Mohon tunggu...
Febbyuli Arrissa
Febbyuli Arrissa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Education Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Content Marketing: Senjata Pemasaran dan Branding Ala IndiHome

13 Mei 2023   12:18 Diperbarui: 13 Mei 2023   12:20 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Content marketing is the only marketing left -Seth Godin.

Content is a king. Jika penjualan memiliki konsumen sebagai raja, maka pemasaran memiliki konten pada tahta tertingginya. Content marketing merupakan salah satu teknik pemasaran melalui konten sebagai medianya. Konten dibuat relevan dan menarik agar tetap mempertahankan loyalitas pelanggan dan menggaet konsumen baru.

Konten untuk pemasaran sebenarnya tak melulu soal produk atau servis dari bisnis loh! Konten bertema komedi atau slice-0f-life acap kali digunakan untuk menarik perhatian publik sambil memperkenalkan citra bisnis secara perlahan. Hal ini dilakukan pula oleh Raksasa Telekomunikasi tersohor dalam negeri, yaitu PT Telkom Indonesia. Sudah 57 tahun lebih berdiri, PT Telkom Indonesia menyajikan beragam produk telekomunikasi bagi warga Indonesia, salah satunya layanan Internet Provider yang dikemas dalam produk IndiHome.

Sejak awal pandemi, kebutuhan dan permintaan akan layanan Internet semakin meningkat, terutama bagi produk IndiHome. Di tengah euforia pandemi, nyatanya ada keringat teknisi-teknisi IndiHome dalam menjawab kebutuhan Internet masyarakat. Rutinitas dan kehidupan para teknisi inilah yang dikemas oleh Telkom Indonesia menjadi konten edukasi berbalut komedi. Konten dibuat dalam bentuk series Youtube yang berjudul "Teknisi Magang" serta sering menghadirkan bintang tamu ternama. Meskipun dikemas singkat, tetapi banyak pesan informatif dan moral yang mampu diambil dari kehidupan para teknisi IndiHome mulai dari mengurus sistem produk hingga menghadapi konsumen langsung.


Baik pelanggan IndiHome maupun bukan, bisa mendapat hiburan dan edukasi melalui konten Teknisi Magang. Buktinya saja rata-rata views series Teknisi Magang konstan berada di angka 200 ribuan pada musim pertama dan kedua yang melebihi jumlah subscribers kanal Youtube IndiHome sendiri. Kolom komentar juga dibuat interaktif oleh para audiens, mulai dari pujian atau tanggapan tentang video series. Beberapa pendapat tentang layanan IndiHome juga dapat ditemukan yang membuat citra IndiHome lebih dekat dan mudah dijangkau oleh konsumen.

Sebelum memulai content marketing, pahami juga tren dunia digital saat ini. Jenis konten, tema konten, isi konten, hingga media sosial untuk konten juga harus disesuaikan dengan keinginan audiens. Singkatnya, beda tujuan, beda target, maka konten yang disajikan pun harus berbeda.

1. Prospective Objective

Ditujukan untuk audiens yang belum pernah menggunakan produk perusahaan. Bahkan, untuk audiens yang belum mengenali nama brand perusahaan. Jenis konten yang efektif untuk menjangkau audiens ini adalah konten edukatif berupa cerita tentang produk (product knowledge), yang meliputi deskripsi, keunggulan, fitur dan detil produk, hingga harga produk.


2. Re-engagement Objective

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun