Bagi kalian yang bekerja di kantor baru maupun fresh graduate yang baru saja diterima di perusahaan idaman, hari pertama dalam bekerja merupakan salah satu hari yang mendebarkan. Pasalnya, kalian akan memberikan kesan pertama kepada para rekan kerja dan atasan baru kalian.
Tentunya untuk mengawali hari pertama dalam bekerja, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti mengenakan pakaian yang rapi serta datang tepat waktu.Â
Selain itu, kalian juga harus menjaga sikap dalam bersosialisasi dan beradaptasi di lingkungan baru. Jangan sampai, kalian melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merusak kesan pertama kalian.
Nah, agar kalian bisa melewati hari pertama bekerja dengan lancar, ada baiknya kalian menghindari lima hal kesalahan umum yang sering terjadi di bawah ini;
Tidak Mau Bertanya
Tidak mengajukan pertanyaan dan hanya mengangguk, namun tidak betul-betul paham mengenai tugas dan tanggung jawab dalam pekerjannnya. Ini adalah salah satu kesalahan umum yang kerap kali dilakukan oleh beberapa orang di hari pertamanya dalam bekerja.
Bertanya kepada atasan atau rekan kerja justru merupakan suatu hal yang bagus untuk menunjukkan minat serta keinginan kalian untuk berkembang di perusahaan. Namun tentu saja, pilihlan pertanyaan yang tepat untuk diajukan dan jangan berlebihan.
Bersikap 'Sok Tahu'
Salah satu sikap yang wajib dihindari dalam membangun kesan pertama yang baik adalah sikap 'sok tahu'. Sebagai karyawan baru, alangkah lebih baik kalau kalian bertanya kepada rekan kerja yang lebih senior jika dirasa ada hal yang belum paham. Ini lebih baik dibandingkan nekat untuk menyelesaikan pekerjaan yang mungkin akan berujung pada kesalahan yang fatal.
Sikap merasa lebih ahli dibandingkan rekan kerja lainnya hanya akan membuat kalian dinilai negatif, lho! Jadi, tunjukan kompetensi kalian dengan tetap bersikap humble, ya!
Mengeluh Tentang Pekerjaan Sebelumnya
Biasanya rekan kerja di kantor akan cenderung penasaran dan ingin lebih mengenal kalian. Mereka akan bertanya mengenai latar belakang maupun pengalaman kerja di tempat sebelumnya. Saat kalian mulai menceritakannya, sebaiknya hati-hati dan jangan sampai membeberkan keburukan atasan maupun rekan kerja di kantor yang lama.Â
Dibandingkan memberikan komentar yang kurang mengenakkan, lebih baik kalian menceritakan hal-hal positif yang pernah terjadi di kantor yang lama. Terlalu banyak bercerita mengenai kekurangan perusahaan lama, membuat kalian akan di cap sebagai seorang yang mudah mengeluh.
Menggosip di Kantor
Di lingkungan manapun, teman kerja yang gemar menggosip pasti selalu ada. Tapi ini bukan berarti kalian wajib ikut menggosip agar lebih dekat dengan mereka. Di saat seperti ini, kalian hanya perlu mendengarkan atau mengabaikannya saja.
Karena kalian yang masih berstatus sebagai karyawan baru tidak perlu ikut campur atau ikut memberikan komentar, karena kita tidak tahu apakah hal yang dibicarakan benar adanya atau hanya rumor belaka.
 Berekspektasi Tinggi
Saat memulai karir baru, ada kalanya kita memiliki ekspektasi yang tinggi dalam pekerjaan tersebut. Sayangnya, tidak semua hal yang kita inginkan dapat terealisasikan. Beberapa orang mungkin akan kecewa dengan lingkungan dan pekerjaan mereka karena tidak sesuai dengan keinginannya tersebut.
Maka dari itu, jangan menaruh harapan yang terlalu tinggi di awal-awal kalian mulai bekerja. Di dalam dunia kerja, tentu saja tidak akan mudah dan pastinya ada banyak rintangan. Semua orang perlu bekerja keras untuk bisa memiliki karir yang cemerlang di masa mendatang.
Akhir Kata
Itulah kelima hal yang harus kalian hindari di hari pertama dalam bekerja. Ingatlah untuk mempersiapkan segala hal dengan baik, karena penampilan, cara berbicara serta sikap yang kalian perlihatkan di hari pertama akan mempengaruhi kesan orang lain terhadapmu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H