Mohon tunggu...
febriyanto
febriyanto Mohon Tunggu... Ilustrator - mahasiswa universitas muhammadiyah jakarta

seorang mahasiswa ilmu komunikasi di universitas muhammadiyah jakarta, dan berprofesi sebagai desainer grafis dan fotografer freelance.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perancangan Bahasa Indonesia sebagai Alat Komunikasi pada Konten Kreator di Instagram Reels Berbasis Komunikasi Digital

12 Januari 2024   13:10 Diperbarui: 12 Januari 2024   13:17 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak  

Kemampuan penggunaan bahasa indonesia pada komunikasi digital yang dimiliki konten kreator desain grafis di indonesia sangatlah minim. Padahal kemampuan penggunaan bahasa indonesia sangatlah diperlukan terutama oleh seorang konten kreator desain grafis di media instagram reels. Dengan mempelajari penerapan bahasa indonesia pada konten-konten media instagram reels akan mendapat keuntungan seperti; mempermudah audiens dalam memahami isi konten kita, meminimalisir terjadinya ketidakpahaman bahasa yang digunakan, memudahkan kita untuk menjelaskan isi dari konten yang akan kita buat, melatih skill public speaking. Oleh karena itu upaya perancangan bahasa indonesia ini dibuat untuk memperkenalkan upaya perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels berbasis komunikasi digital. 

Pentingnya memahami bahasa indonesia dalam proses konten dan penyampaian isi konten berguna untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman atau ketidaktahuan bahasa yang digunakan pada konten, namun jika menerapkan penggunaan bahasa indonesia yang benar maka proses komunikasi digital ini dapat berjalan secara efektif. Pada konteks ini bukan hanya audiens yang mendapat pemahaman materi, tetapi juga ada benefit  bagi para konten kreator, diantaranya adalah terlihat profesional, mendapat adsense dari pihak instagram, dapat menarik minat klien untuk menggunakan jasa kita, jadi bukan Cuma menyebarkan ilmu desain, tapi juga berperan penting guna meningkatkan personal branding bagi konten kreator desainer grafis di instagram reels.

Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Komunikasi, konten kreator, instagram, desain grafis.

PENDAHULUAN 

Desain grafis memiliki peran sangat pentig di era modern seperti saat ini, bukan hanya peluang kerja yang luas, namun desain grafis juga sangat banyak diminati oleh para kaum milenial di masa sekarang ini. Karena didalam kehidupan sehari-hari pun kita memerlukan yang namanya seni visual bahkan kebutuhan untuk marketing yang sangat berguna jika mempunya skill desain grafis. Di masa sekarang ini tentunya banyak konten kreator yang membagikan tips dan trik seputar desain grafis, tentunya disini sangat berguna bagi kaum milenial yang ingin belajar seputar desain grafis namun terkendala biaya. Dijelaskan pula dalam kitab suci Al-Qur’an keutamaan orang yang menyampaikan ilmu akan diangkat derajatnya, hal ini dijelaskan dalam Qur’an surat Al-mujadilah ayat 11 berikut ini:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan. ( Q.s Al mujadilah : 11)


Banyaknya konten kreator desain grafis saat ini sungguh berperan penting bagi kaum milenial dalam menebarkan ilmu desain. namun sangat disayangkan, kerap kali ada beberapa konten kreator yang masih minim dalam penggunaan bahasa indonesia pada konten yang mereka buat, hal ini dapat memicu terjadi ketidakpahaman bagi para audiens.

Di era digital yang berkembang pesat saat ini, instagram telah menjadi platform yang menjadi ladang subur bagi para orang-orang kreatif untuk mengekspresikan diri dan membagikan karya seni mereka, bahkan membagikan ilmu yang mereka miliki melalui platform ini. Salah satu komunitas yang meramaikan ranah visual di palform ini adalah para konten kreator desain grafis. Tak sedikit orang yang membagikan tips dan trik seputar desain grafis pada platform ini, banyaknya juga minat kaum muda milenial di era sekarang terhadap desain grafis memicu para desainer grafis untuk membuat konten tips dan trik desain grafis melalui instagram feed maupun reels. Dalam hal ini, fungsi bahasa indonesia sebagai alat komunikasi utama mempunyai peranan yang amat penting guna efektifnya proses komunikasi yang dilakukan oleh para konten kreator kepada audiens. Perkembangan pesat platform media sosial instagram sangat pesat, salah satunya instagram reels yang banyak diminati oleh kaum muda sekarang. Sebagai salah satu fitur unggulan di instagram yang dapat menunjukkan tren-tren terkini, tentu merupakan peluang yang sangat besar untuk para konten kreator desainer grafis saat masuk ke ranah ini, guna meningkatkan personal branding dan berbagi ilmu kepada para audiens. Namun ada beberapa yang kerap kali menjadi persoalan yakni dalam penerapan bahasa indonesia yang benar masih dapat dikatakan sangat minim hingga dapat memicu terjadinya ketidakpahaman bahasa dan terjadinya noise pada proses komunikasi digital dan menurunkan profesionalitas dalam konten.

Dalam konteks yang menjadi persoalan ini, maka artikel jurnal ini bertujuan untuk mengkaji serta memberikan upaya dalam perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels berbasis komunikasi digital. Perkembangan teknologi digital memberikan peluang yang sangat besar bagi para konten kreator untuk menyampaikan ilmunya kepada kaum milenial yang ingin mempelajari desain grafis namun terkendala biaya. Oleh karena itu, penting bagi para konten kreator desain grafis untuk mempelajari dan memahami penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar, guna mudah dipahai oleh para audiens dan dapat mencerna isi materii konten yang disampaikan.

KAJIAN TEORI

Pada tahap ini peneliti melakukan beberapa tahapan analisis, diantara yaitu analisis penggunaan bahasa dan kosakata yang digunakan oleh konten kreator desain grafis. Dalam dunia digital yang sangat modern saat ini, peneliti menyadari bahwa banyak sekali peluang untuk belajar desain grafis tanpa adanya pungutan biaya. seperti yang kita tahu saat ini, biaya yang dilontarkan untuk sekolah jurusan desain grafis memiliki harga yang cukup mahal dibanding jurusan lainnya. Hingga tidak semua kaum muda milenial dapat mengaksesnya. Diantara aspek-aspek perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels berbasis komunikasi digital maka peneliti menemukan pengertian dari aspek-aspek berikut:

  •  Komunikasi digital
  • Komunikasi digital merujuk pada bentuk interaksi yang dilakukan melalui alat bantu digital, seperti komputer, handphone, dan internet. Konsep ini terus berkembang seiring perubahan zaman dan teknologi, memungkinkan interaksi dan penyampaian pesan melalui berbagai perangkat tambahan. Beberapa efek positif dari komunikasi digital termasuk menghemat jarak, waktu, dan biaya, serta memungkinkan akses yang mudah dan fleksibel. Hal ini juga memunculkan berbagai jenis media komunikasi, seperti media sosial, yang dapat meningkatkan kompetensi dalam berkomunikasi digital. Komunikasi digital memainkan peran penting dalam menyatukan orang dari berbagai lokasi dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan modern.
  • Komunikasi digital pada konten kreator melibatkan penggunaan berbagai media digital untuk menyebarkan informasi melalui tulisan, audio, video, dan desain grafis. Konten kreator menggunakan platform seperti YouTube, Instagram, dan lainnya untuk menyebarluaskan karyanya. Kemampuan komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, serta keterampilan teknis sangat penting dalam profesi ini. Mereka juga perlu beradaptasi dengan perubahan perilaku komunikasi di era digital dan menggunakan kreativitas, akurasi data, dan validitas data untuk memengaruhi audiens dan meningkatkan daya beli masyarakat’
  • Jika dikaitkan antara komunikasi digital dengan konten kreator desain grafis, hal ini tentu sangat berhubungan dan saling membutuhkan. bagaimana tidak, konten kreator desain grafis di instagram reels harus mampu menguasai penggunaan bahasa indonesia yang baik dan menguasai komunikasi digital.  Dalam konteks ini seorang konten kreator desainer grafis harus mampu menguasai bahasa indonesia yang baik, agar konten dapat dipahami oleh viewers dengan mudah, tanpa adanya perbedaan bahasa.
  •  Desain grafis
  • Desain grafis adalah perancangan media visual untuk promosi maupun komunikasi, dengan penggunaan warna, text, objek, foto dan lain sebagainya. Desain grafis memiliki makna luas tergantung konteks yang akan kita tuju. Desain grafis juga merupakan suatu bidang yang sangat banyak diminati oleh para kaum muda milenial di era saat ini. Bagaimana tidak, desain grafis merupakan unsur yang sangat penting di era saat ini. Dalam proses  marketing juga kita memerlukan desain grafis sebagai media pomosi berbentuk visual.
  • Dalam era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, peran Bahasa Indonesia menjadi sangat krusial bagi konten kreator desain grafis di media instagram reels. Bahasa Indonesia bukan hanya sekadar alat komunikasi, tetapi juga menjadi fondasi utama dalam mentransfer ide, konsep, dan kebutuhan antara konten kreator dan viewers.
  • perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels berbasis komunikasi digital dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut beberapa upaya yang dapat dilakukan: (1)Perhatikan Tata Bahasa, (2)pilih kata yang tepat, (3) Menganalisis target audiens yang akan kita tuju, (4)memahami susunan kata yang baik saat sedang menjelaskan materi desain, (5)mampu mendefinisikan materi secara ringkas tapi bermakna luas. Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, Anda dapat meningkatkan kualitas Bahasa Indonesia pada konten desain grafis di Instagram Reels serta meningkatkan keterlibatan dan apresiasi dari pengikut.
  •  Konten kreator
  • Konten kreator merupakan seorang kreatif yang menuangkan ide dan gagasannya kejejaring media sosial atau platform media sosial seperti instagram, youtube, facebook, dan platform lainnya. Seorang konten kreator di era modern saat ini sangatlah diperlukan, terutama bagi konten kreator edukasi yang memberikan tips dan trik seputar ilmu yang mereka miliki.
  • Pada konteks perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels berbasis komunikasi digital, sebagai seorang konten kreator haus bisa memahami penggunaan bahasa indonesia yang baik guna efektifnya proses komunikasi digital pada isi konten.

METODE  

Pada penelitian kali ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana penulis melakukan wawancara secara langsung dengan konten kreator desain grafis pada platform instagram. Tujuan dari wawancara ini untuk memperolah informasi dan data secara akurat sesuai dengan pengalaman yang telah mereka alami selama menjadi konten kreator desain grafis di platform instagram reels.  

Dengan meggunakan metode kualitatif maka data yang diperolah akan lebih akurat, hingga memudahkan peneliti untuk mengidentifikasi sebuah persoalan yang terjadi pada konten kreator desainer grafis saat ini.

HASIL DAN DISKUSI 

Penelitian ini dimulai dengan riset, karena sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu ketika ingin memecahkan suatu persoalan pada konten kreator di instagram reels. Menurut para konten kreator, penggunaan bahasa indonesia pada isi konten membuat konten jadi lebih profesional dan efektif dalam menyampaikan isi pesan.

Berbeda ketika menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing dalam konten, hal ini sangat berpengaruh besar bagi ketidak efektifan komunikasi digital, karena para audiens tidak dapat sepenuhnya memahami bahasa daerah yang kita gunakan atau bahasa gaul.

Perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels menghasilkan temuan yang sangat signifikan. Dalam analisis ini penulis menemukan data analisis konten visual dan penggunaan teks pada isi konten, serta tanggapan dari para audiens yang terlibat dalam penelitian. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang efektifitas bahasa indonesia dalam meningkatkan komunikasi digital yang disampaikan oleh para konten kreator desain grafis.

Temuan pertama : penyederhanaan bahasa dan visual pada cover konten

Perancangan bahasa indonesia dapat diterapkan pada cover konten dengan penggunaan bahasa dan kata yang sederhana, dengan begitu cover konten maka akan lebih terlihat menarik bukan hanya simpel namun mudah menarik audiens untuk mengklik konten tersebut. Selain itu perancangan visual juga sangat perlu diperhatikan salah satunya dalam penggunaan warna dan font. Tentu ini menjadi aspek yang sangat penting selain penerapan bahasa indonesia pada cover konten.

Temuan kedua : Keseuaian dengan budaya lokal

Ketika budaya indonesia di aplikasikan dalam materi yang akan disampaikan oleh konten kreator dengan memperhatikan budaya lokal, respons positif dari para audiens akan lebih meningkat secara signifikan. Konten yang mencakup edukasi dan memasukan unsur budaya didalamnya serta menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar dan sopan dianggap lebih relavan dan menangkar di tengah pengguna instagram reels.

Temuan ketiga : Kesesuaian target audiens yang mengakses konten kita

Ketika proses pembuatan konten maka seorang konten kreator harus menganalisis terlebih dahulu target audiens yang ingin dituju, dengan penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar maka hal ini akan memudahkan audiens dari semua kalangan memahami bahasa yang disampaikan serta efektif untuk mencerna isi konten.

Dalam temuan tersebut penulis dapat menyimpulkan bahwa upaya Perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada konten kreator desain grafis di instagram reels dapat berjalan efektif jika ketiga upaya tersebut diralisasikan oleh para konten kreator. Dengan begitu, maka proses berjalannya komunikasi digital dapat berjalan secara efektif dan memudahkan pemahaman bagi para audiens.

Diskusi

Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman kita terhadap perancangan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi pada instagram reels yang biasa dilakukan oleh konten kreator. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diimplementasikan secara luas oleh para konten kreator desain grafis maupun konten kreator di bidang lainnya. Guna efektifnya proses komunikasi digital serta memudahan para audiens untuk memahami isi konten yang kita sampaikan.

Perlu dicatat bahwa perkembangan teknologi dan tren digital dapat mempengaruhi dinamika komunikasi digital di masa depan. Oleh sebab itu, maka penelitian diperlukan untuk memahami bagaimana upaya perancangan Bahasa Indonesia dapat terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungan digital. Kesempatan ini juga dapat dijadikan sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya dalam konteks bahasa dan komunikasi digital di era yang terus berubah ini.

Dengan pemanfaatan teknologi digital saat ini, konten kreator dapat berkontribusi untuk memberikan edukasi kepada para kaum milenial untuk ikut mempelajari ilmu yang mereka miliki walaupun pembelajaran tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka, mungkin dengan menggunakan konten juga tidak kalah efektif.

KESIMPULAN 

            Perancangan serta penerapan bahasa indonesia berperan sangat penting bagi konten kreator desain grafis di instagram reels guna meningkatkan efektifitas dan pemahaman bagi para audiens. Media digital di era saat ini telah berkembang pesat dan membawa dampak positif maupun negatif nagi para pengguna nya. Dengan pemanfaatan media digital maka banyak konten kreator yang terjun untuk mencari ladang dan meningkatkan personal branding mereka, khususnya bagi para konten kreator desain grafis, memberikan tips dan trik merupakan perbuatan yang sangat mulia dan diperlukan di era saat ini. Ditengah kaum muda milenial yang tidak mampu untuk sekolah desain, maka mereka tak perlu lagi mengeluarkan uang yang begitu banyak jumlahnya hanya untuk belajar desain grafis di sekolah maupun di bangku perkuliahan, cukup dengan melihat dan mengikuti konten para kreator desain grafis di platform media sosial yaitu instagram. Dengan begitu mereka mendapat teori secara langsung dan mudah mencernah serta memahami apa yang disampaikan oleh para konten kreator.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun