Mohon tunggu...
Faza Faizatul Ummah
Faza Faizatul Ummah Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWI IAIN JEMBER Jangan lupa follow instagram @fazafzh_

siapa yang bertahan dia yang kuat

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Progresivisme

7 Mei 2020   10:25 Diperbarui: 7 Mei 2020   10:54 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamu'alaikum wr.wb.

Udah tayang nih guys artikel filsafat mingguannya J jangan lupa dibaca, like, comment,  & share ya

Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang filsafat pendidikan Progresivisme dan tokoh-tokohnya. Apa sih yang dimaksud dengan aliran Progresivisme?

Pengertian dalam pendidikan

Berasal dari kata progres yang artinya kemajuan. Sedangkan secara istilah diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajuan secara cepat yaitu  salah satu yang menghendaki atau yang mengarahkan pada perubahan. Menurut pendapat dari Jalaluddin dan Abdullah progresivisme bisa disebut dengan pendidikan modern (aliran yang bermuara pada aliran pragmatisme).

Dalam konteks filsafat pendidikan progresivisme merupakan suatu aliran yang menekankan pada upaya pemberian pengetahuan dan berisi pada beragam aktifitas yang mengarah pada pelatihan berfikir mereka secara menyeluruh, sehingga mereka dapat berfikir secara sistematis melalui cara-cara ilmiah seperti penyediaan ragam data empiris, informasi teoritis, memberikan analisis pertimbangan dan pembuatan kesimpulan pemilihan alternatif yang paling memungkinkan untuk pemecahan masalah yang telah dihadapi.

Progresivisme disebut juga informasi, fakta, hukum, prinsip, proses, dan kebiasaan sebagai proses interaksi dan pengalaman berdasarkan realitas. Dan aliran ini bersifat faktual dan sosialis.

Dalam filsafat pendidikan

Anak didik  dan pendidik, siswa mempunyai akal dan kecerdasan dapat ditunjukkan bahwa manusia yang mempunyai kelebihan jika dibanding dengan makhluk lain peserta didik tidak hanya dipandang sebagai kesatuan jasmani dan rohani namun dalam tingkah laku dan perbuatan yang berada pada pengalaman yang harus dioptimalkan, jadi suasana kelas timbul baik didalam maupun diluar sekolah. Guru didalam suatu kelas berfungsi sebagai orang yang menjadi sumber yang pada intinya memiliki tanggung jawab utuh untuk menfasilitasi pembelajaran peserta didik, berusaha untuk memberikan pengalaman-pengalaman yang meniru kehidupan keseharian sebanyak mungkin.

Pandangan progresivisme dalam belajar

Belajar dilaksanakan dari asumsi bahwa manusia seutuhnya yang mempunyai potensi untuk berkembang dan kemampuan berbeda baik keaktifan, kreatifitas, dan motivasi untuk kebutuhannya. Dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat sehingga kegunaannya dapat dinikmati.

Tokoh- tokoh aliran progresvisme

  • William James
  • Menurutnya fungsi akal dan fikiran dipelajari sebagai mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan alam.
  • John Dewey
  • Menurutnya sekolah merupakan cerminan masyarakat kecil serta dipegang teguh dengan harapan terwujud. Secara singkat menyinggung adanya krsatuan rangkaian pengalaman. Mempunyai 2 aspek penting yaitu hubungan kelanjutan antar individu dengan masyarakatdan hubungan kelanjutan antar fikiran dengan benda.
  • Hans Vaihinger
  • Menurutnya kata " tahu" mempunyai makna praktis yang disesuaikan dengan objeknya tidak mungkin dapat dibuktikan.

Semoga bermanfaat J

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun