MATERI I
MATERI I
A.PROSES PENDIDIKAN
Proses pendidikan merupakan kegiatan memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan . Dimana di dalamnya terdiri dari 3 aspek sebagai berikut : Â
B.Hard Skill & Soft SkillÂ
 1. Hard skill (Otak Kiri) adalah keterampilan di mana aturan tetap sama terlepas dari keadaan atau orang yang bekerja dengan kita . Aturan hard skills biasanya sudah di tetapkan oleh perusahaan dan di bisa dipelajari di sekolah dan dari buku buku atau dari para ahli di bidangnya .
2. Soft skill (Otak Kanan)Â adalah keterampilan dimana perubahan aturan tergantung pada budaya perusahaan dan orang2 yang bekerja dengan anda . Soft Skill lebih menitikberatkan pada karakter kepribadian seseorang dimana soft skill dapat terbentuk oleh lingkungan sekitar dan pada umumnya adalah keinginan dari orang tersebut.
 C.Kontribusi Soft Skills dan Hard Skill Pada Dunia Kerja & Apa Yang Di Perguruan TinggiÂ
Kita bisa lihat pada diagram di atas jika komponen kesuksesan :
20 % di tentukan oleh hard skill yang berupa techinal
80% di tentukan oleh soft skill yang berupa mindset
D. Permendikbud Nomer 3 Tahun 2020 tentang Standart Nasioanal Pendidikan Tinggi.
Perguruan tinngi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela (dapat di ambil atau tidak) :
Dapat mengmbil SKS di prodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak 1 semester (setara dengan 20 sks).
Dapat mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 semester (setara dengan 40 SKS).
D. Magang/Praktek kerja
Program ditunjukan bagi seluruh mahasiswa indonesia untuk mempersiapkan employability.
Kegiatan magang di BUMN, Perusahaan/yayasan nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, maupun perusahaan rintisan (startup).
Min 6 bulan (1 semester) atau setara 20 SKS dan dapat di ambil sebanyak 2 semester atau setara 40 SKS.
Wajib di bimbing oleh seorang dosen.
 E. Kegiatan mahasiswa di luar kampusÂ
Magang/Praktek kerja.
Proyek di desa.
Mengajar di sekolah.
Pertukaran pelajar.
Peneltian/riset.
Kegiatan wirausaha.
Studi/ proyek independent.
Proyek kemanusiaan
Kuliah Efektif di Masa Pandemi
Kondisikan seperti belajar di kampus
 Manajemen waktu
Belajar dengan serius
Bersosialisasi
Istirahat cukup
Materi II
Optimisme Pendidikan Karir bisnis KepelabuhanÂ
 1.Pelabuhan
Adalah Tempat yang terdiri dari atas daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu sebagai tempat kegitan pemerintah dan kegiatan pengusahaan yang dipergunakan sebagai Tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/atau bongkar muat barang, Berupa terminal dan Tempat berlabuh kapal yang di lengkapi dengan Fasilitas Keselamatan dan Keamanan pelayaran dan Kegiatan Penunjang Pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antarmoda transortasi
2.Peran dan fungsi  Kepelabuhan
Peran pelabuhan sangat penting tentunya bagi perekonomian dan penentu terhadap aktivitas perdagangan maupun kemajuan perdagangan .Pelabuhan berperan sebagai "focal point" bagi perekonomian maupun perdagangan, dan menjadi kumpulan badan usaha, Pelayaran & Keagenan, Pergudangan, Freight Forwading, Angkutan darat, dsb.
Fungsi pelabuhan :
- Gateway sebagai pintu gerbang
- Link sebagai pengubuhng moda transportasi
- Interface sebagai tatap muka yang artinya penguhubung diantara pelabuhan 1 dengan yang lain
-Industrial entity dimans jika pelabuhan di tumbuhkan dengan baik akan menjadi zona indsutri
3.Macam pelabuhan menurut penyelenggarannya ada 2 yaitu :
 - Pelabuhan khusus disenggalarakan untuk kepentingan sendiri guna menunjang kegiatan tertentu
- Pelabuhan Umum disenggalarakan untuk kepentingan umum dan biasanya di kelola oleh BUMN .
4.Macam pelabuhan menurut segi penyelanggarannya ada 3 yaitu :
-Pelabuhan Minyak
-Pelabuhan Barang
-Pelabuhan Ikan
B.Karir Bisnis (PELINDO III)
Terdiri dari 2 aspek yaitu :
- Jasa kepelabuhan
- Jasa terkait kepelabuhan
B. INOVASI DI BIDANG SDM.
Digitalisasi Pengelolaan SDM
Rekrutmen dilakukan secara online
Pegelolaan karir, Talenta dan pengembangan SDM dilakukan melalui ITMS (Integrated Talent Managemen Sysmen) dan LMS (Learning Managemen System)
pengelolaan administrasi SDM dilakukan melalui SAP
Pengelolaan kinerja dilakukan secara online
PRESESI ONLINE
Presesi online bisa dilakukan melalui perangkat (gadget) masing-masing pegawai sehingga meminimalisir resiko penularan penyakit akibat sentuhan pada perangkat yang sama.
Virtual meeting
Layanan rapat secara online menggunakan fasilitas vidio conference.
Manajemen surat dinas online
Proses pembuatan hingga approval dan disposisi dilakukan melalui aplikasi untuk meminimalisir tatap muka dan pergerakan dokumen fisik
C. ONE STOP SERVICES JASA KEPELABUHANAN
ONLINE BOOKING
Pengajuan layanan kapal (tambat,pandu,tunda). Bongkar muat cargo & petikemas hingga layanan depo petikemas.
ONLINE MEETING
Pelayanan perencanaan kapal dan barang dapat dilakukan tampa tatap muka namun melalui portal IBS
SELF SERVICE ACTIVITY
Realtime track & trace kegiatan kepelabuhanan, cetak nota hingga pendaftaran pelanggan baru secara mandiri
ONLINE COSTUMER CARE 24/7
Keluhan dapat disamoaikan secara online atau menggunakan hotline keluhan pelanggan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI