1. Analisa Bahasa Tubuh
Gerakan tubuh (bahasa tubuh) yang dilakukan oleh pembicara dalam presentasi bisnis adalah bentuk komunikasi non-verbal. Berikut ini adalah gerakan umum ketika pembicara memberikan presentasi:
a. Ekspresi wajah
Ekspresi wajah adalah salah satu bahasa tubuh yang dapat memberi makna pada kebahagiaan, kesedihan, pemarah, atau kemarahan. Wajah bisa mengekspresikan emosinya dengan polos. Karena itu, ketika membuat presentasi bisnis, pembicara perlu berlatih bagaimana menampilkan ekspresi wajah untuk mengekspresikan kegembiraan, kesedihan, atau kemarahan untuk sesuatu.
b. Senyum
Dalam presentasi bisnis, senyum polos, jujur dan tidak tersenyum. memberikan kesan yang lebih intim dan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Pencari kerja yang tersenyum saat wawancara kerja lebih mungkin diterima daripada pencari kerja yang selalu cemberut, karena lingkungan kerja yang baik diwujudkan ketika karyawan tersenyum.
c. Kontak mata
Kontak mata yang efektif dan efisien adalah ciri profesionalisme pembicara. Dalam beberapa menit pertama presentasi bisnis, kontak mata sangat penting untuk keberhasilan presentasi Anda. Saat melakukan presentasi bisnis, perhatikan dengan cermat pada audiens dan lihat secara merata, tanpa memperhatikan aspek tertentu dari orang atau ruangan tersebut. Mata audiensi dari seluruh audiens menunjukkan bahwa semua audiens menginginkan perhatian yang sama.
d. Gerakan tangan
Gerakan tangan dalam membuat presentasi bisnis membantu pembicara untuk membuat topik tertentu lebih persuasif dan diperkuat. Gerakan tangan yang dilakukan pembicara selama presentasi bisnis bervariasi tergantung pada tujuannya. Misalnya, seorang pembicara dapat bergerak dengan jujur atau terbuka untuk menunjukkan bahwa ia terbuka, meremas tangannya ketika mengangkat untuk menunjukkan pernyataan atau kebundaran suatu gagasan, meletakkan tangannya di sakunya atau bersantai atau bersantai Menunjukkan terlalu banyak.
e. Gerakan bahu