Mohon tunggu...
Febi Trianingsih
Febi Trianingsih Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Negeri 007/IX Lubuk Kuari

Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Tahun 2024 Kabupaten Muaro Jambi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Artikel Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif CGP Angkatan 10 Kabupaten Muaro Jambi

10 Juni 2024   19:30 Diperbarui: 10 Juni 2024   19:45 156
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diseminasi Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif (Dok Pribadi)

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF 

OLEH : FEBI TRIANINGSIH, S.Pd (CALON GURU PENGGERAK ANGAKATAN 10)

               KABUPATEN MUARO JAMBI

"Kamu tidak bisa kembali dan mengubah awal saat kamu memulainya, tapi kamu bisa memulainya lagi dari mana kamu berada sekarang dan ubah akhirnya" (C.S Lewis) 

A. LATAR BELAKANG 

    Budaya positif adalah pembentukan lingkungan yang mendukung di mana setiap individu, terutama dalam konteks pendidikan,                 merasa dihargai, aman, dan termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam proses belajar. 

    Ini mencakup aspek-aspek seperti:

  • Respek Timbal Balik: Menghormati setiap anggota komunitas sekolah, baik guru maupun siswa, dan mengakui kontribusi mereka.
  • Kolaborasi: Mendorong kerja sama antara siswa dan staf untuk mencapai tujuan bersama.
  • Keterbukaan: Membangun komunikasi yang jujur dan terbuka, memungkinkan ekspresi ide dan pendapat secara bebas.
  • Pemberdayaan: Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab atas pembelajaran mereka.
  • Pengakuan: Mengakui dan merayakan pencapaian, baik besar maupun kecil, untuk meningkatkan motivasi dan rasa memiliki.

    Budaya positif ini penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan pribadi dan akademis siswa, serta untuk         memperkuat komunitas sekolah secara keseluruhan. Dalam praktiknya, budaya positif dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan,         diskusi, dan kebijakan yang dirancang untuk mendukung nilai-nilai tersebut. 

B. TUJUAN AKSI NYATA

  • Memperkuat nilai-nilai moral dan keyakinan yang telah ditetapkan di kelas.
  • Mengimplementasikan disiplin positif di lingkungan sekolah.
  • Menegaskan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran dan manajer kelas yang mendukung pertumbuhan siswa.
  • Membantu mengatasi masalah ketidakdisiplinan siswa melalui pendekatan yang lebih konstruktif dan positif.
  • Memahami serta menghayati nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran peserta didik.

C. PEMBAHASAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun