Mohon tunggu...
Faza Nayla Az Zahra
Faza Nayla Az Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Faza Nayla Az Zahra NIM 43121120094 Dosen Prof. Dr. Apollo, M.Si.Ak Mata Kuliah Kewirausahaan 1 Manajemen / Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Proposal Usaha Dagang Dimsum

15 September 2023   11:12 Diperbarui: 15 September 2023   11:39 7107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Industri kuliner terus mengalami pertumbuhan pesat, dan salah satu jenis makanan yang semakin populer adalah dimsum. Dimsum adalah hidangan dari China yang terdiri dari berbagai macam makanan kecil yang disajikan dalam piring kecil atau keranjang bambu. Kebanyakan orang menyukai dimsum karena rasanya yang lezat, variasi menu yang beragam, dan porsi yang kecil sehingga cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Melihat potensi pasar yang besar, kami mengajukan proposal pendirian usaha dimsum yang akan menjadi pilihan kuliner yang menarik bagi masyarakat.

1.2 Tujuan Proposal

Tujuan proposal ini adalah untuk menguraikan rencana pendirian usaha dimsum, termasuk visi dan misi bisnis kami, analisis pasar, strategi pemasaran,analisis SWOT serta rencana operasional dan keuangan.

 

II. Profil Usaha

2.1 Nama Usaha

Nama usaha kami adalah "Kekou de Dimsum"

2.2 Deskripsi Usaha

Jenis usaha yang dibuat adalah usaha rumahan yang menjual makanan khas Tiongkok yaitu dimsum dengan bermacam-macam varian seperti salmon, udang, crabstick, smoked beef, tuna, jamur dan wortel. Kami juga berinovasi dengan toping tambahan seperti mentai, mozzarella dan seltedegg.  Pembeli juga dapat memilih saus cocolan dimsum seperti chili oil, saus barbeque dan saus blackpepper. Kekou de Dimsum menghadirkan ukuran yang pas untuk dimakan dalam satu gigitan dengan dibalut isian daging ayam yang mantap. Usaha ini merupakan usaha menengah yang mayoritas masyarakat tahu makanan ini, baik kalangan anak-anak maupun orang tua, terutama remaja-remaja yang menyukai makanan khas negara lain. Selain itu, nama "Kekou de" diambil dari Bahasa China yang artinya "lezat" atau "enak", memakai nama dari bahasa China bermaksud untuk memberitahu pembeli darimana dimsum berasal.

2.3 Visi dan Misi

  • Visi : Menjadi penyedia dimsum terkemuka di daerah ini dengan citra kualitas dan keunikan rasa yang unggul.
  • Misi : Memberikan pengalaman kuliner dimsum yang luar biasa kepada pelanggan kami dengan menggunakan bahan-bahan segar berkualitas tinggi, menciptakan suasana yang nyaman, dan memberikan pelayanan pelanggan yang prima.

2.4 Lokasi Usaha

Usaha Kekou de Dimsum akan berlokasi di pusat perbelanjaan terkemuka di kota, dengan akses yang mudah dijangkau oleh pelanggan yaitu di Kawasan ruko dekat Fresh Market Grand Galaxy City. Ini akan memudahkan pelanggan untuk datang dan menikmati hidangan kami.

III. Analisis Pasar

3.1 Potensi Pasar

  • Pasar dimsum memiliki potensi yang besar di daerah ini karena semakin banyaknya orang yang mencari hidangan ringan dan lezat.
  • Kebanyakan masyarakat menyukai variasi makanan, dan dimsum menawarkan berbagai macam pilihan untuk semua selera.

3.2 Segmentasi Pasar

Kami akan mengarahkan usaha kami kepada dua segmen utama:

  • Pelanggan individu : Masyarakat umum yang ingin menikmati dimsum dengan keluarga, teman, atau sebagai makanan ringan. Target pasar disemua kalangan mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.
  • Pelanggan korporat : Menyediakan layanan catering dimsum untuk acara bisnis, rapat, atau pesta.

3.3 Analisis Pesaing

Saat ini, ada beberapa restoran dan kedai yang menawarkan dimsum di daerah ini. Namun, kami akan berfokus pada kualitas dan inovasi menu untuk bersaing.

IV. Strategi Pemasaran

4.1 Branding dan Promosi

  • Kami akan menciptakan identitas merek yang unik dan menarik.
  • Menggunakan pemasaran digital, media social seperti WhatsApp, Instagram dan Tiktok
  • Promosi lokal untuk mencapai pelanggan potensial dengan cara membagikan brosur tentang produk dan menu kami.
  • Personal selling , pemasaran awal produk ini melalui mulut ke mulut yang kemudian tersebar luas.
  • Mengadakan promosi dengan memberikan diskon atau bonus dari setiap pembelian.
  • Mengadakan giveaway dengan berbagai ketentuan agar produk semakin dikenal
  • Mempromosikan produk melalui tokoh public seperti influencer.

4.2 Harga Kompetitif

Menawarkan harga yang bersaing dengan restoran dan kedai serupa di daerah ini.

4.3 Kualitas dan Rasa Unggul

Fokus pada kualitas bahan baku dan proses memasak untuk menciptakan dimsum dengan rasa yang luar biasa.

V. Analisis SWOT

Strengths (Kekuatan):

  • Menyediakan berbagai jenis dimsum siap makan dengan rasa yang lezat dan variasi yang menarik dapat menjadi kekuatan utama dalam menarik pelanggan yang mencari variasi makanan.
  • Menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan segar dapat menciptakan reputasi usaha dimsum sebagai tempat makan yang berkualitas.
  • Lokasinya strategis dekat dengan pusat perbelanjaan, kantor dan sekolah, ini dapat menjadi keunggulan dalam menjangkau pelanggan potensial.
  • Menyediakan dimsum siap makan yang cepat saji dapat menarik pelanggan yang ingin makan dengan cepat.

Weaknesses (Kelemahan):

  • Industri makanan cepat saji, termasuk dimsum siap makan, bisa sangat kompetitif, sehingga sulit untuk mencapai perbedaan yang signifikan dalam pasar.
  • Ketergantungan pada pasokan bahan baku yang segar dapat menjadi kelemahan jika ada masalah dalam pasokan atau perubahan harga yang signifikan.
  • Kesulitan dalam menjaga kualitas dan konsistensi produk, terutama saat memperluas usaha, dapat menjadi masalah.
  • Karena harga dimsum siap makan biasanya lebih rendah, margin keuntungan per unit mungkin lebih tipis dibandingkan dengan jenis makanan lainnya.

Opportunities (Peluang):

  • Masyarakat semakin mencari makanan cepat saji yang praktis, dan dimsum siap makan dapat memanfaatkan tren ini.
  • Peluang untuk mengembangkan menu dengan menambahkan variasi rasa atau makanan penutup dapat menarik pelanggan yang lebih banyak.
  • Menggunakan teknologi untuk memesan secara online atau aplikasi pengiriman makanan dapat membantu meningkatkan jangkauan pelanggan.
  • Menawarkan layanan catering untuk acara-acara atau pengiriman makanan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan.

Threats (Ancaman):

  • Persaingan dari restoran dan bisnis makanan cepat saji lainnya dapat mengancam pangsa pasar usaha dimsum.
  • Kenaikan harga bahan baku dapat mengurangi margin keuntungan atau memaksa menaikkan harga kepada pelanggan.
  • Ketatnya peraturan makanan dan kesehatan dapat mengharuskan kepatuhan yang ketat dan peningkatan biaya operasional.
  • Perubahan cepat dalam preferensi konsumen atau tren makanan dapat berdampak pada permintaan dimsum.Top of Form

VI. Rencana Operasional

6.1 Proses Produksi

Bahan baku

  • Frozen dimsum varian mix 100 pcs
  • Keju Mozarella
  • Saos mentai
  • Saos selted egg
  • Chilli oil
  • Saos barbeque
  • Saos Blackpepper

Alat dan kemasan

  • Kukusan dimsum
  • Kompor
  • Gas
  • Capit stainless steel
  • Mika makanan
  • Kantong plastic
  • Garpu mini plastic
  • Staples
  • Blow torch
  • Mengolah bahan baku
  • Keluarkan dimsum dari freezer, supaya tidak beku
  • Isi air pada kukusan dimsum dan letakkan wadah untuk meletakkan dimsum pada saat dikukus, nyalakan kompor.
  • Susun dimsum dalam kukusan. Masak hingga matang (10-15 menit)
  • Masukkan dimsum dalam mika, beri topping dan saos sesuai pesanan pembeli. Dimsum Siap disajikan.

6.2 Pengelolaan Persediaan

Memastikan persediaan bahan baku selalu tersedia untuk menjaga konsistensi produk.

VII. Rencana Keuangan

6.1 Perkiraan Pendapatan dan Biaya

Bahan baku untuk 25 porsi/hari

  • Dimsum varian mix 100 pcs Rp. 200.000
  • Keju Mozarella Rp 25.000
  • Saos mentai Rp 25.000
  • Saos selted egg Rp 20.000
  • Chilli oil Rp 12.000
  • Saos barbeque Rp 7.000
  • Saos Blackpepper Rp 7.000
  • Mika makanan Rp 10.000
  • Kantong plastik Rp 2.500
  • Garpu mini Rp 2.000
  • Staples Rp 500
  • Gas kompor Rp 3.000

Total Rp 314.000

Harga Jual

  • Dimsum mix classic Rp 15.000
  • Dimsum mix mozzarella Rp 20.000
  • Dimsum mix mentai Rp 20.000
  • Dimsum mix salted egg Rp 20.000

Pendapatan

  • 10 Dimsum mix classic Rp 150.000
  • 5 Dimsum mix mozzarela Rp 100.000
  • 5 Dimsum mix mentai Rp 100.000
  • 5 Dimsum mix saltedegg Rp 100.000

Total Rp 450.000

Maka laba yang dicapai dalam 1 hari penjualan :

Jumlah pendapatan -- modal

Rp 450.000 -- Rp 314.000 = Rp 136.000

 VIII. Kesimpulan

Kami percaya bahwa usaha Kekou de Dimsum akan sukses di pasar ini karena komitmen kami terhadap kualitas, inovasi, dan pelayanan pelanggan yang prima. Kami mengharapkan dukungan dan investasi yang diperlukan untuk menjalankan rencana usaha ini. Terima kasih atas perhatiannya, dan kami siap menjawab pertanyaan atau memberikan informasi lebih lanjut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun