Indonesia merupakan negara dimana pertumbuhan penjualan ritel otomotif, termasuk dalam kategori baik pada tahun 2016. Pertumbuhan penjualan tersebut memberikan dampak positif bagi investor luar, dimana negara ini diperhitungkan sebagai pasar yang menguntungkan.
Sejalan dengan hal tersebut, Toyota menjadi salah satu pabrikan otomotif terkemuka yang turut merasakan keuntungan tersebut. Setidaknya hingga kuartal III-2016, Toyota membukukan penjualan ritel sebanyak 280.179 unit atau tumbuh 18,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (Inverstor Daily/id.beritasatu.com)
Hingga September 2016, sedikitnya Toyota telah mengeluarkan 38.311 unit dari dua segmen, yaitu segmentasi sport utility vehicle (SUV) dan multipurpose vehicle (MPV). Bilang dibandingkan kedua, segmentasi SUV memberikan kontribusi lebih dari pada segmen MPV.
Menariknya pada akhir tahun ini, dunia otomotif Indonesia diramaikan segmentasi MPV. Hal tersebut hadir karena respon positif para konsumen, sehingga timbul keyakinan dari pabrikan otomotif untuk bermain pada sektor ini.
Kesan Mewah Namun Kokoh Pada Setiap Sisi
Toyota All New Sienta (selanjutnya Toyota ANS) mempunyai target pasar keluarga menengah keatas, dimana Toyota ANS yakin bahwa produk-nya tersebut dalam dinikmati oleh masyarakat. Hadirnya Toyota ANS diharapkan, menjadi leader mobil keluarga Indonesia.
Tidak dapat dipungkiri bodi yang dimiliki Toyota ANS, terkesan mewah juga elegan. Tak hanya itu saja, gaya eksklusif yang hadir pada bodi begitu terasa.
Toyota secara tidak langsung telah memberikan sentuhan yang moden pada Toyota ANS, asumsi saya kesan modern pada Toyota ANS karena body kit yang semi sporty, ditambah bentuk grill trapesium yang memberikan kesan Toyota ANS menawan dipandang.
Bagi saya wind tunnel merupakan sesuatu yang penting, baik bagi pengemudi dan penumpang, karena akan mempengaruhi ketenangan dalam kabin ketika berkendara. Oleh karenanya, ada baiknya Toyota dapat merilis berapa skor wind tunnel Toyota ANS agar para pembeli paham kenyamanan apa yang akan didapat ketika berkendara.
Hal yang banyak diperbincangkan akan Toyota ANS adalah, aplikasi ground clearance (jarak antara tanah dengan bagian bawah mobil) yang berbeda dengan apa yang dipasarkan di Jepang. Pihak Toyota Indonesia memang memberikan klarifikasi akan hal ini, dimana ground clearance Toyota ANS Indonesia memang lebih tinggi 30 mm, perubahan tersebut dilakukan karena melihat kondisi lintasan Jepang dan Indonesia berbeda, sehingga harus membedakan bodi mobil agar tetap terjaga dan penumpang tetap nyaman dalam berbagai lintasan.
Mengedepankan design bergaya mewah juga elegan, Toyota ANS tidak terlalu banyak lekukan pada bodi depan dan samping. Sedangkan dalam bumper terasa aksen garnish yang membuat mobil lebar ini sangat tegas setiap sisinya.
Tak lupa pula, pada head lamp Toyota ANS dapat diatur gradasi cahaya sesuai kebutuhan pengemudi. Barang tentu, hal ini akan memberikan banyak manfaat, baik pagi pengguna jalan terlebih kepada pengemudi.
Spesifikasi Toyota ANS untuk bagian bannya, velg ban mobil ini menggunakan velgalloy wheel 16 inci dengan profil ban standard, namun ban yang ditanamkan dapat mengimbangi bodi mobil yang terkesan mewah.
Rear Parking Sensor yang terpasang pada semua tipe Toyota ANS, teknologi ini membantu para pengemudi untuk memarkirkan mobil dengan baik. Sayang memang, Toyota ANS tidak memberikan sensor kamera pada bagian ke belakang.
Interior Jadi Unggulan Toyota All New Sienta
Toyota mengklaim bahwa kabin yang dimiliki oleh Toyota ANS terluas dikelasnya, saking luasnya kabin Toyota ANS sampai-sampai dapat memuat dua sepeda gunung dengan ukuran 26 inch.
Klaim tersebut hadir bukan tanpa sebab, harapan Toyota bahwa para pengguna Toyota ANS dengan kabin yang luas, dapat beraktifitas di dalam mobil dengan nyaman dan aman. Hal tersebut begitu tergambar, boleh saya katakan bahwa mobil memang memberikan kenyamanan pada penumpang.
Adapun ciri khas kabin Toyota ANS adalah, dengan hadirnya fitur new 3rd row dive-in seat. Dimana posisi kursi dalam diubah-ubah sesuai kebutuhan, pertama dengan kursi hadir secara keseluruhan, kedua kabin belakang dapat dilipat, dan ketiga kabin tengah dan kabin bekalang dapat dilipat seluruhnya untuk mendapatkan kabin lapang.
Mengapa memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya?
Namun saya menyayangkan kabin paling belakang Toyota ANS , untuk orang dewasa terasa kurang nyaman. Rasa kurang nyaman tersebut karena sempitnya pijakan, kaki merasa kurang bebas, bahkan penumpang dewasa harus menarik kaki ke dalam agar tidak bentrok dengan kursi kabin tengah.
Akan tetapi hal mungkin dipikirkan perancang Toyota ANS, kabin belakang diperuntukan untuk anak-anak, sehingga pijakan dibuat lebih sempit dari biasanya. Jadi dapat dikatakan untuk kabin paling belakang Toyota ANS, memang lebih sesuai untuk anak-anak.
Kenyamanan Lebih Pada Kabin Pengemudi
Sentuhan yang cukup berbeda dengan mobil MPV lain, pada Toyota ANS kabin kemudi terasa istimewa. Keistimewaan terasa apabila ketika kita duduk pada kabin tersebut, untuk saya pribadi, ketika duduk di kabin kemudi seperti merasa dilayani, dilayani secara khusus.
Lalu, pelayanan apa saja yang akan di rasakan pada kabin kemudi Toyota ANS?
Kedua, lalu apa itu touch screen audio system? Touch screen audio system merupakan fitur bawaan Toyota ANS, dimana hadir sebuah layar 7 inch. Layar tersebut dapat digunakan untuk, menjalankan mp3/usb/dvd/aux/ipod, juga dilengkapi dengan sistem mirroring over wifi untuk internet browser, dan voice command.
Ketiga,smart start-stop button hadir untuk memudahkan pengemudi dalam menyalakan dan mematikan Toyota ANS, teknologi ini dihadirkan sebagai bentuk nyata bahwa Toyota ANS merupakan mobil premium yang hadir untuk masyarakat Indonesia.
Keempat, Toyota ANS mengusung teknologi Automatic AC with Digital Display,dimana sistem pendingin udara yang otomatis menyala saat kita menyalakan mesin, selain itu sistem ini mampu menyesuaikan suhu sesuai dengan jumlah penumpang, sehingga driver tidak perlu repot menyetel suhu AC dalam mobil.
Tak hanya itu, untuk memantau suhu ac dan lain sebagainya, pengemudi lebih mudah dan jelas karena hadir secara digital pada layar bawaan Toyota ANS.
Toyota ANS juga memberikan tambahan double blower AC pada kabin tengah, sehingga para penumpang pada kabin tengah dan belakang, tidak perlu khawatir akan udara panas dalam mobil.
Hal yang paling saya sukai dalam teknologi ini adalah, pengemudi dapat mengawasi keadaan mobil agar tetap ramah lingkungan, dengan indikator warna hijau. Barang tentu ini menjadi nilai tambah tersendiri, dimana walau pun Toyota ANS hadir di zaman modern, namun tetap ingin menjaga keberlangsungan lingkungan kedepan.
Toyota All New Sienta Excellent Safety Features
Faktor keamanan barang tentu menjadi patut dipertimbangkan dalam membeli kendaraan, adapun pada Toyota ANS, faktor keamanan hadir dalam berbagai bentuk. Baik untuk pengemudi dan untuk penumpang.
Pertama, safety seat bealt merupakan alat keamanan paling mendasar pada sebuah mobil, adapun pada Toyota ANS, semua kabin dilengkapi sabuk pengaman untuk memberikan keamanan ekstra bagi penumpang dan pengemudi.
Ketiga, hadir Anti-Lock Barake Systemwith Electronic Brake-force Distribution (ABS with EBD) and Brake Assist (BA), teknologi ini memungkinkan mobil terhindar dari benturan. Sistem sensor yang dimiliki Toyota ANS ini, barang tentu akan membantu pengemudi, agar pengemudi dan penumpang tetap selamat sampai tujuan.
Keempat,tools tambahan yang ada pada Toyota ANS adalah Vehicle Stability Control (VSC), yang akan menjaga kendaraan tetap pada lintasan dengan sensor marka jalan. VSC ini memungkinkan kendaraan tidak keluar dari lintasan, sehingga menjaga penumpang, pengemudi dan pengguna jalan.