Aksi nyata..  di sini
Kurikulum adalah rencana atau susunan sistematis dari materi pelajaran, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi yang digunakan dalam proses pendidikan. Secara lebih sederhana, kurikulum adalah panduan atau kerangka kerja yang digunakan oleh lembaga pendidikan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran.
Berikut adalah beberapa definisi tentang kurikulum menurut para ahli pendidikan di Indonesia:
1. Prof. Dr. H. John A. Munro
Menurut Munro, kurikulum adalah "suatu rencana tertulis yang menggambarkan apa yang harus dipelajari oleh siswa, bagaimana materi itu diajarkan, dan bagaimana penilaian dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan yang setara bagi semua siswa untuk mencapai hasil pembelajaran yang diharapkan."
2. Prof. Dr. M. Amin Abdullah
Abdullah mendefinisikan kurikulum sebagai "rencana pendidikan yang memuat urutan dan pengaturan bahan pelajaran serta pengalaman belajar, yang diberikan kepada peserta didik untuk membantu mereka mencapai tujuan pendidikan tertentu."
3. Prof. Dr. H. Husein Umar
Husein Umar menyatakan bahwa kurikulum adalah "suatu rencana yang memuat semua pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan."
4. Prof. Dr. Tarigan, M.Pd
Menurut Tarigan, kurikulum adalah "rencana pembelajaran dan pengajaran yang memuat kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan."