Mohon tunggu...
Femas Anggit Wahyu Nugroho
Femas Anggit Wahyu Nugroho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hamba Allah yang ditetapkan tinggal di bumi sejak 2003 dan suka nasi goreng.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Portofolio Sebagai Penilaian Autentik

30 Juni 2024   12:52 Diperbarui: 30 Juni 2024   15:09 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam proses belajar mengajar, penilaian menjadi hal yang tidak dapat dilewatkan. Penilaian penting dilakukan untuk menilai sejauh mana kemampuan peserta didik atau sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Melalui penilaian, dapat diketahui kemampuan peserta didik dalam penguasaaan materi.

Salah satu jeni penilaian yang dapat digunakan dalam proses belaajr mengajar adalah penilaian portofolio. Jenis penilaian ini penting untuk dipahami oleh seorang guru. Seorang guru harus mampu mengembangkan dan menggunakan penilaian portofolio. Untuk itu, harus dipahami terlebih dahulu hal-hal mendasar mengenai penilaian portofolio.

A. Pengertian Penilaian Portofolio

Secara asal kata atau etimologis, portofolio berasal dari port (laporan) dan folio (lengkap). Maka, portofolio secara etimologi smemiliki arti sebagai laporan yang lengkap, menyeluruh, dan komprehensif mengenai suatu hal, pekerjaan, atau kegiatan.

Secara umum, portofolio dapat diartikan sebagai laporan lengkap informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan seseorang. Dalam konteks pembelajaran, maka portofolio merupakan kumpulan karya siswa. Kumpulan karya ini bisa berupa laporan praktik, tugas, dan sebagainya dalam kurun waktu tertentu. Biasanya selama satu semester.

Dari pengertian portofolio tersebut, dapat didefinisikan apa itu penilaian portofolio. Penilaian portofolio merupakan penilaian berkesinambungan melalui kumpulan karya atau pekerjaan siswa yang menunjukkan usaha, perkembangan, dan kecakapan mereka. Hal ini menjadikan portofolio sebagai jenis penilaian yang autentik, nyata dalam memberikan gambaran mengenai perkembangan kemampuan siswa dari waktu ke waktu.

B. Aspek Penilaian Portofolio

Dalam penilaian portofolio, terdapat tiga aspek yang dinilai. Aspek tersebut meliputi kognitif atau pengetahuan, afektif atau sikap, dan psikomotorik atau keterampilan.

1. Aspek kognitif

Berdasarkan teori hasil belajar Benyamin S Blomm yang dikenal dengan teori taksonomi bloom, penilaian aspek kognitif meliputi 6 hal. Berdasarkan versi revisi oleh Anderson, taksonomi bloom pada aspek kognitif mencakup: mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

2. Aspek afektif

Penilaian portofolio pada aspek afektif meliputi penilaian terhadap segala perasaan, minat, tingkah laku, emosi, dan motivasi

3. Aspek psikomotorik

Hal ini mencakup penilaian mengenai keahlian atau keterampilan siswa. Pada aspek ini, penilaian biasanya lebh banyak dilakukan melalui praktik.

C. Bagian-Bagian Portofolio

Dalam mengembangkan dan menerapkan penilaian portofolio, tentunya perlu dipahami bagian-bagian dari portofolio itu sendiri. Adapun bagian-bagian portofolio meliputi Daftar isi dokumen, isi dokumen, dan bundel dokumen.

1. Daftar isi

Pada halaman depan portofolio tertulis nama dan identitas lain peserta didik beserta daftar dokumen yang ada di dalamnya.

2. Isi

Isi portofolio dapat berupa kumpulan tugas peserta didik seperti foto, video, penilaian tertulis, penugasan, laporan praktik, karya praktik selama kurun waktu tertentu, misalnya selama satu semester. Isi portofolio menjadi ukuran sejauh mana peserta didik telah melaksanakan tugas-tugasnya dan sejauh mana perkembangan peserta didik sesuai standar yang telah ditetapkan.

3. Bundel dokumen

Merupakan kumpulan semua dokumen atau karya peserta didik yang dimasukkan ke dalam bendel dokumen portofolio. Dokumen-dokumen tersebut ditempatkan dalam satu map atau folder.

Itulah hal-hal mendasar mengenai penilaian portofolio yang perlu dipahami oleh guru sebelum mengembangkan atau menggunakan penilaian portofolio. Penilaian portofolio menjadi penilaian autentik untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun