Penulis akan menganalisis sedikit tentang aliran filsafat pendidikan progresivisme itu sendiri dan beberapa tokohnya.
1. Pengertian Filsafat Pendidikan Progresivisme
Progresivisme merupakan salah satu aliran dalam filsafat pendidikan yang lahir pada tahun 1918 dan merupakan suatu aliran yang menyatakan tentang pengetahuan masa sekarang tidak akan sama dengan pengetahuan yang ada di masa mendatang. Selain itu pendidikan seharusnya berpusat pada anak bukan hanya pada guru saja.
2. Tokoh Filsafat Pendidikan Progresivisme beserta Pemikirannya
a. George A Xtelle
Xtelle merupakan seorang filsuf pendidikan sekaligus seorang humanis dan pragmatis yang lahir pada tahun 1893. Pemikirannya tentang pendidikan adalah fungsi sosial yang terpenting dari masyarakat.
b. William O Stanley
Merupakan salah satu pendiri fondasi sosial pendidikan. Dan Pemikirannya yaitu tentang perilaku individu, dimana perilaku tersebut dapat menentukan nilai dari individu itu sendiri.
c. Ernest Albert Bayley (1881-1966)
Merupakan seorang filsuf asal Australia. Pemikirannya bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan lingkungan disekitarnya melalui kecerdasannya serta metode-metode ilmiah. Sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan pendidikan akan lebih berkembang serta maju.
d. Lawrence B. Thomas