gen Z) karena berbagai alasan .Dengan menjadi Youtuber,Tiktoker,atau influenzer diberbagai platfrom media sosial lainnya.

. Affiliate Marketing         : Dengan  cara mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjulan. 

. Dropshipping                    : Menjual produk tanpa perlu repot meyimpan stock barang.

. Startup                                 : Menawarkan solusi inovatif  untuk masalah yang ada 

. Pembuat Game                 : Mengembangkan game sederhana  dan menjualnya di platfrom seperti Google Play Store atau App Store.

. Penulis Lepas                    : Menulis artikel,blog,atau skrip untuk berbagai keperluan.

. Desain Grafis                     : Membuat desain logo,poster,atau ilustrasi lainnya.

. E-commerce                      : Menjual produk sendiri melalui platfrom e-commerse atau marketplace.

. Cipta Konten                      : membuat konten kreatif seperti video,podcast, sponsorship,atau penjualan produk digital.

.Nft dan Cryptocurrency : Dengan melihat potensi besar dalam aset  digital untuk menghasilkan keuntungan.

Mengapa Gen Z Sukses di Dunia Bisnis Online?

Menguasai Teknologi dimana sudah sangat familiar dengan  berbagai perangkat dan aplikasi digital. Mampu berfikir secara kreatif dan inovatif ,memiliki ide-ide segar dan berani mengambil resiko. Sudah memahami target pasar dengan tren dan perilaku konsumen dengan sangat baik. Dengan adanya fleksibilitas membuat Gen Z berbisnis dimana saja dan kapan saja . Mampu dalam membangun koneksi yang kuat dengan banyak orang serta sangat baik dalam membangun reputasi pribadinya. Dan hal yang penting dan utama yang wajib kamu punya yaitu Percaya diri ,jangan gengsi  dan tidak mudah menyerah dalam segala hal,karena kesuksesan tidak datang secara instan melainkan membutuhkan  kerja keras serta konsistensi dari diri sendiri.

Tantangan yang Dihadapi

Tentu saja untuk mencapai kesuksesan sudah pasti kita akan menghadapi berbagai tantangan .Contohny seperti banyaknya jumlah persaingan yang ketat,hal ini membuat pasar semakin sulit untuk menonjol dimana mengharuskan untuk beradaptasi dengan tren terbaru yang membutuhkan sumberdaya dan waktu yang cukup. Terjadinya perubahan alogaritma pada platfrom yng dapat memngaruhi jangkauan bisnis.Tuntutan untuk terus beinovasi yang dapat berdampak  pada kesehatan mental. Adanya tekanan untuk selalu aktif di media sosial yang dapat meyebabkan kelelahan dan brunout,serta tantangan lainnya .

Solusi untuk Menghadapi Tantangan Tersebut

Dimana ada tantangan pasti ada solusi untuk mengatasi tantanagn tersebut. Adapun dengan cara membangun relasi yang kuat dengan pelanggan ,dengan memberikan pelyanan yang baik .Mau terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru .Menjaga keseimbangan antara kehidupan pribad dan bisnis,dengan cara meluangkan waktu untuk  beristirahat dan melakukan kegiatan yang menyenagkan ( self reward). Tetap fokus pada niche pasar yang spesifik membantu memperkecil persainagan dan membuat bisnis lebih mudah menonjol.

Kesimpulan

"Rebahan cuan mengalir"bukan hanya sekedar slogan,tetapi kenyataan yang bisa dicapai oleh siapa saja,terutam generasi Z . Makna kata "Rebahan" tidak hanya merujuk pada suatu aktivitas fisik,melainkan mengandung sebuah makna dimana mencerminkan gaya hidup kewirausahaan generasi muda  yang lebih santai,fleksibel,dan berorientasi pada hasil.Dengan memfaatkan peluang yang ada di dunia digital,kamu dapat meraih kesuksesan finasial sambil tetap menikmati hidup. Kuncinya adalah memiliki semangat yang tinggi, terus belajar, dan tidak takut untuk mencoba hal baru.Kewirausahaan merupakan peluang yang sangat baik bagi generasi Z untuk meraih kesuksesan dan berkontribusi bagi masyarakat. Dengan dukungan yang tepat,kamu dapat lebih siap menghadapi masa depan yang penuh dengan peluang dan menjadi  generasi muda yang dapat menjadi motor penggerak perekonomian indonesia di masa mendatang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun