Genap satu tahun pembelajaran daring dilakukan oleh mayoritas siswa di seluruh negeri. Ada salah satu siswa curhat ke ibunya. Bu, setiap hari aku belajar pukul 07.00 hingga pukul 12.00 hanya untuk beberapa mata pelajaran. Kemudian guruku memberikan materi pelajaran dan latihan soal melalui aplikasi Whatsapp dan Zoom. Awalnya aku suka bu, namun tidak lama aku bosan.Β
Mengapa guru-guruku hanya begitu begitu saja? Ngasih materi, soal, udah selesai. Tapi kan ada jeda untuk bertanya ndukΒ ke gurumu? Sahut ibunya yang mulai cemas. Tetap bu, tidak bisa nyambung sama pelajarannya karena keterangan yang diberikan hanya berupa teks.
Kira kira seperti itu kecemasan yang tetap ada selama pandemi terjadi. Pandemi yang seakan datang bertubi-tubi memaksa pelajar untuk pandai beradaptasi dengan situasi baru. Moratorium pemerintah yang melarang pembelajaran secara tatap muka dianggap solusi praktis untuk menjaga generasi-generasi emas Indonesia. Menjaga lebih baik dari pada mengobati.Β
Kiranya hal itu yang pantas disematkan atas upaya preventif pemerintah dalam menghadapi pandemi. Namun, kita lupa akan konsekuensi sosial yang akan dihadapi nantinya. Moratorium pemerintah selamanya dianggap yang paling ideal terkait pendidikan saat masa pandemi. Ideal secara kesehatan namun tidak secara mental. Mental pelajar yang terbentuk saat pandemi pun juga penting dan harus seimbang. Namun kenyataanya malah terbalik.
Ruh belajar tidak ada
Belajar disaat pandemi merupakan hal baru. Lebih popular dengan sebutan daring. Ada anekdot yang berkembang di masyarakat bahwa daring memiliki arti "mendadak miring".Β
Secara harfiah, belajar daring merupakan kegiatan belajar yang dilakukan menggunakan koneksi internet. Melalui belajar daring, siswa diharapkan mendapat ilmu yang sama dengan belajar tatap muka atau bahkan mendapat ilmu lebih. Hal tersebut dianggap lebih rileks karena kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan di rumah sendiri. Apakah demikian ? Tidak!.
Siswa malah tidak menemukan kesinambungan antara materi yang disampaikan melalui daring dan teori yang didapatkan hanya melalui pembagian merata di grup WA.Β
Siswa cenderung monoton dalam pembelajaran. Sifat pembelajaran yang hanya terpusat pada guru dan ditunjang dengan komunikasi satu arah, cenderung menciptakan kejenuhan saat proses belajar mengajar dan mengakibatkan siswa mendadak miring. Mulai dari gawai dan etika pun juga mendadak miring. Memang etika dalam perkembangannya di era modernisme seperti saat ini menempati posisi yang sangat penting dalam kehidupan.
Dapat kita lihat ketika siswa menggunakan gawai pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Idealnya gawai digunakan untuk mempermudah kegiatan pembelajaran daring. Namun, hal itu tidak terlaksana dengan baik. Sering kali siswa menganggap remeh pembelajaran. Hal itu terbukti dengan intensitas kehadiran selama kegiatan pembelajaran. Meskipun upaya serius sudah dilakukan seperti memberikan G-form pada setiap kesempatan namun tetap saja nihil.
Siswa sudah melabeli bahwa pembelajaran daring sangat tidak menyenangkan. Sangat monoton dan tidak ada tantangan. Tentu ini adalah ancaman yang serius. Ancaman yang datang dari upaya yang kurang terukur dari pemerintah dan berimbas pada ruh pembelajaran separo hilang. Tapi bagaimanapun juga yang namanya ruh itu kan tidak bisa separo-separoh , kalau separo jadinya ya pendidikan kita bakal ngigau.Β
Pembelajaran menjadi timpang
Sebagai guru professional, haram hukumnya melihat perubahan kondisi sebagai hambatan. Justru perubahan kondisi lingkungan pembelajaran menjadi tantangan untuk membuktikan bahwa kretifitas itu mahal.Β
Kreativitas dituntut lebih tinggi agar mampu menyambut perubahan drastis disaat pandemi. Β Jawabannya adalah kualitas pedagogik.Β
Memang itu, mau apa lagi?. Kedaulatan pedagogik disaat pandemi atau saat pembelajaran daring sangat diuji dan dihabisi. Se ideal apapun seorang guru, meskipun sudah terakui berjejer gelar di belakang namanya kalau pedagogiknya nol putul sudah dipastikan bakalan habis.
Ujungnya, guru hanya bermodal ppt yang hanya disebar melalui grup WA tanpa narasi. Ini ya anak-anak tugas nya dari bapak/ibu guru silahkan download dan dipelajari sendiri ya! besok lusa kita ulangan. Kira kira seperti itu. Wajar kalau setiap kelas daring selalu sepi jika model gurunya seperti ini. Kedaulatan pedagogik model guru seperti ini sangat terancam. Lantas bagaimana?
Kemampuan melakukan personalisasi, titik!. Yah, kemampuan memahami siswa, mengubah komunikasi dengan siswa menjadi lebih komunikatif dan pada akhirnya bermuara pada ciri personal tertentu. Oh, guru gini yah! asik juga ternyata. Meskipun ngasih PPT saja , tapi beliau menyisipkan puzzle yang merupakan intisari materinya.Β
Asik! Kayak main detektif-detektifan. Nah, jika hal ini keluar dari mulut siswa, meskipun daring berjam-jam pun tidak akan terasa. Namun jika pedagogik tidak diakselerasikan dengan baik, maka teknologi model apapun tidak akan efektif bahkan sia-sia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H