Pemasaran online tidak terlepas dari peran pihak dibelakang layar, yaitu manajer media sosial.
Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa hadirnya media sosial dalam kehidupan kita telah membawa kemudahan di hampir segala aspek. Tidak hanya digunakan secara personal, media sosial juga dimanfaatkan oleh perusahaan maupun NGO / LSM untuk pemasaran online.
Oleh perusahaan maupun NGO, media sosial dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi juga berinteraksi dengan pengguna media sosial lainnya. Tak jarang juga mereka melakukan kampanye melalui media sosial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan reputasi maupun untuk tujuan lainnya.
Dalam hal ini pihak yang menghandle media sosial memiliki peran yang cukup penting. Sebagai pihak yang menghandle media sosial, admin harus mengelola konten di media sosial dengan maksimal. Hal ini dengan memperhatikan beberapa hal agar konten di media sosial tersebut baik dan tujuan pun dapat tercapai, yaitu:
1. Brand Development
Berbicara tentang pemasaran produk, ini kaitannya dengan nilai maupun reputasi dari brand. Hal ini dapat mempengaruhi pembelian.
2. Â Identifikasi Target
Dalam   pemasaran, kita tidak mungkin menjangkau semua orang. Oleh karena  itu,  kita harus tahu siapa target yang ingin dijangkau pada media  sosial.  Sehingga  kita dapat menyesuaikan bahasa maupun konten dengan  target  sasaran.
3. Menetapkan Tujuan
Dalam hal ini, tujuan   sangatlah penting. Tujuan menjadi acuan untuk menjalankan aktivitas  di  media sosial. Dengan mengacu pada tujuan, hasil yang akan diperoleh  pun  diharapkan tidak melenceng dari tujuan yang ada.
4. Perencanaan