Mohon tunggu...
Fayyadhoh Tahta Alfina
Fayyadhoh Tahta Alfina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajaran ( mahasiswa)

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pandangan Jerome Bruner Tentang Pembelajaran

28 November 2024   19:57 Diperbarui: 28 November 2024   20:08 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jerome Bruner (1915-2016) adalah seorang psikolog dan pendidik terkenal asal Amerika Serikat yang memberikan kontribusi besar dalam teori pembelajaran dan perkembangan kognitif. Ia percaya bahwa pembelajaran tidak hanya sekadar menghafal informasi, tetapi lebih kepada proses memahami dan membangun pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan dan orang lain. Berikut adalah beberapa pandangan utama Bruner tentang belajar:

1. Belajar sebagai Proses Konstruktif

Menurut Bruner, belajar adalah proses konstruktif di mana individu membangun pemahaman mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan interaksi. Ia menolak pandangan tradisional yang melihat siswa sebagai penerima pasif informasi. Sebaliknya, siswa adalah peserta aktif yang terlibat dalam proses pembelajaran.

 2. Teori Representasi Kognitif

Bruner mengembangkan teori tentang tiga cara utama representasi kognitif yang digunakan manusia untuk memahami dunia:

- Representasi Enaktif: Pemahaman melalui tindakan fisik. Misalnya, anak kecil belajar tentang suatu objek dengan menyentuh atau memanipulasinya.

- Representasi Ikonik: Pemahaman melalui gambar atau visual. Ini biasanya berkembang setelah representasi enaktif.

- Representasi Simbolik: Pemahaman melalui simbol-simbol abstrak seperti bahasa atau matematika. Ini adalah tahap paling kompleks dalam perkembangan kognitif.

Ketiga representasi ini tidak hanya muncul secara berurutan tetapi juga dapat saling melengkapi.

3. Scaffolding dalam Pembelajaran

Konsep scaffolding adalah salah satu kontribusi penting Bruner dalam pendidikan. Scaffolding mengacu pada dukungan yang diberikan guru atau orang dewasa kepada siswa selama proses belajar, yang bertujuan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang lebih kompleks. Dukungan ini secara bertahap dikurangi seiring dengan meningkatnya kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun